Semua umat muslim pasti merayakan lebaran setelah sebulan berpuasa di bulan Ramadan. Namun tradisi lebaran di setiap negara berbeda-beda. Setidaknya ada lima tradisi yang dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia saat lebaran. Apa sajakah itu?

1. Sungkeman

tradisi lebaran sungkeman

Di saat lebaran memang kita diminta untuk saling memaafkan satu sama lain. Namun hanya di Indonesia bisa kita temukan proses saling memaafkan yang berbeda, yaitu lewat sungkeman. Biasanya orang yang paling dituakan akan duduk di kursi, dan mereka yang lebih muda akan berbaris dan antri untuk saling meminta maaf dengan berjongkok. Tradisi ini sebenarnya banyak ditemukan di daerah Jawa. Memiliki makna bahwa yang muda harus lebih menghormati yang tua, sedang yang tua harus lebih bijak dan mengayomi yang muda.

Baca juga: Hampers Lebaran Trendy 2018 yang Cocok Diberikan untuk Rekan

2. Bersilaturahmi ke Tetangga dan Kerabat

tradisi lebaran bersilaturahmi

Meski salah satu kunci kemenangan adalah saling memaafkan, namun di negara lain tidak akan kita temui orang saling berbondong-bondong mengetuk rumah tetangga dan saling bermaaf-maafan. Hanya ada di Indonesia lo tradisi seperti ini.

Baca juga: Lakukan Tradisi Berbagi Kartu Ucapan Lebaran Ini Demi Kelancaran Silaturahmi

3. Beli Baju Lebaran

tradisi lebaran baju baru

Mengenakan baju baru di saat lebaran bukanlah suatu keharusan. Tidak ada perintah di dalam Al Quran bahwa saat lebaran harus mengenakan baju baru, yang ada mengenakan baju terbaik dan bersih. Namun sepertinya mengenakan baju baru saat lebaran telah menjadi tradisi yang mendarah daging di Indonesia, bahkan hingga saat ini. Sahabat Uprint.id sudah punya baju baru untuk lebaran belum?

Baca juga: Ide Pengganti Hadiah Lebaran untuk Para Tamu di Momen Lebaran

4. Opor, Ketupat dan Kue Nastar

tradisi lebaran ketupat opor nastar

Ada banyak menu masakan, namun entah kenapa hampir sebagian besar masyarakat selalu menyediakan opor ayam, ketupat dan kue nastar di rumahnya saat lebaran tiba. Tidak ada yang mengomando, namun sajian ini sudah menjadi tradisi tak tertulis di saat lebaran. Terasa ada yang kurang jika tiga jenis masakan itu tidak ditemukan di dalam perayaan lebaran.

Baca juga: Persiapan Lebaran Ini yang Wajib Ada Setiap Hari Raya Tiba

5. Berbagi Angpau

tradisi lebaran berbagi angpau

Angpau atau kalau di Jawa disebut balal juga merupakan tradisi lebaran yang turun menurun. Orang yang lebih tua dan sudah bekerja biasanya akan berbagi rejeki kepada kerabatnya yang lebih muda atau masih sekolah. Momen berbagi balal ini selalu dinantikan oleh banyak orang, khususnya anak-anak.

Di antara tradisi lebaran di atas, manakah yang sahabat Uprint.id sukai? Apakah di rumah sahabat semua tradisi itu dilakukan? Wah, pasti seru ya. Selamat lebaran bagi semua yang merayakan.