Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Travelling di bulan puasa merupakan sebuah aktivitas yang dihindari. Padahal, bulan puasa tidak akan mengurangi aktivitas apapun. Termasuk dalam hal travelling. Untuk itu, jika Anda berencana untuk melakukan kegiatan berlibur ketika bulan puasa, sebaiknya ikuti tips travelling di bulan puasa berikut ini.

1. Memulai Perjalan di Pagi Hari

tips-travelling-di-bulan-puasa-melakukan-perjalanan-pagi

Tips travelling di bulan puasa yang pertama adalah dengan memulai perjalanan di pagi hari. Cuaca yang adem cenderung sejuk ini akan membuat perjalanan tidak akan terasa melelahkan. Dengan memutuskan untuk berangkat di pagi hari, Anda akan memiliki waktu istirahat yang panjang di siang hari. Sedangkan untuk perjalanan selanjutnya, Anda dapat melakukan perjalanan di sore hari.

Baca juga : Trik Packing Saat Hendak Travelling Menggunakan Tas Ransel

2. Membawa Bekal Dari Rumah

tips-travelling-di-bulan-puasa-membawa-bekal-dari-rumah

Membawa bekal dari rumah memang sangat disaran, apalagi saat di bulan puasa seperti ini. Hal ini juga akan mengurangi pengeluaran selama dalam perjalanan. Selain itu, membawa bekal dari rumah dapat memudahkan mendapatkan makanan. Membawa bekal dari rumah ini untuk konsumsi saat sahur dan berbuka atau bahkan setelah berbuka. Sebab selama bulan puasa, hanya sedikit yang membuka warung atau rumah makan. Anda dapat menggunakan tips travelling di bulan puasa ini untuk memberikan kemudahan pada diri sendiri.

3. Menggunakan Pakaian yang Nyaman

tips-travelling-di-bulan-puasa-pakaian-yang-nyaman

Jika perjalanan yang dilalui terbilang jauh, sebaiknya Anda gunakan pakaian yang nyaman. Tips travelling di bulan puasa yang satu ini, akan menambah rasa nyaman selama liburan. Sebab pakaian yang nyaman akan membuat liburan semakin menyenangkan. Tanpa harus merasakan panas atau badan gatal-gatal akibat keringat yang tidak terserap dengan benar oleh pakaian. Untuk itu sangat disarankan menggunakan pakaian yang berbahan katun. Selain dapat menyerap keringat, bahan katun juga dapat menjaga sirkulasi udara dan baik untuk kondisi kulit tubuh.

4. Memilih Partner Travelling yang Seirama

Memutuskan untuk travelling bukanlah hal yang mudah. Terutama jika Anda memutuskan untuk liburan bersama teman. Tips travelling di bulan puasa yang satu ini harus memilih rekan atau partner liburan yang seirama dan saling memahami kondisi masing-masing. Akan lebih baik jika partner liburan juga menjalani ibadah puasa. Manfaat lain dari memilih partner juga untuk memperkecil resiko adu pendapat atau bahkan perselisihan dalam perjalanan.

Baca juga : Lokasi Liburan Eksotis yang Perlu Dikunjungi Saat Travelling

5. Pilih Destinasi yang Berdekatan

Karena saat berpuasa, asupan nutrisi yang sedikit terbatas juga akan membatasi tenaga. Sehingga tubuh lebih mudah lelah dan lemas. Untuk menghindari hal serupa, yang harus dilakukan adalah memilih destinasi yang berdekatan. Hal ini untuk menghemat tenaga yang dimiliki. Selain itu, mendatangi destinasi yang berdekatan juga akan menghemat waktu. Terutama jika Anda melanjutkan perjalanan di sore hari, dengan mengunjungi destinasi yang berdekatan, waktu yang dikeluarkan cenderung sedikit. Kegiatan sore ini dapat dilakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba. Itu merupakan keuntungan lainnya setelah memilih destinasi yang berdekatan.

Itulah tips travelling di bulan puasa agar tetap semangat dan tubuh bertenaga. Dengan begitu puasa bukan lagi menjadi penghalang untuk liburan. Cobalah lakukan beberapa tips tersebut untuk menikmati perjalanan yang menyenangkan selama berpuasa. Jangan lupa untuk menyiapkan stamina selama dalam perjalanan dengan cara mengkonsumsi vitamin saat sahur dan berbuka puasa.