Sertifikat merupakan tanda bukti bahwa Anda telah mengikuti beberapa acara. Bahkan ada beberapa kampus yang mewajibkan mahasiswa atau mahasiswi mengikuti acara dan mengumpulkan sertifikat untuk tiket skripsi. Ini membuktikan bahwa secara tidak langsung mahasiswa dan mahasiswi diwajibkan untuk beraktivitas dan mengembangkan diri mereka. Sebagai bukti, mereka wajib menerima sertifikat dari penyelenggara acara.

Tidak hanya untuk kegiatan kampus saja, melainkan beberapa perusahaan juga memberikan sertifikat. Terutama perusahaan besar yang dapat menerima tamu untuk melihat proses produksi sebuah produk dan kegiatan perusahaan lainnya. Agar lebih berkesan, perusahaan memberikan sertifikat untuk pengunjung. Sebelum membuat sertifikat, Anda perlu melakukan beberapa hal berikut.

1. Menentukan Desain

sertifikat-04

Sebelum mencetak sertifikat, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan desain. Pilih desain yang sesuai dengan acara, Anda dapat juga menambahkan logo perusahaan atau instansi pendidikan. Sehingga sertifikat tersebut resmi dikeluarkan dari pihak terkait.

Baca juga : Keuntungan Cetak Sertifikat Seminar Online di Uprint.id

2. Mempersiapkan Kalimat

sertifikat-03

Langkah selanjutnya adalah menentukan dan mempersiapkan kalimat untuk di sertifikat. Tuliskan tema acara, tanggal, serta nama penerima seperti Edward Sumarli yang diletakan pada bagian tengah antara header dan tulisan kegiatan di bagian bawah. Sehingga ini dapat menjadi bukti Anda telah mengikuti acara tersebut.

3. Memilih Jenis Kertas

sertifikat-02

Untuk mencetak sertifikat Anda harus memilih jenis kertas yang akan digunakan. Ada berbagai macam jenis kertas, Anda dapat bertanya kepada pihak percetakan untuk jenis kertas yang digunakan.

4. Menentukan Font

sertifikat-seminar-01

Seperti yang biasa diketahui, piagam atau surat keterangan institusi pasti menggunakan font yang menarik. Bahkan ada beberapa sertifikat atau piagam yang menggunakan jenis font unik untuk memperindah tulisan. Anda dapat memilih jenis font yang ingin digunakan terlebih dahulu. Sehingga saat ingin mencetaknya, Anda tidak perlu bingung lagi memilihnya.

Baca juga : Contoh Sertifikat Beserta Penjelasan yang Dapat Menjadi Referensi

5. Pilih Percetakan yang Tepat

contoh sertifikat 02

Saatnya pilih percetakan yang tepat. Menentukan percetakan juga harus hati-hati jika tidak ingin mendapatkan hasil yang kurang maksimal. Pilih percetakan yang sudah ahli dibidangnya, seperti Uprint.id. Anda hanya perlu memesannya secara online di website. Jika ingin mencetak dengan desain sendiri atau personalisasi, Anda dapat mengunggah desain di halaman yang telah tersedia.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencetak sertifikat itu, dapat Anda terapkan. Jangan lupa untuk menghubungi customer service jika ada beberapa hal yang membingungkan. Sehingga Anda sebagai konsumen akan dengan nyaman menanyakan segala sesuatunya. Hal ini untuk mencegah terjadinya kesalahan komunikasi yang berujung dengan hasil menjadi kurang memuaskan.