Ketika Anda baru memulai sebuah bisnis, baik bisnis offline maupun online, kemungkinan besar Anda akan menjalaninya seorang diri. Mulai dari pemesanan hingga pengiriman, tak ada orang lain yang bisa mengerjakannya untuk Anda. Namun, seiring berkembangnya usaha Anda dan Anda makin lama makin sibuk, Anda mulai berpikir untuk merekrut karyawan pertama. Nah, untuk memastikan keputusan Anda itu, berikut tanda-tanda Anda siap merekrut karyawan pertama tersebut!

1. Menerima panggilan telepon bersamaan dengan membalas email

merekrut_karyawan_pertama_01

Jika bisnis Anda mulai berkembang dan banyak hal yang harus Anda lakukan, akan sulit bagi Anda untuk melakukannya seorang diri. Apalagi jika Anda harus menjawab telepon dan membalas email dalam waktu yang bersamaan, itu merupakan tanda bahwa Anda membutuhkan karyawan pertama Anda. Ingat, bahwa tak peduli seberapa hebat kemampuan multitasking Anda, Anda tetaplah manusia biasa yang membutuhkan bantuan orang lain. Karyawan pertama dapat membantu Anda memastikan service yang bisnis Anda berikan tetap yang terdepan.

2. Anda lembur lebih dari 3 kali dalam sebulan

merekrut_karyawan_pertama_02

Memiliki waktu tidur yang cukup dan nyenyak bukanlah sebuah kemewahan, itu merupakan kebutuhan dasar. Apabila Anda bahkan tidak bisa lagi mendapatkan kebutuhan dasar tersebut karena beban pekerjaan yang semakin banyak, maka Anda tidak membutuhkan tanda lainnya bahwa Anda membutuhkan karyawan pertama. Bekerja hingga pukul dua atau tiga pagi akan sangat menguras tenaga dan menganggu kesehatan Anda. Untuk itu, biarkanlah ada tangan lain yang membantu agar Anda dapat tidur dengan nyenyak hari ini.

Baca Juga : 4 Tips Sukses Branding dengan Merchandise

3. Banyak orang terkejut mengetahui Anda bekerja seorang diri

merekrut_karyawan_pertama_03

Apabila Anda memiliki bisnis yang lebih besar dari kelihatannya, jadikanlah pandangan tersebut sebagai realitas yang sebenarnya. Saat ini, Anda tengah membangun sesuatu di atas kredibilitas yang sesungguhnya. Memaksimalkan potensi yang ada dalam bisnis Anda dengan merekrut karyawan pertama akan sangat membantu Anda dan bisnis Anda tumbuh menjadi lebih besar.

Ingat juga bahwa apabila Anda bekerja seorang diri, artinya semua hal yang menyangkut pekerjaan harus Anda lakukan sendiri. Pekerjaan yang banyak dan tak selesai di weekday terpaksa membuat Anda harus tetap bekerja saat weekend. Sedangkan weekend merupakan waktu singkat yang seharusnya Anda habiskan bersama keluarga dan orang terkasih. Jangan biarkan waktu weekend berharga Anda terbuang sia-sia dan mulailah buka lowongan pekerjaan sekarang.

4. Melewatkan janji meeting dengan supplier karena harus melakukan proses pengiriman

Bukannya proses pengiriman barang pesanan pelanggan lebih penting dibanding janji meeting dengan supplier, namun janji meeting memang lebih mendesak. Semua hal memiliki prioritas yang berbeda, namun Anda tetap membutuhkan waktu khusus untuk men-handle hal kurang mendesak seperti strategi bisnis dan membangun hubungan dengan supplier. Apabila hal-hal mendesak dan penting dalam bisnis Anda mengharuskan Anda untuk mengenyampingkan hal-hal yang sebenarnya tetap harus Anda lakukan (bertemu supplier), maka itu tanda mutlak Anda sangat butuh karyawan pertama yang bisa membantu Anda mengerjakan hal mendesak tersebut.

Pastikan bisnis Anda tetap berjalan lancar dengan mempertimbangkan tanda-tanda di atas. Karyawan pertama akan sangat membantu Anda menjalankan bisnis dan service Anda tetap maksimal. Congrats for your first hiring!