Dunia bekerja memang berbeda, terkadang waktu yang sudah tersedia di kantor seakan kurang untuk menyelesaikan pekerjaan. Sehingga harus membutuhkan tambahan waktu dengan cara lembur. Nah, ketika melakukan kegiatan lembur tanpa terasa fokus Anda ke pekerjaan menjadi tidak fokus. Untuk itu, silakan simak tips berikut ini agar tetap fokus saat lembur.

1. Tetap Rileks dan Jangan Menjadikan Tekanan

peluang_usaha_01

Bekerja dengan tekanan tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal, walaupun Anda bekerja dari pagi hingga larut malam. Untuk itu, buatlah diri dan pikiran Anda serileks mungkin agar tetap fokus saat lembur sehingga pekerjaan cepat selesai tepat waktu.

Baca juga : Simak 5 Jurus Ini Agar Tetap Semangat Jalani Bisnis

2. Mengistirahatkan Tubuh

tetap fokus saat lembur 01

Bekerja lembur itu harus selalu menyiapkan stamina yang kuat, agar tetap fokus saat lembur. Untuk itu, sebisa mungkin Anda harus dapat mengistirahatkan tubuh saat lembur. Selain tubuh, pikiran juga harus diistirahatkan sejenak agar mendapatkan ide untuk menyelesaikan pekerjaan. Pikiran dan tubuh yang fresh akan dengan mudah menjalankan ritme pekerjaan walau sedang lembur.

Baca juga : 5 Trik Menghadapi Kejaran Deadline Bertubi-tubi

3. Mencoba Aktivitas di Luar Ruangan

tetap fokus saat lembur 02

Tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk bekerja di luar kantor, seperti memanfaatkan fasilitas coworking space. Dengan Anda mulai mengubah ritme untuk bekerja di luar kantor, akan dengan mudah pikiran Anda fokus saat lembur. Apalagi akan mendapatkan ide-ide yang baru.

4. Bekerja dengan Cara yang Pintar

magang_di_start_up_03

Bekerja dengan cara yang pintar ini, memaksa Anda untuk mencari bagaimana caranya bekerja sesuai dengan tenggang waktu. Bahkan kalau bisa, bekerja dengan cepat namun hasil tetap maksimal. Dengan begitu saat Anda lembur tidak membuang waktu banyak dan menjadi tetap fokus saat lembur.

5. Mengetahui Mana yang Prioritas dan Bukan

tetap fokus saat lembur 03

Untuk hal yang satu ini harus Anda tentukan, karena kehidupan bukan hanya untuk bekerja tapi ada kehidupan lain yang harus dilalui. Seperti jika Anda memiliki keluarga, sebaiknya aturlah waktu untuk berkumpul dengan mereka. Jangan sampai karena kerjaan, Anda mengabaikan kebutuhan utama yaitu berkumpul dengan keluarga.

Itulah tips agar tetap fokus saat lembur, sehingga Anda dapat dengan cepat dan maksimal untuk mengerjakan pekerjaan yang tertunda. Tapi Anda juga jangan mengabaikan dunia sekitar dengan terlalu fokus bekerja, cobalah untuk melihat dunia sekitar itu akan membuat pikiran terbuka. Sehingga ide pun banyak bermunculan.