Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Dunia bisnis saat ini sedang digandrungi oleh semua kalangan, termasuk anak muda yang sudah berpikir mengenai masa depan mereka. Dalam berbisnis, hal yang paling mencuri perhatian adalah memiliki waktu bebas dalam menjalankannya tanpa harus dituntut oleh orang lain. Selain itu, keuntungan yang didapat dari berbisnis adalah membuat Anda memiliki relasi lebih banyak. Walau memiliki banyak keuntungan, Anda tidak boleh meremehkan hal-hal simpel dalam membangun bisnis.

Terutama dalam mengambil sebuah keputusan. Jika Anda gegabah dalam mengambil keputusan mengenai bisnis tersebut, maka akan dengan cepat mengalami kerugian. Tentu tidak ada orang yang ingin mengalami kerugian. Banyak upaya yang harus dilakukan untuk menghindari kerugian tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan rancangan bisnis yang ingin dijalankan. Jenis bisnis sangat banyak, contohnya bisnis coffee shop. Ini dia persiapan apa saja yang harus Anda lakukan saat ingin mendirikan sebuah bisnis coffee shop.

1. Membuat Rencana Bisnis

bisnis-coffee-shop-01-merencanakan-bisnis

Dalam membangun sebuah bisnis yang harus dilakukan adalah membuat rencana bisnis. Terutama jika Anda ingin membangun bisnis coffee shop, yang harus dilakukan adalah membuat rencana. Dalam hal ini, Anda diharuskan berpikir jangka panjang mengenai bisnis tersebut. Misalnya berpikir bagaimana caranya bisnis tersebut dapat mencapai target, hingga tindakan apa yang akan diambil jika bisnis tidak sesuai rencana. Semua itu harus Anda pikirkan matang-matang dalam sebuah pola rencana bisnis.

Baca juga : 7 Ide Kemasan Produk Unik yang Dapat Menarik Calon Pembeli. Patut Dicoba Calon Pebisnis…

2. Merencanakan Modal Usaha

bisnis-coffee-shop-02-modal-usaha

Tidak dapat dipungkiri, modal memang menjadi hal yang utama untuk membangun sebuah bisnis, terutama bisnis coffee shop. Dengan mengetahui jumlah modal yang dimiliki, Anda dapat memiliki gambaran mengenai bagaimana keadaan bisnis yang akan didirikan. Selain itu modal tersebut dapat digunakan sebagai pondasi yang mendasari segala arus kas bisnis, untuk mendukung kelancaran bisnis.

3. Membuat Konsep Bisnis

bisnis-coffee-shop-03-membuat-konsep-bisnis

Semua orang yang akan menjalani bisnis, harus melakukan tindakan dengan membuat konsep bisnis. Ini merupakan hal yang terpenting, sebelum Anda memutuskan untuk melanjutkan bisnis tersebut. Hal ini berlaku untuk Anda yang ingin membangun bisnis coffee shop. Coffee shop yang baik adalah jika didirikan dengan sebuah konsep yang rapi dan memikat. Konsep itu mencakup berbagai aspek yang luas, tidak hanya seputar desain interior atau eksterior ruangan semata, melainkan presentasi makanan, tata cara pelayanan, seragam crew, furniture ruangan, maupun desain buku menu.

4. Menentukan Lokasi Bisnis

bisnis-coffee-shop-04-menentukan-lokasi

Setelah membuat konsep, yang harus dilakukan setelahnya adalah menentukan lokasi bisnis. Jika Anda ingin membuat bisnis coffee shop yang harus dilakukan adalah mencari lokasi yang strategis. Lokasi strategis adalah lokasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat. Semakin strategis lokasi usaha, maka semakin besar keuntungan yang akan diperoleh pada tiap periodenya. Hal ini karena semakin banyak masyarakat yang mengetahui usaha Anda dan tertarik untuk mencoba hal yang dijual.

