freelance designer

1.Kamu tak lagi setia pada pekerjaan purna waktumu

tak setia

Apakah kamu pernah berselingkuh dari pekerjaan purna waktumu? Misalnya kamu memeriksa telepon genggam saat bekerja hanya untuk membalas pesan klien atau mengirimkan bukti kepada mereka. Atau, mungkin kamu gunakan waktu makan siangmu untuk menyelesaikan pekerjaan lepasmu. Jika memang demikian, itulah salah satu tanda kamu siap untuk menjadi desainer grafis lepas sepenuhnya, terutama jika kamu terus berangan-angan akan hal tersebut.

2. Kamu tak tahan lagi dengan tugas-tugas normal

tak tahan tugas normal

Kamu menjadi semakin bosan dengan pekerjaan kantor normal yang diberikan kepadamu. Kamu merasa mereka kurang menantang. Kamu menginginkan adanya perubahan. Kamu mau sesuatu yang berbeda.

3. Kamu telah menguasai peranmu saat ini

sudah menguasai peran

Beberapa orang memilih menjadi pekerja lepas tepat setelah mereka lulus dari universitas, namun kesempatan mereka untuk menjadi berhasil lebih rendah dibandingkan mereka yang telah memiliki pengalaman dan keahlian profesional yang diperlukan untuk menjadi seorang pekerja lepas yang sukses. Setelah bekerja selama beberapa tahun di sebuah perusahaan, kamu yakin bahwa sekarang kamu telah menguasai peranmu saat ini dan memperoleh pengalaman serta keahlian profesional yang berharga untuk memulai pekerjaan menjadi seorang pekerja lepas.

4. Hidup hemat bukanlah masalah besar bagimu

hidup hemat

Kamu mungkin memperoleh gaji tinggi bekerja sebagai desainer grafis suatu perusahaan. Pastikan bahwa kamu siap untuk hidup hemat sebelum berhenti dari pekerjaanmu karena dibutuhkan waktu yang cukup lama sebelum kamu mulai menikmati keberhasilanmu sebagai desainer grafis lepas. Jadi jika kamu tak bisa membayangkan dirimu hidup hemat, mungkin bukanlah ide bagus untuk bekerja lepas.

5. Kamu menginginkan lebih banyak risiko daripada sebelumnya

suka risiko

Bekerja sebagai seorang pekerja lepas artinya risiko yang bertambah. Jika kamu tak mau bermain aman lagi, maka berhenti dari pekerjaan purna waktumu saat ini adalah hal terbaik yang bisa kamu lakukan. Karena jika bukan sekarang lalu kapan?

6. Kamu muak dengan kehidupan yang begitu saja

eksplorasi

Poin terakhir ini pada dasarnya adalah ringkasan dari beberapa poin yang telah dibahas di atas. Beberapa orang menghabiskan seluruh hidupnya bekerja untuk perusahaan yang sama dan mereka tampak menikmatinya. Mengapa? Karena itu adalah zona nyaman mereka, mereka tak mau keluar dari sana. Bekerja bertahun-tahun di sebuah perusahaan akan memberikanmu stabilitas, keamanan dan jaminan pensiun yang menyenangkan. Namun apakah kamu yakin itu yang kamu inginkan? Jika kamu muak dengan kehidupan yang seperti itu, maka perasaan muak tersebut juga merupakan salah satu tanda kamu siap untuk mulai bekerja sebagai pekerja lepas. Biarkan dirimu bereksplorasi dan mencoba banyak hal. Jangan membatasi potensimu.

Uprint.id