Dunia digital, terlebih internet, kini telah memasuki semua lapisan kehidupan masyarakat, termasuk juga pada bidang bisnis. Para pebisnis memanfaatkan media ini untuk melakukan bisnis dengan klien maupun menjalin kerjasama dengan rekanan. Aplikasi yang sering digunakan dalam berbisnis misalnya Facebook, Twitter, Linkedin, Email dan beberapa aplikasi sejenis lainnya. Lalu bagaimana fungsi kartu nama di masyarkat sekarang dan apa pentingnya bagi bisnis.

cetak kartu nama

Kartu Nama - Sample 1

Tersedianya beragam aplikasi ini memunculkan sebuah pertanyaan di masyarakat: jadi masih perlukan mempunyai kartu nama di era digital seperti saat ini? Kebanyakan yang melontarkan pertanyaan ini menganggap bahwa era kartu nama sudah berakhir. Mereka yang masih mencetak kartu nama merupakan orang-orang kuno yang tidak bisa mengikuti perkembangan teknologi.

Era Kartu Nama Belum Mati

Kartu nama? Untuk apa? Itu adalah cara kuno! Sudah bukan zamannya lagi menggunakan kartu nama!

Pernyataan di atas adalah pemikiran dari beberapa pihak yang menganggap era dari sebuah kartu nama sudah (hampir) berakhir. Pemikiran tersebut seringkali muncul dari pebisnis-pebisnis muda yang hidup dalam era teknologi dan tidak menemukan keunikan dan kemampuan potensial dari kartu nama.

Kartu nama memang diperoleh dari pertukaran (biasanya dalam acara-acara bisnis). Pada titik inilah para pebisnis muda menganggap bahwa pertukaran kartu nama sangat menyita waktu. Padahal dengan menukar kartu nama tidak ada jaminan bahwa sebuah kerjasama akan dijalin untuk ke depannya.

kartu nama - sample 2

Pihak-pihak yang merasa bahwa era kartu nama berakhir salah besar. Data di lapangan menyebutkan bahwa masih banyak pebisnis yang mencetak kartu nama. Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat mencatat bahwa setiap tahunnya ada 10 miliar kartu nama dicetak. Tentu saja jumlah yang tercantum adalah jumlah yang tercatat di Amerika Serikat saja. Coba bayangkan berapa banyak kartu nama yang tercetak bila jumlahnya ditambah dari negara-negara di seluruh dunia, ada triliunan pasti.

Keuntungan Mencetak Kartu Nama

Walaupun tidak bisa disangkal bahwa teknologi memang membantu sebuah bisnis berjalan dan berkembang, tapi kartu nama itu masih dibutuhkan. Kartu nama itu tidak bisa digantikan, bahkan dengan teknologi sekalipun.

  1. Penyampai Informasi

Kartu nama sejatinya memang digunakan untuk memberikan informasi pribadi. Pebisnis umumnya menggunakan jenis kartu nama minimalis agar informasi di dalamnya dapat terbaca dengan jelas. Isi yang tertulis kebanyakan hanya berisi nama, jabatan di kantor, nomor telepon yang dapat dihubungi, email dan/atau alamat situs.

kartu nama - sample 3

Informasi yang tertulis pada satu tempat ini dapat memudahkan para pebisnis bila suatu saat membutuhkan jasa dan barang dari pemilik kartu nama. Mencetak kartu nama juga lebih memudahkan daripada harus mengetik di ponsel pintar dahulu berapa nomor telepon rekanan.

  1. Memberi Kesan Profesional

Kebanyakan kartu nama didapatkan dari pertukaran setelah berbincang-bincang dalam beberapa waktu dengan seseorang. Saat melakukan pertukaran inilah bukan hanya informasi yang Anda tukarkan, tapi juga kesan yang Anda berikan kepada pebisnis lainnya.

kartu nama - sample 4

Saling bertukar kartu nama akan menunjukkan betapa Anda sangat serius menjalankan sebuah usaha. Selain itu, Anda juga menghormati setiap klien dan rekanan kerja. Anda pun juga menunjukkan bahwa filosofi dan nilai-nilai bisnis sangat dijunjung tinggi pada perusahaan yang Anda kelola. Kesan-kesan intrinsik itulah yang menjadikan Anda terlihat profesional di mata para pebisnis lainnya.

  1. Simbol Kekuatan

Kartu nama itu unik, ukurannya kecil tapi potensi di dalamnya sangat luar biasa. Informasi pebisnis maupun usahanya dapat tersebar dengan mudah. Selain itu, pebisnis yang membawa pulang kartu nama dari klien maupun rekanan akan memiliki daya ingat yang lebih baik daripada hanya bertukar informasi melalui ponsel pintar.

  1. Tidak Terbatas Kuota/Jaringan/Daya

Kelemahan dari sebuah teknologi adalah sangat rentan terhadap situasi seperti baterai telepon genggam mati atau tidak ada jaringan internet. Jika hal itu terjadi, ucapkan selamat tinggal pada teknologi. Kedua aspek yang disebutkan memang sangat penting untuk memperlancar bisnis. Apabila pebisnis sedang menghadapi situasi ini tentu saja dia akan kebingungan.

Apalagi jika pada saat itu juga dia perlu menghubungi seorang rekanan untuk meminta tambahan bahan baku sedangkan semua data mengenai rekanan yang dia miliki tersimpan rapi di penyimpanan online (cloud storage). Kemungkinan terburuknya adalah dia bakal kelabakan dan menderita kerugian materil yang pasti cukup besar.

Pada saat inilah kartu nama akan menunjukkan kemampuannya. Tidak perlu ada jaringan internet, seorang klien bisa dihubungi melalui nomor telepon yang sudah tercetak pada kartu nama.

KARTU NAMA DAN DUNIA DIGITAL

Kartu nama itu punya keunikan tersendiri, jadi sebagai pebisnis, membuat kartu nama sangat dianjurkan. Lagipula sesi pertukaran yang dianggap kuno sangat berguna untuk mengetahui lebih dalam mengenai karakteristik dari klien dan rekanan Anda.

kartu nama - sample 5

Karena itulah sebuah kartu nama masih perlu Anda miliki, jika Anda memutuskan sebagai pengusaha yang melek teknologi. Bukankah lebih baik hidup berdampingan dengan cara tradisional bertukar kartu nama dan dunia digital untuk mencegah kendala-kendala muncul pada saat yang tak diinginkan?

Sebagai kesimpulan, kartu nama itu masih belum tergantikan oleh teknologi. Kartu nama masih akan terus digunakan oleh pebisnis-pebisnis profesional di luar sana.

Produk Uprint.id : Untuk pricelist harga dan 400 ++ template desain dapat Anda dapatkan di link iniĀ Cetak kartu nama

cetak kartu nama