Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Kopi, merupakan minuman yang melekat dalam diri masyarakat dan selalu ada di kehidupan sehari-hari. Terutama di Indonesia, yang mayoritas penduduknya menyukai minuman yang satu ini. Bahkan setiap daerah memiliki jenis-jenis kopi yang berbeda, mulai dari rasa hingga tekstur. Untuk itu, tidak heran jika Indonesia dijuluki surganya kopi bagi sebagian orang. Selain kaya akan jenis kopi, Indonesia juga memiliki rempah-rempah yang berlimpah. Bahkan sebagian rempah-rempah ini memiliki khasiat dan akan dapat menambah cita rasa kopi itu sendiri.

Seperti berikut ini, Anda dapat menambahkan beberapa campuran bahan ini untuk meningkatkan rasa kopi menjadi lebih nikmat dan segar.

1. Jahe

cita-rasa-kopi-jahe

Biasana jahe dibuat untuk campuran susu. Namun, saat ini Anda dapat mencoba mencampurkannya dengan kopi. Rasa hangat yang dikeluarkan jahe akan lebih nikmat jika dicampur dengan kopi. Selain itu, rasa kopi juga menjadi agak sedikit pedas yang akan menghasilkan sensasi lain bagi penikmatnya. Aroma yang dihasilkan juga akan menghadirkan sesuatu berbeda.

Baca juga : Macam-macam Jenis Minuman Kopi yang Perlu Diketahui Sebelum Memesannya

2. Kapulaga

cita-rasa-kopi-kapulaga

Jenis rempah-rempah yang satu ini dikenal sebagai bumbu dapur. Namun, beberapa negara di Timur Tengah menjadikan kapulaga sebagai bahan campuran untuk kopi. Sebab, kapulaga dapat memberikan aroma serta rasa yang berbeda pada secangkir kopi. Jika Anda ingin merasakan kopi dengan sensasi berbeda, dapat mencobanya mencampur kapulaga di dalam minuman tersebut. Selain dapat menghasilkan aroma yang khas di dalam kopi, Anda juga dapat merasakan rasa manis yang dikeluarkan dari kapulaga ini. Bahkan, Anda juga mendapatkan keuntungan lainnya. Ternyata kapulaga memiliki khasiat untuk mengurangi gangguan pencernaan seperti asam lambung naik dan diare.

3. Minyak Peppermint

cita-rasa-kopi-minyak-peppermint

Jika selama ini minyak peppermint digunakan untuk aroma makanan atau dioleskan ke kulit, maka Anda dapat mencoba untuk dijadikan campuran kopi. Rasa dan aromanya yang sedikit pedas dapat menambah kesegaran tersendiri dalam minuman. Sensasi dingin juga ikut serta dalam secangkir kopi. Bahkan, peppermint yang terdapat dalam kopi juga dapat membantu melegakan sakit flu

4. Pala

cita-rasa-kopi-pala

Rempah yang satu ini ternyata selain dicampur dengan masakan, ternyata pala dapat membuat cita rasa kopi menjadi lebih nikmat. Aromanya yang harum dan menenangkan akan berpadu menjadi aroma manis dan unik saat ditambahkan pada secangkir kopi hangat. Jika ingin merasakan sensasi berbeda ketika meminum kopi, silakan Anda menaburkan beberapa biji kopi sesuai yang diinginkan.

5. Kakao

cita-rasa-kopi-kakao

Coklat dan kopi memang pasangan yang serasi. Paduan keduanya menjadikan kopi memiliki rasa yang elegan dan tentunya sedap. Keuntungan menambahkan kopi dengan coklat akan menjadikan minuman Anda bernutrisi. Campuran kakao yang sesuai takaran justru akan lebih menambah nikmat rasa minuman tersebut.

Baca juga : Ini Dia Manfaat Kopi Hitam Bagi Kesehatan, Ternyata Salah Satunya Memiliki Manfat Besar

6. Kunyit

cita-rasa-kopi-kunyit

Siapa sangka jenis rempah yang berwarna kuning ini dapat menambah cita rasa dalam kopi. Jenis rempah yang satu ini memiliki kandungan yang baik bagi tubuh, terutama kesehatan pencernaan dan liver. Untuk itu, Anda dapat mencoba dengan mencampurkan kunyit ke dalam minuman kopi tersebut.

Itulah beberapa bahan tambahan yang dapat membuat cita rasa kopi menjadi lebih berbeda. Anda dapat mencoba salah satu dari jenis bahan yang dapat dicampur dengan kopi. Pastikan Anda mencampurnya dengan takaran yang pas sehingga dapat menjadikan sebuah minuman berkhasiat.