Ucapan Idul Fitri adalah ucapan yang biasa diucapkan pada saat Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 1 Syawal dalam kalender Hijriah. Penentuan yang didasarkan pada bulan 1 Syawal, Idul Fitri atau Hari Raya Ramadhan jatuh pada tanggal yang berbeda setiap tahun jika dilihat dari kalender Gregorian. Setelah berhasill menundukkan nafsu, kita dapat kembali ke fitrah. Kembali ke fitrah (Idul Fitri) berarti kembali ke asal kejadian. Idul fitri dapat juga  diartikan sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas kemenangan besar yang diperoleh setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Iklan 1

Ketika hari idul fitri, tradisi yang tidak pernah terlewatkan adalah bersilaturahmi dan bermaaf-maafan dengan keluarga dan tetangga. Hal ini dilakukan sebagai bentuk menjalin tali persaudaraan yang lebih erat dan menghindarkan seseorang dari perpecahan dan fitnah. Bersilaturahmi dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti mendatangi rumah kerabat, menelpon saudara ataupun mengirimkan kartu ucapan selamat Idul Fitri kepada orang yang dituju.

Selain itu, ada juga tradisi memberi angpao di hari lebaran. Angpao lebaran biasanya diberikan oleh orang tua atau orang yang sudah bekerja kepada sanak saudara yang belum bekerja atau anak kecil. Jumlah uangnya pun dapat bervariasi. Mulai dari dua puluh lima ribu kepada anak-anak hingga ratusan ribu. 

Perbedaan dengan angpau tradisi dari China adalah warna amplop angpao lebaran berwarna hijau. Hijau melambangkan nuansa islami. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, angpao dapat diberikan dengan amplop putih biasa atau dengan amplop dengan gambar aneka rupa. Selain itu, tradisi pemberian angpao ini didasarkan pada tradisi sedekah dalam ajaran Islam.

Iklan 2