Oleh karena itu, pilihlah lokasi yang dilewati oleh banyak orang, misalnya di pinggir jalan. Anda tidak harus menyewa gedung yang besar, cukup menyewa gedung yang sederhana namun tetap bisa membuat pelanggan merasa nyaman berlama-lama di coffee shop Anda.

5. Merancang Logo

bisnis-coffee-shop-05-merancang-logo

Jika lokasi sudah ditemukan yang strategis, langkah selanjutnya adalah merancang logo. Buatlah logo bisnis yang menarik dan memiliki ciri khas tersendiri, sehingga melalui logo dapat membranding sebuah merek. Oleh karena itu merancang sebuah logo diperlukan keseriusan. Aneka garis dan warna memiliki artinya masing-masing, sehingga dalam membuat logo tidak boleh sembarangan. Sebab logo adalah identitas dari bisnis, terutama jika Anda membangun bisnis coffee shop. Sebaiknya gunakanlah logo yang jelas dan memiliki informasi.

6. Merancang Menu

bisnis-coffee-shop-06-merancang-menu

Anda juga dapat merancang menu untuk dijadikan sebagai pelengkap dalam membangun bisnis coffee shop. Buatlah macam-macam menu kopi dalam buku menu. Cobalah Anda membuat nama menu dengan sesuatu yang unik. Rasa penasaran akan sebuah rasa sangat sering membuat seseorang rela mengeluarkan uang untuk membayarnya. Selain itu, akan lebih baik jika Anda menjual makanan berat dan makanan ringan. Hal ini agar pelanggan merasa bahwa coffee shop Anda cukup untuk memenuhi keinginan para pelanggan.

Mungkin pelanggan Anda datang bersama rombongan dimana beberapa di antara mereka tidak menyukai kopi. Dengan menyediakan makanan dan minuman lain, mereka akan mengurungkan niat untuk mencari tempat nongkrong yang lain.

7. Mempersiapkan Perlengkapan Coffee Shop

bisnis-coffee-shop-07-mempersiapkan-perlengkapan-bisnis

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan perlengkapan untuk mendukung bisnis. Misalnya, seperti mesin kopi, bahan baku kopi, gelas, dan perlengkapan lainnya. Bahkan Anda dapat memilih perlengkapan yang multifungsi sehingga bisa lebih menghemat ruang. Selain menghemat ruang, Anda tentu juga bisa menghemat biaya pembelian perlengkapan. Jangan sampai ada perlengkapan penting yang tidak terpenuhi, sekalipun itu sesederhana gantungan alat masak.

8. Mengurus Perizinan

bisnis-coffee-shop-08-mengurus-perizinan

Ini harus diutamakan sebelum membangun atau membuka bisnis. Bagi Anda para pebisnis, sebaiknya cobalah mengurus perizinan jika ingin menjalankan bisnis dengan lancar dan tenang. Dengan begitu, akan dapat menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Misalnya, bisnis Anda diberhentikan secara mendadak saat sedang berkembang, hanya karena tidak memiliki izin. Itu merupakan hal yang sangat merugikan.

Baca juga : Brosur Bisnis Harus Mengandung Apa Saja di Dalamnya? 10 Tips Ini akan Membantu Anda!

9. Melakukan Pemasaran

bisnis-coffee-shop-09-pemasaran

Promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara dan pada segala bidang. Anda dapat melakukan kegiatan promosi dengan melalui sosial media seperti Facebook, Youtube, dan Instagram. Bisa juga melalui poster, flyer, ataupun media luar ruang lainnya. Jika memiliki budget lebih, maka Anda dapat membuat event, atau menjadi sponsor acara tertentu. Apabila Anda ingin membuat perlengkapan promosi, dapat mencetaknya dengan cepat dan mudah di Uprint.id. Ragam jenis bahan, ukuran, serta desain dapat Anda gunakan.

Jika Anda ingin membangun bisnis coffee shop ada baiknya untuk mempelajari beberapa hal yang telah dijelaskan di atas. Semakin Anda mempelajari, maka akan lebih mantap dalam membangun sebuah bisnis.