Masker double akhir-akhir ini digaungkan di kalangan masyarakat karena adanya lonjakan kasus covid-19 yang tidak kunjung selesai. Terutama pada saat adanya varian baru yang mulai menyebar di seluruh negara termasuk Indonesia. Bagaimana cara menggunakan masker double dan kenapa harus double? Simak ulasan singkat berikut.

1.      Memiliki Efektivitas untuk Menangkal Virus

Menggunakan masker double ternyata memiliki banyak manfaat untuk menangkal virus di area sekitar. Ingat penggunaan masker bukan untuk mempersulit kalian dalam bernapas, tapi melainkan untuk menjaga dan mencegah penularan virus kepada orang sekitar. Dalam sebuah penelitian jika seseorang sudah menggunakan masker bedah dapat menangkal virus hingga 84,3%. Namun masker bedah ini memiliki beberapa rongga di bagian atas hidung dan area sekitar pipi yang memudahkan droplet masuk ke dalam masker. Sehingga diperlukan penambahan dengan menggunakan masker kain yang mudah diatur kekencangannya dan cenderung lebih rapat. Dengan begitu keefektifan masker double antara masker medis dan kain menjadi 96.4%.

Baca juga : Inspirasi Small Business yang Menguntungkan

2.      Gunakanlah dengan Cara yang Benar

Bagaimana cara menggunakan masker double? Berikut ini beberapa cara menggunakan masker double untuk jenis masker medis dan masker kain.

  • Gunakan masker bedah atau masker medis si lapisan pertama
  • Memastikan kawat tipis pada masker medis ditekan ke arah wajah mengikuti bentuk hidung.
  • Lapisi masker medis dengan masker kain yang memiliki tiga lapisan kain. Pakailah masker kain yang ukurannya pas.
  • Pastikan karet atau tali masker kain terikat sempurna di bagian belakang telinga atau belakang kepala.
  • Memastikan kembali apakah masih ada udara di sekitar masker. Caranya dengan menghembuskan napas saat menggunakan masker. Jika masih terasa udara sebaiknya diperbaiki posisi penggunaan maskernya.
  • Pastikan Anda bernapas dengan nyaman tanpa adanya gangguan seperti pusing atau berkunang-kunang selama menggunakan masker double.

Beberapa cara tersebut dapat Anda gunakan saat-saat seperti sekarang ini, di mana lonjakan covid-19 terus meningkat dari hari ke hari. Terutama Anda yang bekerja di luar rumah dan menggunakan transportasi umum setiap hari.

Seperti penggunaan masker medis pada umumnya, setelah digunakan masker harus segera dibuang dan tidak boleh digunakan kembali. Berbeda dengan masker kain yang dapat digunakan kembali dengan cara mencucinya terlebih dahulu sebelum digunakan. Ada jenis masker medis yang tidak perlu ditambah dengan masker kain, yaitu jenis masker medis KN95. Masker tipe KN 95 memiliki kemampuan menyaring udara dengan sangat baik sehingga tidak perlu menambahkannya dengan masker lainnya, termasuk masker kain. Penggunaan masker double juga tidak disarankan untuk anak-anak, karena mereka akan kesulitan dalam bernapas.

Baca juga : Macam-macam Kemasan dan Perlengkapan untuk Memulai Bisnis

Pemilihan masker kain juga harus diperhatikan. Pilih jenis masker kain yang memiliki bahan katun sehingga dapat menyerap keringat dengan baik dan mencegah terjadinya iritasi atau jerawat pada bagian wajah. Terutama pada bagian yang tertutup masker dengan waktu yang lama. Setelah itu, usai menggunakan masker kain ada baiknya untuk langsung mencuci masker kain yang telah digunakan. Hal itu untuk membantu mencegah penyebaran virus di area rumah. Sangat disarankan untuk segera mencucinya setelah penggunaan dari luar. Oleh sebab itu, memiliki masker kain cadangan sangat disarankan, untuk menggunakannya secara bergantian setiap harinya. Karena untuk menghindari droplet-droplet yang menempel pada kain dapat segera dicuci dan bersih. Sehingga Anda dapat menggunakannya kembali di lain hari tanpa harus khawatir dengan kebersihan dari masker kain tersebut.