Melamar pekerjaan merupakan kegiatan yang sering dilakukan para pencari kerja. Bahkan tidak hanya mereka yang belum bekerja, para pekerja juga sering mencari pekerjaan dengan mengirim lamaran kerja melalui jasa rekrutmen online. Sebelum Anda memutuskan untuk melamar pekerjaan, ada baiknya mengetahui beberapa hal yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk melamar pekerjaan.

Baca Juga : 50 Contoh Surat Lamaran Kerja Lengkap Dengan Contoh dan Desain

1. Kumpulkan Semua Pencapaian dan Kemampuan

lamaran-kerja-01-mempersiapkan-dokumen

Apakah Anda seseorang yang baru saja lulus dari perguruan tinggi atau pegawai yang sudah berpengalaman? Selamat, pengalaman dan kemampuan Anda menentukan pekerjaan yang akan didapat. Uji kemampuan Anda dan lihat apa yang bisa dilakukan untuk dapat menonjol dalam kompetisi. Setelah Anda melakukannya, yang harus dilakukan adalah mendokumentasikan semuanya sehingga memiliki sesuatu untuk ditunjukkan kepada para perekrut. Anda dapat memulainya dengan CV untuk memamerkan karya sendiri. Selain itu Anda tetap harus memiliki format lain seperti portofolio, video, dan situs pribadi yang mungkin diperlukan untuk beberapa industri khusus.

Setelah itu, cari tahu apa yang dibutuhkan oleh perekrut dan cek apakah Anda sudah masuk kriteria yang mereka butuhkan. Hal ini akan membantu mempromosikan Anda di depan perekrut potensial, dan memberikan pandangan tentang industri mana yang paling cocok.

2. Mencari Tahu Tentang Perusahan

lamaran-kerja-03-searching-perusahaan

Semakin banyak pelamar kerja, maka akan semakin banyak juga perusahaan palsu yang memanfaatkan kondisi. Untuk itu, sebelum Anda memutuskan untuk melamar pekerjaan pastikan mengulas lebih dalam tentang perusahaan tersebut. Jangan sampai Anda menjadi korban penipuan. Kemudian sebelum anda memberikan berkas lamaran ke perusahaan yang ingin dilamar, ada baiknya anda mempelajari lebih dalam mengenai perusahaan tersebut. Anda dapat melakukan riset mendalam mengenai apa saja yang ada di perusahaan, bagaimana lingkungan kerja, dan bagaimana jenjang karir di dalam perusahaan. Anda dapat bertanya kepada seseorang yang pernah bekerja disana untuk mendapatkan informasi lebih mendalam mengenai perusahaan. Atau anda juga dapat membuka situs resmi dari perusahaan yang ingin anda daftar untuk mencari tahu lebih lanjut.

3. Membuat Personal Branding

lamaran-kerja-04-membangun-personal-branding

Personal branding merupakan hal yang paling penting agar Anda mendapatkan pekerjaan. Coba membuat personal branding sesuai dengan kemampuan Anda. Buatlah diri Anda terlihat seprofesional mungkin dan setiap orang yang mengenal anda mengakui kemampuan anda. Dengan begitu, perusahaan tidak akan meragukan kemampuan yang Anda miliki. Anda dapat memanfaatkan media sosial seperti linkedin untuk memperkuat branding. Siapa sangka, zaman sekarang perusahaan melihat potensi calon karyawan melalui media sosial. Maka tidak jarang ketika Anda mengisi dokumen yang diberikan perusahaan, ada keterangan media sosial dan harus menuliskannya.

4. Persiapkan Diri Saat Wawancara

lamaran-kerja-05-mempersiapkan-diri-wawancara

Jika Anda sudah melakukan applying beberapa perusahaan, yang harus dilakukan adalah mempersiapkan diri saat ada panggilan wawancara. Namun jika perusahaan sudah memanggil Anda untuk melakukan sesi wawancara, pastikan mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Persiapkan mental Anda untuk menjawab semua pertanyaan dari pihak perusahaan. Mental yang matang akan menghindari Anda dari hal-hal buruk. Ada banyak hal buruk yang terjadi pada orang yang hebat dan memiliki keahlian tinggi. Namun ketika wawancara kerja kegugupan membuat dirinya gagal masuk dan diterima kerja.

Baca Juga : Kegiatan yang Paling Bermanfaat Saat Menunggu Panggilan Kerja

5. Jangan Membanggakan CV

lamaran-kerja-06-jangan-membanggakan-cv

Mungkin ada deretan tulisan yang panjang di dalam CV. Entah itu prestasi akademik yang pernah didapat ketika masih aktif sebagai mahasiswa atau karena banyak kegiatan yang pernah diikuti. Faktanya hanya sedikit perusahaan yang benar-benar membaca CV yang ditulis oleh setiap pelamar kerja. Apalagi jika CV yang anda buat tidak relevan dengan jenis pekerjaan yang dilamar. Meskipun CV terbilang penting, sebaiknya Anda membuat CV seringkas mungkin agar lebih efektif.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum melamar pekerjaan. Selain itu yang harus diperhatikan adalah waktu untuk mengirimkan CV ke perusahaan. Waktu terbaik untuk mengirim CV ialah Rabu pukul 09.00. Mengapa? Karena ternyata 17 persen perusahaan memilih untuk membuka lowongan pada Rabu, dan 47 persen pencari kerja diundang wawancara dalam jangka waktu 24 jam sejak lowongan dibuka. Para peneliti juga menemukan bahwa pukul 13.00 merupakan saat puncak orang-orang mencari lowongan pekerjaan. Peneliti juga menyebut milenial adalah generasi yang paling aktif dalam urusan mencari pekerjaan, dengan jumlah perempuan yang 20 persen lebih banyak ketimbang laki-laki. Nah, Anda dapat mencoba melamar pekerjaan pada hari dan waktu yang sudah dijelaskan sebelumnya. Selamat mencoba!