Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentu ada beberapa jenis report atau laporan yang harus Anda buat. Dua di antaranya adalah financial report dan annual report. Kedua jenis laporan ini merupakan laporan yang harus disiapkan dalam rangka melancarkan jalannya sebuah bisnis atau organisasi yang Anda jalani. Nah, apakah Anda sudah mengetahui perbedaan antara kedua report ini? Jika belum, cek informasi lengkapnya berikut ini!

Annual report

Annual report (laporan tahunan) merupakan laporan yang membahas mengenai perkembangan dan pencapaian yang diraih dalam kurun satu tahun. Jenis report satu ini merangkum laporan keuangan dan berbagai prestasi yang berhasil diraih oleh bisnis atau organisasi selama periode satu tahun ke belakang. Sebagai report tahunan, tentu data yang menjadi dasar haruslah akurat agar penyusunan laporan tahunan ini dapat dipertanggungjawabkan.

Fungsi dari annual report sendiri cukup banyak. Pertama, sebagai informasi pencapaian perusahaan dalam satu tahun. Kedua, sebagai media pemasaran yang kreatif melalui integritas tulisan dan desain. Ketiga, meningkatkan daya tarik perusahaan di mata konsumen. Keempat, dokumen lengkap yang menyajikan neraca laba rugi perusahaan. Dan yang kelima, menjelaskan mengenai deskripsi pekerjaan dan fungsi masing-masing bidang kerja perusahaan.

Dalam penyusunannya, membuat laporan tahunan juga bukanlah pekerjaan yang mudah. Perlu proses yang panjang dan kesabaran. Beberapa hal juga harus diperhatikan, seperti pertama, harus disusun sebagai informasi untuk publik berkaitan dengan berbagai prestasi yang diraih oleh perusahaan. Kedua, penyusunan laporan ditujukan untuk calon investor, analis keuangan, karyawan, pemerintah, hingga media massa.

Ketiga, tentukan sejumlah poin penting termasuk key message yang hendak disampaikan kepada publik. Keempat, buatlah berbagai ulasan lengkap dengan grafik hingga foto dengan desain yang lengkap dan menarik. Kelima, kelompokkanlah laporan tahunan ini menjadi beberapa bagian, dan keenam, sertakan juga komentar pimpinan perusahaan untuk menunjukkan manajemen mempunyai komitmen tinggi dalam memenuhi visi dan misi perusahaan.

Financial report

Financial report (laporan keuangan) merupakan informasi keuangan yang disusun oleh perusahaan dalam periode akuntansi yang digunakan sebagai dasar dalam menggambarkan performa perusahaan. Financial report biasanya mencakup neraca, laporan laba rugi, perubahan ekuitas, perubahan posisi keuangan, hingga catatan serta sejumlah jenis laporan lainnya.

Penyusunan financial report sendiri ditujukan untuk beberapa pihak. Contohnya seperti para investor, pelanggan, hingga pemerintah dan masyarakat. Financial report berperan sebagai penyedia informasi yang bermanfaat dalam hal pengambilan keputusan.

Dalam menyusun laporan keuangan yang baik, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Di antaranya adalah harus mudah dipahami, relevan (menyajikan informasi yang bisa digunakan sebagai dasar dalam menetapkan keputusan), dapat diandalkan (terbebas dari kesalahan material), dan dapat diperbandingkan (dibandingan dengan laporan keuangan periode sebelumnya).

Nah, sekarang Anda sudah mengerti perbedaan antara financial report dan annual report. Meski memiliki karakteristik yang berbeda, keduanya sama-sama menyajikan data penting yang dapat digunakan untuk mengambil keputusna strategis. Karenanya, Anda harus dapat menyusun financial report dan annual report secara baik, rapi, dan sistematis.