Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Tips merencanakan pernikahan, memang harus dipelajari sebelum memutuskan menikah. Hal ini juga akan menjadi pemandu Anda dan pasangan dalam merencanakan pernikahan. Ada banyak tempat konsultasi yang dapat membantu Anda merencanakan pernikahan. Dengan begitu, Anda dapat mengikuti beberapa materi untuk merencanakan pernikahan. Namun, Anda juga dapat melihat beberapa tips ini untuk menjadi patokan dalam merencanakan pernikahan.

1. Diskusi Soal Adat dengan Keluarga

tips-merencanakan-pernikahan-diskusikan-adat

Tips merencanakan pernikahan yang pertama adalah, mendiskusikan soal adat dengan keluarga. Sebagai warga negara Indonesia yang memiliki ragam budaya serta adat istiadat, menjadikan acara pernikahan sebuah pengenalan budaya. Namun, jika ini dilakukan dalam acara pernikahan akan memerlukan budget yang tidak sedikit. Agar tetap terlaksana pernikahan impian, tidak ada salahnya untuk berdiskusi dengan keluarga dan pasangan dalam penggunaan adat. Pastikan, dua keluarga menyetujui rencana Anda dan pasangan.

Baca juga : Souvenir Pernikahan Unik dan Ekonomis Selalu Menjadi Incaran Calon Pengantin

2. Fokus dengan Pernikahan

Jika selama ini pikiran Anda hanya tertuju untuk menyenangkan tamu, lebih baik abaikan. Sebab pernikahan adalah impian Anda dengan pasangan. Sedangkan tamu sebagai pelengkap. Untuk itu Anda tidak perlu membayangkan dan mengutamakan acara pernikahan untuk menyenangkan tamu. Ini akan membuat Anda merasa terbebani dan menjadi stress sebelum acara pernikahan tiba.

3. Survei Vendor

tips-merencanakan-pernikahan-survei-vendor

Saat ini sudah banyak vendor-vendor pernikahan yang memudahkan Anda mengetahui ragam konsep pernikahan sesuai budget. Tips merencanakan pernikahan yang satu ini wajib dilakukan sebelumnya. Pilihlah vendor dan coba untuk mempertimbangkannya dengan benar. Namun agar menghemat biaya, Anda hanya perlu menghubungi via chat online atau telepon. Hal ini untuk menghemat biaya dan waktu. Jika Anda mengunjungi satu persatu vendor saat sedang survei, itu akan menghabiskan banyak budget yang akan lebih berguna.

4. Menentukan Hal Terpenting untuk Hari Pernikahan

tips-merencanakan-pernikahan-01

Agar lebih fokus lagi, Anda dapat menentukan hal-hal penting di hari pernikahan. Seperti dekorasi, undangan, hingga souvenir pernikahan. Demi kehidupan sejahtera setelah menikah nantinya, Anda dan pasangan harus rela menghemat biaya di beberapa hal. Misalnya, menentukan harus budget sekian untuk dekorasi dan souvenir, kemudian Anda dapat menghilangkan konsep prewedding. Ini akan sangat membantu Anda dalam mengontrol keuangan sebelum menikah.

5. Tidak Harus Resepsi Setelah Akad

Mindset masyarakat ini memang harus diubah. Sebab, resepsi tidak harus dilakukan setelah akad nikah atau upacara pernikahan dilaksanakan. Anda dapat melaksanakan resepsi pernikahan kapan saja. Bisa bulan depan, atau bahkan tahun depan. Semua dapat disesuaikan dengan keinginan Anda dan pasangan. Resepsi ini merupakan acara syukuran atas status baru yang diemban oleh Anda dan pasangan. Oleh sebab itu, dapat dilakukan kapan saja.

Baca juga : 8 Ide Undangan Unik untuk Pernikahan Hits 2019 yang Spektakuler

6. Simpan Setengah Gaji

Bagi Anda yang akan menikah, cobalah untuk menyimpan setengah gaji sebagai rencana pernikahan. Hal ini untuk mencegah adanya hutang dalam melaksanakan pernikahan. Sebagai calon pengantin, sebaiknya Anda tidak pernah melakukan hutang sedikit pun. Sebab hutang akan membuat kehidupan semakin rumit. Untuk itu, sebaiknya gunakanlah dana pribadi dalam membuat rencana pernikahan.

Itulah beberapa tips merencanakan pernikahan yang dapat dilakukan, demi kesejahteraan hidup setelah menikah. Jangan sampai setelah menikah Anda kesulitan dana untuk menyambung hidup bersama pasangan. Hal ini yang harus mulai dipikirkan sebelum memutuskan untuk merencanakan pernikahan. Jangan selalu memikir pesta mewah berhari-hari lamanya dan makanan mewah. Alih-alih mewah nanti bisa bangkrut buat kehidupan setelah menikah.