Bandung, kota kembang yang menjadi sasaran para pecinta kuliner dan spot untuk berfoto. Banyak hal yang akan Anda temukan di kota kembang yang bersejarah ini. Mulai dari lokasi sejarah, tempat wisata kuliner, hingga spot menarik yang harus masuk dalam list liburan. Seperti berikut ini, ada tempat wisata kuliner di Bandung yang harus dijelajahi saat berkunjung ke sana.

1. Es Lilin Bandung Aneka Rasa

tempat-wisata-kuliner-di-bandung-01-es-lilin

Es Lilin Bandung Aneka Rasa ini didirikan oleh bapak A. Setia Permana, es lilin ini dapat dinikmati dengan pilihan rasanya yang beragam. Mulai dari rasa coklat, durian, anggur, alpukat, vanilla, dan masih banyak lagi. Anda dapat juga menjadikannya sebagai oleh-oleh karena daya bekunya yang cukup lama. Jika Anda berkunjung ke Bandung jangan lupa mampir ke tempat wisata kuliner di Bandung yang satu ini. Berada di Jl. Cikawao No.39, Paledang, Bandung.

Baca juga : Makanan Khas Bandung dan Lokasi yang Direkomendasikan untuk Mencicipnya

2. Bandros Cowboy Cisangkuy

tempat-wisata-kuliner-di-bandung-02

Nah, ini dia jajanan khas tanah Sunda yang lain, kue bandros. Kue yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, dan santan ini bentuknya mirip dengan kue pukis. Di Bandung, kue bandros tergaul bisa Anda temukan di daerah Cisangkuy. Nama tokonya adalah Bandros Cowboy, bermula dari penjual yang selalu menggunakan topi cowboy, hingga menjadikan itu sebuah identitas. Bandros di sini tersedia ragam rasa, mulai dari oreo, green tea, coklat, keju, tobleron, kitkat, dan susu. Jika Anda penasaran dengan rasa kue yang satu ini, silakan mengunjungi tempat wisata kuliner di Bandung yang beralamat di Jl. Cisangkuy No.56, Citarum, Bandung

3. Surabi Cihapit

tempat-wisata-kuliner-di-bandung-03-surabi-cihapit

Meski hanya berjualan dengan gerobak sederhana, tidak menjadikan Surabi Cihapit sepi pengunjung. Surabi ini menjadi istimewa di lidah penikmatnya karena masih dimasak dengan metode tradisional, yaitu menggunakan tungku dengan kayu bakar sebagai bahan bakarnya. Bahan yang dipilih untuk membuat surabi pun tidak asal, penjual selalu memilih bahan-bahan dasar yang terbaik sehingga mampu menjaga rasa . Cukup merogoh kocek Rp 2.000 – Rp 10.000 per porsi, Anda sudah dapat puas menikmati camilan ini dengan pilihan aneka topping yang disediakan. Jika Anda ingin mencicip kue surabi Cihapit ini, silakan mengunjungi kedai di Jl. Cihapit, Bandung

4. Batagor Haji Isan

tempat-wisata-kuliner-di-bandung-04

Konon, Batagor Haji Isan adalah pelopor makanan khas Kota Kembang ini lho. Dirintis pada tahun 1970-an, kini Batagor Haji Isan telah memiliki gerai di berbagai pelosok kota Bandung. Tekstur batagornya kering di luar, namun lembut dan gurih di dalam. Anda dapat memilih ingin menikmati batagor ini dengan saus kacang pedas atau disiram dengan kuah panas yang segar. Sebab, di kedai batagor ini terdapat beberapa menu menarik yang dapat dicicipi. Saat ke Bandung, jangan lupa mencicipi batagor legendaris yang satu ini di Jl. Bojongloa No.38, Panjunan, Bandung.

Baca juga : Tempat Wisata di Bandung yang Perlu Anda Kunjungi. Cocok untuk Refreshing.

5. Kue Balok Kang Didin

tempat-wisata-kuliner-di-bandung-05-kue-balok

Salah satu gerai yang patut Anda coba adalah Kue Balok Kang Didin. Tekstur luarnya yang kering dan lembut di dalam bakal makin nikmat ketika digigit. Apalagi lelehan isinya yang nendang banget, dijamin bikin akan ketagihan mencobanya. Kue manis bertekstur lembut ini wajib banget dijadikan cemilan kalau lagi wisata ke Bandung. Meski sebenarnya berasal dari Garut, belakangan kue balok makin ramai dijual di Bandung. Jika Anda ingin mencicipinya, dapat langsung mengunjungi gerai kue balok di Jl. Abdul Rahman Saleh No.52, Cicendo, Bandung. Jenis kue ini sempat viral saat ada salah satu sitkom sebuah televisi yang menyajikan kue balok sebagai kudapannya. Mulai saat itulah, banyak penonton yang penasaran dengan kue balok tersebut.

Itulah beberapa tempat wisata kuliner di Bandung yang dapat Anda kunjungi untuk mencicipi kuliner enak. Tidak hanya kuliner yang modern saja, melainkan Anda harus mencicipi kuliner legendaris dari kota kembang ini.