Berbisnis memang sudah menjadi salah satu jalan untuk mendapatkan keuntungan. Dari zaman ke zaman banyak orang memutuskan untuk bekerja dengan diri sendiri, salah satunya adalah membuat bisnis atau usaha. Memang membangun bisnis sendiri merupakan peluang besar yang semakin banyak dilirik masyarakat, terutama anak-anak muda. Ada banyak alasan yang membuat mereka memutuskan untuk membangun usaha atau bisnis, alasan yang paling umum adalah ingin meningkatkan lapangan kerja bagi masyarakat. Terbukti ada beberapa pemuda yang sudah mulai mewujudkan alasan mereka dengan memberdayakan sumber daya alam manusia.

Pada saat pandemi seperti ini, ada banyak ide bisnis yang dapat dicoba. Jika kamu sedang memikirkan ide bisnis apa yang akan dilakukan, saat yang tepat untuk menyimak artikel ini.

1.      Makanan Menu Rumahan

Di saat pandemi ini dan terbatasnya gerak gerik untuk melakukan aktivitas layaknya biasa, kamu dapat mempermudah orang lain. Dengan cara menjual makanan rumahan secara online. Misalnya menjual makanan yang sudah dimasak namun dapat kembali dipanaskan setelah sampai di tangan pembeli. Secara langsung kamu telah membantu mempermudah dan menghemat waktu untuk memasak. Untuk jenis bisnis ini kamu memperlukan beberapa persiapan di antaranya adalah kemasan. Pilih jenis kemasan simpel yang sesuai dengan budget dan fungsinya. Kamu dapat melihat jenis-jenis kemasan makanan atau lainnya di Uprint.id tokopedia.

2.      Perlengkapan Pandemi

Di masa saat ini memang sangat sulit berinteraksi seperti semula. Namun jangan khawatir kamu dapat menjadi jembatan mereka yang membutuhkan perlengkapan di saat pandemi. Kamu dapat mengambil kesempatan ini dengan menjual berbagai perlengkapan seperti masker, tas untuk wadah tisu dan hand sanitizer atau satu set perlengkapan pandemi lengkap. Dengan begitu, masyarakat akan sangat terbantu. Kamu dapat menambahkan pouch kain yang muat untuk menempatkan semua perlengkapan itu dalam satu tempat. Jangan lupa untuk membuat pouch dengan desain unik serta logo atau slogan di bagian depannya. Kamu dapat mencetaknya di Uprint.id pilih jenis kemasan yang ingin digunakan dan buatlah secara custom dengan menampilkan logo dan slogan.

Baca juga : Alasan Menggunakan Thank You Card untuk Bisnis

3.      Set Perlengkapan Makan

Siapa sangka ternyata menjual set perlengkapan makan ini memiliki peluang yang besar di masa pandemi seperti sekarang. Biasanya satu set perlengkapan terdiri dari sendok, garpu, sedotan, sumpit, dan pisau, serta sikat pembersih sedotan. Ada banyak pilihan bahan yang dapat kamu gunakan. Seperti bahan stainless steel atau kayu, bahkan ada yang terbuat dari bahan kaca. Agar lebih aman kamu dapat menjual set perlengkapan makan ini dengan bahan kayu agar lebih berkesan natural atau alami. Kamu dapat membeli secara grosir di beberapa tempat yang menjualnya. Agar lebih menarik, kamu dapat menambahkan logo dan slogan dengan nama bisnis kamu. Namun sebelumnya, sudah harus mempersiapkan kemasan yang higienis dan mudah dicuci. Misalnya bahan spunbond yang mudah dicuci dan digunakan kembali.

4.      Bisnis Minuman

Meski ide bisnis ini terbilang umum, namun tidak ada salahnya untuk mencoba membuat bisnis dengan jenis minuman yang berbeda dari biasanya. Kamu dapat bereksperimen terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membuat minumannya. Misalnya ingin membuat bisnis minuman sehat non gula dan non bahan kimia. Kamu harus benar-benar mengkaji mencari ramuan atau resep yang tepat dan menghasilkan cita rasa berbeda. Dengan begitu kamu akan menjadi salah satu yang mengeluarkan jenis minuman sehat.

Baca juga : Macam-macam Jenis Stiker yang Tepat untuk Bisnis

5.      Fashion Konsultan

Jika kamu memiliki passion di bidang fashion dapat menggunakannya sebagai ide bisnis. Jenis bisnis seperti ini masih jarang ada di Indonesia. Pada awalnya kamu harus membuat satu contoh di media sosial tentang kamu dan bisnis yang akan kamu tawarkan kepada calon konsumen. Dengan begitu akan perlahan membuka kesempatan agar bisnis kamu berkembang di bidang yang sudah diinginkan.

Beberapa ide bisnis itu dapat kamu coba saat sekarang. Jangan sampai kesempatan terlewatkan, terutama di saat pandemi seperti ini. kamu harus banyak melihat peluang di sekitar.