Menjaga hubungan antara perusahaan dengan klien sangatlah penting. Dengan begitu hubungan selalu terjalin. Banyak perusahaan yang memberikan sesuatu seperti souvenir untuk klien. Terutama klien yang sudah lama bekerjasama dengan perusahaan. Nah, jika Anda memiliki bisnis dan ingin memberikan apresiasi kepada klien atau pelanggan cobalah tips menjaga hubungan dengan klien berikut ini.

1. Berikan Souvenir

tips menjaga hubungan 1

Anda dapat memberikan klien souvenir yang bermanfaat dan berkesan. Seperti, Anda memberikan kalender kepada klien. Souvenir seperti ini sangat bermanfaat untuk mereka. Cobalah mencetak atau membuat sebuah kalender dengan logo bisnis Anda bahkan perusahaan. Nah, jika Anda ingin memberikan souvenir kepada partnership cobalah untuk memberikan yang lebih berkesan. Misalnya, memberikan souvenir berupa powerbank yang dapat dicetak logo perusahaan atau bisnis. Anda dapat mencetak kalender atau powerbank yang ingin dijadikan souvenir secara online di Uprint.id.

Baca juga : 9 Ide Desain Kalender Kreatif dan Inspiratif

2. Berikan Kupon Belanja atau Diskon

tips menjaga hubungan 2

Anda dapat juga memberikan kupon kepada klien berupa kupon belanja atau kupon diskon. Hadiah ini biasanya berupa voucher dengan nominal tertentu yang telah disepakati perusahaan. Souvenir ini sangat bermanfaat juga untuk penerima. Dengan begitu, hubungan antara Anda dan klien dapat memberikan dampak yang positif.

3. Berikan Satu Produk Best Seller

tips menjaga hubungan 3

Anda juga dapat memberikan satu produk terbaik dari bisnis. Tidak ada salahnya untuk memberikan produk terbaik dari bisnis Anda kepada klien. Dengan begitu, klien akan merasa bahwa dirinya menjadi bagian yang terbaik dari perusahaan tersebut. Selain itu, klien akan lebih menghargai kinerja dari perusahaan.

Baca juga : 5 Keuntungan Promosi Menggunakan Kalender

4. Berikan Pelayanan Terbaik

tips menjaga hubungan 4

Jangan lupa juga untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada klien. Anda dapat memberikan sebuah pelayanan yang menarik hanya untuk klien yang terpilih. Seperti perusahaan yang begerak dalam bidang perbankan, adanya fasilitas berupa potongan harga atau menggratiskan pembuatan tabungan dari biaya administrasi. Jika Anda bergerak dalam usaha UMKM dapat memberikan pelayanan gratis biaya pengiriman bagi pelanggan tertentu.

Itulah tips menjaga hubungan dengan klien yang harus Anda lakukan. Dengan begitu, klien akan semakin nyaman dengan perusahaan bahkan bisnis Anda. Sebab, mereka merasa bahwa Anda perhatian dengan para klien dan partnership.