Sebentar lagi liburan akhir tahun hampir tiba, setelah itu bersiap-siap libur akhir tahun dong? Siapa yang sudah mempersiapkan libur akhir tahun dari sekarang? Wah, banyak banget yang angkat tangan tinggi-tinggi. Sepertinya yang mengangkat tangan paling tinggi punya hobi keluar uang banyak saat liburan ya? Ssst, ada 7 tips jitu untuk irit saat liburan lo, mau dibisikin?

Tips 1: Buat To Do List Yay and Nay Sebelum Berlibur

Sebelum mulai membuat rencana liburan, ada baiknya Anda membuat to do list yang mencakup apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama liburan. To do list ini akan menjadi panduan untuk Anda saat berlibur. Misal boleh makan di restoran mahal yang paling terkenal di lokasi wisata sekali saja. Hal ini bisa memandu Anda untuk tidak gelap mata kembali lagi ke restoran tersebut, meski rasanya cocok dengan lidah Anda.

Baca juga: Liburan Paling Hemat dengan 6 Destinasi Wisata Berikut Ini

Tips 2: Rencanakan Itinerary dan Budget Liburanmu

Tips berikutnya cukup penting terutama yang doyan liburan dadakan tanpa persiapan matang, dan kemudian ujung-ujungnya over budget. Pernah nonton film The Nekad Traveler yang menceritakan kisah petualangan si Trinity? Anda bisa tuh mencontek ide bucket list-nya doi. Anda catat dulu berapa hari akan berlibur, tempat mana saja yang akan dikunjungi dan berapa budget yang Anda miliki. Jangan sampai deh over budget, apalagi kalau liburannya di negeri orang, bisa pusing tujuh keliling kan?

Tips 3: Pesan Tiket Jauh-jauh Hari

Pesan tiket jauh-jauh hari adalah senjata untuk irit saat liburan. Bahkan kalau perlu Anda selalu up to date dengan tiket-tiket promo yang sekarang banyak ditawarkan. Kalau kata para traveler, yang penting tiket sudah di tangan, masalah uang saku dan akomodasi bisa dipikirkan setelahnya. Dengan memegang tiket, Anda juga bisa lebih termotivasi untuk menabung demi liburan impian. Tentunya dengan membeli tiket jauh-jauh hari, Anda juga bisa dapat harga yang lebih murah.

irit saat liburan

Tips 4: Cari Hotel dan Tempat Makan yang Ramah di Kantong

Pastikan sebelum menuju ke destinasi wisata yang Anda impikan, telusuri dulu tempat-tempat makan dan penginapan yang sesuai dengan budget. Jika memang tidak memungkinkan tinggal di hotel-hotel berbintang, pilih saja penginapan yang banyak direkomendasikan. Kalau ada saudara atau teman tinggal di lokasi yang Anda tuju, bisa jadi pilihan akomodasi yang terjangkau, bisa sekalian silaturahmi kan?

Baca juga: 5 Trik Liburan dengan Budget Hemat

Tips 5: Stop Gelap Mata saat Belanja Oleh-oleh

Bisa dipastikan ketika ada yang tahu kalau Anda mau libuan ke suatu tempat, ada saja yang nitip oleh-oleh ini dan itu. Jangan paksakan diri untuk bisa membeli semua oleh-oleh yang diminta teman atau saudara, apalagi kalau mereka tidak terlalu dekat. Bahkan kalau perlu sekalian saja Anda buka jasa titip dadakan. Selain menghindari over budget, bisa jadi tambahan penghasilan.

Tips 6: Kuasai Bahasa Lokal

Biasanya penjual souvenir tahu mana yang turis dan mana yang penduduk lokal. Seringkali harga souvenir bisa jadi berkali lipat hanya karena si penjual tahu kita turis yang lagi wisata ke tempat tersebut. Ada baiknya belajar bahasa lokal meski tidak banyak, setidaknya bisa untuk melakukan tawar-menawar, jadi bisa dapat harga yang tidak kemahalan.

Baca juga: 6 Cara Seru Kreasikan Foto-foto Liburan

irit saat liburan bersama teman

 

 

 

 

 

 

Tips 7: Liburan Bareng-bareng

Selain ramai dan seru, dengan liburan bersama teman atau saudara bisa saling mengingatkan kalau Anda mulai overbudget atau tidak sesuai dengan to do list yang sudah dibuat. Selain itu bisa patungan saat menyewa kamar atau membeli makanan.

Semoga tujuh tips irit saat liburan di atas cukup membantu bagi Anda yang sedang bersiap libur akhir tahun ya?