Image : Congerdesign from Pixabay

Suka membuat kue di rumah? Atau sedang mencoba menggeluti bisnis kue secara online? Kami tahu apa yang kamu inginkan. Kamu pasti ingin bisnis kamu berkembang jadi bisnis yang sukses dan laris manis bukan? Akan tetapi, tidak ada hal yang bisa kamu dapatkan dengan instan. Semua membutuhkan usaha dan juga tips and trick yang tepat agar bisnis dapat terus berkembang. Jangan khawatir, kamu telah membaca artikel yang tepat! Scroll kebawah lebih lanjut untuk mengetahui tips sukses jualan kue secara online!

  1. Brand Yang Legit!
Image : Justynafaliszek from Pixabay

Ketika memulai sebuah bisnis, nama Brand adalah faktor yang penting untuk bisnis kamu. Nama brand yang mudah dijabarkan akan memudahkan calon pembeli mengingat nama toko kamu. Berhubung bisnis kamu adalah usaha yang bergerak di bidang kuliner, buatlah nama brand yang memiliki vibe kuliner yang kuat. Mengapa begitu? Nama brand yang relate dengan bidang usaha akan lebih mudah diingat oleh calon pembeli dan menimbulkan first impression yang bagus dalam pikiran pembeli. Misalnya saja, bisnis kamu menjual kue-kue kering, kamu bisa mencoba berkreasi dengan sebutan “Ella’s Cookie”, “Berry Yum Bakery” atau “Maria’s Bite!”. Semakin “renyah” dan mudah penyebutan brand kamu, maka calon pembeli kamu akan semakin tertarik dengan brand kamu. 

Nama brand yang legit juga akan memudahkan kamu ketika hendak membuat akun toko kue pada aplikasi online shop. Buatlah nama brand sekreatif mungkin sehingga tidak ada orang yang memiliki nama serupa dengan brand kamu. Buatlah username yang mudah diketik dan diingat. Bila memungkinkan, jangan gunakan huruf double atau underscore untuk memudahkan pembeli ketika mencari nama toko kamu pada search bar online shop.

  1. Foto Yang Appetizing
Image : Ylanite Koppens from Pixabay

Online shop memberikan kita kemudahan dalam berbelanja dan menentukan pilihan. Berbagai macam jenis barang dapat kita temukan dalam layar handphone lengkap dengan detail harga dan lokasi penjual. Akan tetapi, seperti yang kamu tahu, ketika berbelanja online, calon pembeli tidak dapat meraba, mencium ataupun melihat apa yang kamu jual secara langsung. Calon pembeli kamu tidak tahu seperti apa barang kamu yang sebenarnya sampai mereka menerima pesanan. Apakah kualitasnya bagus? Apakah memiliki ukuran yang sama dengan apa yang ada dalam benak mereka? Ataukah ada perbedaan warna produk pada sebuah foto dengan barang aslinya? 

Sebagai pembeli, satu-satunya yang bisa dijadikan acuan adalah foto produk yang tertera pada etalase produk. Sekeras apapun kamu mencoba meyakinkan calon pembeli terhadap rasa dan kualitas kue kamu, jika foto produk kamu kurang meyakinkan, maka calon pembeli akan ragu dengan kue yang kamu jual. Untuk itu, sangat penting bagi kamu memiliki foto produk yang bagus, jelas dan membangkitkan selera makan calon pembeli kamu (appetizing). Sertakan minimal lima buah foto dalam satu etalase produk. Kamu dapat memvariasikannya dengan berbagai angle foto, tata pencahayaan, difoto bersamaan dengan packaging yang kamu gunakan atau pada saat disajikan di atas piring untuk memberikan bayangan estimasi ukuran kue kepada calon pembeli.

  1. Don’t Forget The Look!
Image : Jill Wellington from Pixabay

Masih berkesinambungan dengan point nomor dua, satu lagi yang harus kamu perhatikan : Don’t Forget The Look! Pada saat hendak membeli kue atau makanan secara online, bukan hanya tampilan kue yang ingin mereka ketahui. Calon pembeli juga ingin mengetahui bagaimana pesanan mereka sampai kepada mereka, bagaimana tampilan packagingnya, bagaimana cara kamu membungkusnya, apakah higienis? Apakah aman dan dapat melindungi dari debu dan juga kotoran? Hal muncul pada benak pembeli karena pembeli ingin memastikan bahwa mereka telah berbelanja di tempat yang tepat. Mereka tentu tidak ingin membuang uang mereka untuk kecewa pada saat pesanan mereka sampai. Karena itu, sebelum melakukan pemesanan, mereka akan mencari tahu informasi sedetail mungkin. Barulah ketika hati mereka yakin, pembeli akan menekan tombol checkout pada keranjang mereka. 

Untuk itu, sangat penting bagi kamu untuk menyertakan foto kue lengkap dengan packaging yang akan kamu gunakan saat pengiriman. Selain menambah nilai cantik dalam food photography produkmu, menambahkan foto produk lengkap dengan packaging akan menaikkan rate kepercayaan pembeli kepada kamu. 

