Tidak terasa sesaat lagi umat muslim di seluruh dunia akan merayakan bulan suci ramadhan. Tidak ada perbedaan antara bulan ramadhan dengan bulan biasanya, semua orang akan sama-sama beraktivitas seperti biasa. Hanya yang membedakan adalah, masyarakat muslim akan melaksanakan kegiatan puasa selama sebulan penuh dengan jam operasional kantor berbeda dari biasanya. Setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing mengenai jam operasional kerja dengan memberikan waktu keluar kantor satu sampai dua jam lebih cepat ketimbang bulan-bulan biasanya.

Selama pengurangan jam kerja ini, Anda sebagai karyawan harus menggunakannya seefektif mungkin agar waktu yang diberikan bermanfaat. Nah ini dia tips puasa jika Anda ingin tetap semangat dan fit beraktivitas saat berpuasa.

1. Tidak Terlambat Sahur

tips_puasa_01

Selama berpuasa jam sarapan Anda maju lebih cepat yaitu saat sahur tiba. Sebaiknya Anda tidak terlambat makan sahur, agar asupan nutrisi dan energi saat berpuasa tetap terjaga selama beraktivitas. Tips puasa yang satu ini harus dilakukan, selain untuk ibadah menjalankan sahur sangat bermanfaat untuk tubuh.

2. Makan Makanan yang Bergizi dan Berserat

tips_puasa_02

Selama berpuasa tubuh sangat memerlukan asupan yang bergizi dan berserat sebagai penyimpanan energi selama beraktivitas. Makanan yang mengandung serat dapat menjaga energi tubuh, seperti jika Anda mengkonsumsi buah kurma saat sahur atau berbuka akan menyimpan dan mengembalikan energi pada tubuh. Tips puasa dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan berserat akan berdampak baik pada kesehatan tubuh.

3. Perbanyak Minum Air Mineral

tips_puasa_03

Meski air mineral tidak memiliki rasa, namun banyak manfaat baik bagi tubuh. Nah, saat berpuasa Anda harus tetap minum sebanyak 2 liter sehari dengan cara membagi waktu minumnya, misalnya saat sahur minumlah sebanyak empat gelas dan begitu pula saat berbuka. Tips puasa yang satu ini akan membuat Anda tetap dapat merasakan tubuh fit dan segar tanpa kekurangan cairan.

Baca juga : Tidak Mau Dehidrasi Saat Puasa? Ikuti 5 Tips Ini!

4. Tidak Tergesa-gesa Saat Berbuka

tips_puasa_04

Berbuka puasa adalah momen yang paling ditunggu semua orang, tanpa disadari tingkat lapar dan haus menjadikan Anda mengkonsumsi makanan secara tergesa-gesa. Sebaiknya, berbuka secara perlahan diawali dengan mengkonsumi buah atau makanan pembuka dan minum air mineral kemudian laksanakan ibadah sholat, setelah itu makan makanan utama yang sudah disediakan. Jarak waktu tersebut akan memberikan kesempatan kepada lambung dan usus untuk beradaptasi, tips puasa yang ini akan menghindari Anda dari sakit perut.

5. Menjaga Pola Tidur

tips_puasa_05

Selama berpuasa waktu tidur Anda akan jauh berbeda dari biasanya. Anda dapat menjaga pola tidur untuk menjaga kesehatan tubuh. Cobalah tidur lebih awal dari biasanya, kemudian bangunlah di sepertiga malam untuk melakukan sahur, kemudian berilah kesempatan pada tubuh untuk tidur sejenak sampai subuh tiba. Jika tidak ingin melanjutkan tidur, Anda dapat bangun sahur 30-60 menit menjelang adzan subuh dan lanjutlah untuk berangkat beraktivitas.

Baca juga : 6 Tips Mengusir Rasa Malas Saat Puasa Ramadhan

6. Mengkonsumsi Vitamin

tips_puasa_06

Saat berpuasa, pola makan dan pola tidur jadi berbeda dari biasanya. Jika tubuh merasa tidak fit Anda dapat mengkonsumsi vitamin untuk menjaga stabilitas kesehatan pada tubuh selama berpuasa. Tips puasa yang ini tidak kalah penting bagi kesehatan stamina tubuh.

Baca juga : Bagaimana Menjaga Stamina Saat Berpuasa?

7. Olahraga Ringan

tips_puasa_07

 

Olahraga saat berpuasa memang tidak memungkinkan jika dilakukan pagi atau siang hari, tapi cobalah berolahraga di malam hari sekitar 15-20 menit saja akan berdampak baik untuk kesehatan tubuh selama berpuasa.

Itulah 7 tips untuk Anda yang menginginkan tubuh tetapĀ fit dan bersemangat menjalani aktivitas selama berpuasa. Puasa tidak menjadi penghalang untuk Anda beraktivitas seperti biasanya, akan lebih bagus lagi jika menjadi pemicu untuk memberikan performa kerja terbaik selama berpuasa.