Manfaat buah pir yang umum diketahui adalah sebagai pereda panas dalam, sembelit, dan demam. Namun ternyata manfaat buah pir lebih dari sekedar itu, membantu untuk menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh dan membantu mengobati sembelit. Antioksidan dan serat di dalamnya juga menjadikan pir sebagai buah yang luar biasa untuk mengobati berbagai masalah kulit rambut. Selain manfaat tersebut, ternyata buah pir juga dapat digunakan untuk perawatan tubuh. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Pelembab Wajah

Siapa sangka, ternyata manfaat buah pir sebagai pelembab ini mampu bertindak seperti kondisioner dapat membuat rambut lembab. Tidak hanya rambut saja, buah pir dapat membantu melembabkan kulit wajah dan tubuh. Anda cukup melakukan beberapa hal ini, tumbuk atau parut buah pir hingga halus kemudian gunakanlah sebagai masker. Gunakan masker ini sekali dalam seminggu agar memiliki hasil maksimal. Selain itu, imbangi dengan konsumsi sayur-sayuran.

Baca juga : Cetak Kemasan Perlengkapan Kecantikan di Uprint.id!

2. Scrub Alami

Manfaat buah pir lainnya adalah, dapat dijadikan sebagai scrub alami. Enzim alami yang hadir di dalamnya dapat menutrisi kulit dan efektif menghilangkan sel-sel kulit mati. Gunakan pir yang sudah ditumbuk halus sebagai scrub. Ini akan menghapus sel-sel kulit mati dan membuat kulit lebih bernapas. Cobalah melakukan scrubbing sebelum menggunakan masker wajah dari buah pir. Tekstur buahnya yang agak kesat dan kasar mampu menghilangkan sel-sel kulit yang sudah tua atau mati.

3. Mencegah Keriput

Mengenai masalah keriputan pada wajah, memang tidak dapat dihindari. Seiring bertambahnya usia, kulit akan mengalami fase keriput pada bagian-bagian tertentu terutama wajah. Itu disebabkan karena adanya hormon yang mulai berubah. Anda dapat menggunakan manfaat buah pir sebagai perawatan luar. Dengan rutin mengkonsumsi buah pir, Anda sudah melakukan pencegahan dalam penuaan dini. Buah pir yang kaya akan antioksidan dan vitamin K yang menyebabkan terjadinya penuaan dini. Sebab, unsur-unsur ini dapat melawan radikal bebas, untuk menjaga keriput dan garis-garis halus pada bagian wajah.

4. Mengurangi Rambut Kering

manfaat-buah-pir-06-mengatasi-rambut-kering

Rambut kering biasanya terjadi karena banyak efek kimia yang dilakukan, seperti melakukan penguapan rambut atau mengeringkan rambut dengan hair dryer. Jika ini dilakukan secara rutin, maka akan merusak kelembaban pada rambut. Apabila, saat ini kondisi rambut Anda sudah kering cobalah menggunakan manfaat buah pir untuk mengurangi rambut kering. Cobalah memarut buah pir kemudian dioleskan ke bagian kepala termasuk kulit kepala hingga ujung rambut. Kandungan vitamin C dan nutrisi baik pada buah pir dapat melembabkan rambut mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut.

Baca juga : Pentingnya Minum Air Putih di Pagi Hari. Yuk Biasakan Jika Ingin Sehat!

5. Pembersih Rambut

manfaat-buah-pir-07

Manfaat buah pir kali ini sebagai pembersih rambut. Anda dapat menggunakan parutan buah pir yang dicampur dengan cuka dan air, kemudian jadikan sebuah masker rambut. Diamkan selama 25 sampai 30 menit. Lakukan secara berkala setiap minggu. Buah ini juga dapat menambahkan tekstur alami dan kemilau pada rambut kusam dan rambut lepek. Cocok juga untuk kulit kepala yang memiliki tekstur kering, sehingga menyebabkan ketombe.

Itulah beberapa manfaat buah pir yang dapat Anda coba sebagai vitamin kecantikan dan kesehatan. Tidak hanya untuk kulit wajah saja, melainkan untuk kesehatan organ dalam seperti usus serta lambung. Sebab, dengan rajin mengkonsumsi buah pir atau buah lainnya, Anda akan terbebas dari sembelit. Jika Anda tidak dapat mengkonsumsi buah secara langsung dapat mencoba dengan dijadikan sebuah minuman.