Bibir kering atau pecah-pecah menjadi salah satu hal yang tak dapat dihindari pada saat menjalankan puasa. Yang menjadi penyebab bibir kering adalah kurangnya cairan dalam tubuh karena tidak minum dan makan dalam waktu yang cukup lama. Lalu bagaimana caranya agar bibir kering atau pecah-pecah dapat teratasi selama berpuasa?

cetak kartu lebaran

1. Banyak-banyaklah minum air putih

Air putih memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh manusia. Untuk mengganti cairan yang hilang saat puasa, minum air putih tentunya adalah cara yang sangat efektif. Perbanyaklah minum air putih terutama pada saat sedang menjalani ibadah puasa.

2. Gunakan lipbalm

lipbalm

Untuk mengurangi kekeringan bibir, rajin-rajinlah mengoleskan lipbalm. Pilihlah lipbalm yang mengandung pelembab, minyak alami serta terdapat label SPF. Menggunakan lipbalm juga dapat membuat bibir terlihat lebih lembut.

3. Konsumsi banyak sayur dan buah segar

Selain air putih, makanan yang juga membawa manfaat baik untuk tubuh adalah sayur mayur dan buah-buahan. Untuk mengurangi bibir kering, perbanyaklah konsumsi sayur dan buah segar.

kartu lebaran

4. Jangan menjilati bibir

Jika selama ini Anda beranggapan bahwa dengan menjilati bibir Anda dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, maka Anda harus membuang jauh-jauh anggapan tersebut karena cara tersebut tidaklah tepat. Air liur yang Anda gunakan untuk menjilat bibir justru akan membuat bibir menjadi lebih kering karena kandungan kimiawi yang terdapat di dalam air liur.

5. Hindari makanan pedas dan asin

makanan pedas

Mulut Anda bisa menjadi kering jika Anda makan makanan yang asin juga pedas. Mulut yang kering dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Selain itu, makan makanan yang pedas saat sahur maupun berbuka puasa dapat menyebabkan rasa haus yang luar biasa. Oleh karenanya lebih baik Anda menghindari makanan yang pedas dan asin.

6. Oleskan madu ke bibir

madu

Madu sudah terkenal sebagai bahan alami dalam bidang kecantikan karena khasiatnya yang luar biasa. Salah satu manfaat madu adalah mengobati bibir yang kering dan pecah-pecah. Karena Anda sedang puasa, maka oleskan madu ke bibir pada saat sahur atau berbuka saja.

7. Singkirkan kulit mati di bibir

Salah satu cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang tidaklah sulit untuk dilakukan yaitu dengan menyingkirkan kulit mati yang melekat di bibir. Gunakanlah sikat gigi halus untuk membersihkan kulit mati. Lakukan cara ini setidaknya seminggu sekali.

cetak kartu lebaran