Dengan melihat seperti apa packaging yang akan kamu gunakan, calon pembeli bisa menilai apakah pesanan mereka akan sampai dengan kondisi aman atau tidak. Lewat packaging, mereka juga bisa menilai apakah kamu adalah seller yang serius memberikan pelayanan terbaik kepada customernya, ataukah hanya ingin berjualan secara asal. Kamu bisa memilih packaging yang cantik dan aman seperti Dus Kue Kupu-Kupu, Dus Kue Tenteng dan Corrugated Box!

  1. Dus Kue Kupu-Kupu

Dus Kue Kupu-Kupu adalah dus berukuran 17 cm x 11 cm x 7 cm yang bisa jadi pilihan packaging kamu. Dus ini memiliki rekatan penutup seperti sayap kupu-kupu sehingga memudahkan kamu untuk menutup packaging tanpa harus menggunakan lem. Dus Kue Kupu-Kupu sangat cocok untuk packaging kue kering, snack ataupun bolu-bolu. Packaging ini terlihat sangat cantik dan unik karena masih jarang digunakan orang sebagai packaging mereka. Dengan menggunakan packaging yang unik, kamu memiliki kesempatan lebih besar untuk menarik perhatian calon pembeli! Tertarik pesan? Klik banner di atas!

  1. Dus Kue Tenteng

Mencari dus kue yang mudah untuk ditenteng dan dibawa kemana-mana? Dus tenteng bisa jadi pilihan kamu. Dus ini memiliki penutup yang rapat, sehingga dapat melindungi kue kamu dari hamparan udara luar, debu, polusi juga serangga. Kail pada bagian atasnya memudahkan calon pembeli kamu untuk membawa kue pesanan kemana saja. Selain itu, packaging ini juga bisa kamu gunakan untuk pesanan take away. Misal kamu memiliki gerai sendiri, kamu bisa menggunakan packaging ini untuk dua tujuan : online shop dan pesanan take away. Simple banget kan? Klik bannernya untuk pemesanan sekarang!

  1. Corrugated Box

Keamanan adalah faktor penting ketika mengirim barang, bukankah benar begitu? Sebagai seorang seller, kamu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk pembelimu sehingga mereka dapat memberikan feedback yang baik kepadamu. Feedback mereka sangat mempengaruhi keberlangsungan bisnismu. Kamu mungkin sudah pusing berkeliling mencari packaging yang kuat, namun memiliki harga terjangkau. Tunggu dulu! Sudahkah kamu memikirkan corrugated box sebagai packaging kamu?

Corrugated Box memenuhi semua kebutuhan kamu yang menginginkan packaging kuat, ringan, mudah digunakan dan juga harga yang relatif terjangkau. Tetap berhemat dengan kualitas terbaik? Bukan hal yang mustahil! Apalagi, Corrugated Box Uprint.id tersedia dengan berbagai warna, ukuran dan bahan. Kamu bisa miliki Corrugated Box yang cantik dengan harga yang terjangkau! Tunggu apalagi? Arahkan jarimu pada banner dan klik sekarang juga!

  1. More Detail, More Interesting
Image : Hannes Edinger from Pixabay

Pada bagian deskripsi produk, isi detail produk dengan sejelas-jelasnya. Satu fakta unik yang harus kamu ingat adalah : calon pembeli ingin mengetahui informasi produk kamu sebanyak-banyaknya, tapi mereka cenderung malas bertanya loh! Untuk mengantisipasi hal ini, maka kamu wajib melengkapi segala detail yang bisa kamu berikan di bagian deskripsi produk. Mulai dari ukuran, variant rasa, jumlah isi dalam satu pak, metode pengiriman hingga contact langsung kamu seperti whatsapp dan juga akun instagram. Yah memang sih, calon pembeli kamu lebih banyak bertanya langsung via chat bar di marketplace, tapi ada kalanya juga calon pembeli kamu ingin respon yang lebih cepat dengan menghubungi langsung lewat whatsapp. Jadi, jangan lupa untuk memberikan detail sebanyak-banyaknya ya!

  1. Fast Response
Image : Ri Butoy from Pixabay

Sebagai pebisnis, sebagian besar dari kamu menghandle semua proses jual beli pada toko kamu. Mulai dari pembuatan kue-kue, mengupload gambar, menulis deskripsi produk hingga membalas seluruh chat calon pembeli yang masuk. Kamu mungkin saja dibuat sangat sibuk, tapi jangan sampai karena kesibukkan kamu, kamu menjadi slow respon membalas chat-chat yang masuk. Telat sedikit saja, wah, calon pembeli akan kabur. Jaga performa kamu dengan tetap ramah, fast response dan juga interaktif untuk setiap pertanyaan yang masuk.

Nah, bagaimana? Sudah siap mensukseskan bisnis kue online kamu? Berbisnis memang perlu usaha dan kesabaran extra. Tapi hasilnya tidak akan sia-sia kok. Begitu pula dengan membaca artikel ini. Karena kamu tidak hanya bisa menemukan tips and trick sukses berjualan online, tapi juga bisa menemukan caranya pesan Dus Kue Kupu-Kupu, Dus Kue Tenteng dan Corrugated Box disatu tempat. Tertarik pesan? Tanya-tanya dan pesan langsung disini!