Komunikasi efektif memang sangat dibutuhkan untuk membangun sebuah hubungan yang harmonis. Baik itu terhadap pasangan maupun anak-anak. Bagi sebagian orang tua, membangun komunikasi efektif merupakan hal yang sulit. Akan ada banyak faktor yang mempersulit mereka. Seperti keterbatasan waktu dengan anak, dan lain sebagainya. Hal ini juga berlaku bagi para orang tua yang bekerja di luar rumah. Nah komunikasi efektif ini memiliki banyak manfaat. Seperti penjelasan berikut ini mengenai manfaat komunikasi efektif.

1. Anak Lebih Mendengarkan Orang Tua

manfaat-komunikasi-efektif-anak-lebih-mendengarkan-orang-tua

Manfaat komunikasi efektif yang pertama bagi orang tua dan anak adalah sama-sama dapat memahami pembahasan. Saat orang tua berbicara dengan anak menyampaikan pesan, maka anak dapat menangkap pesan lebih jelas. Sehingga mudah dipahami. Ini akan bermanfaat bagi keduanya. Selain itu, manfaat komunikasi efektif lainnya adalah anak akan lebih merasa nyaman dan dekat dengan orang tua.

Baca juga : Orang Tua Bercerai Tak Berarti Hidupmu Hancur, Belajarlah dari 3 Anak Artis Ini!

2. Menumbuhkan Harga Diri Anak

manfaat-komunikasi-efektif-menumbuhkan-harga-diri-anak

Secara tidak langsung saat Anda berbicara dengan anak sambil sejajar akan menumbuhkan harga diri anak secara tidak langsung. Dengan menggunakan komunikasi efektif, akan lebih bermanfaat. Dengan berada sejajar dan saling menatap, maka anak akan menyimpulkan bahwa bapak dan ibu selalu ada untuk dirinya. Bahkan orang tua dapat menyimak apa yang dikeluhkan si anak. Dengan begitu Anda dapat juga memancing obrolan dengan memulai pembahasan terlebih dahulu. Seperti “kamu pasti kecewa ya tidak mendapatkan permen?”. Ketika pertanyaan itu Anda mulai, maka si kecil pun terpancing untuk bercerita lebih lanjut dengan Anda.

3. Memberikan Informasi kepada orang tua

manfaat-komunikasi-efektif-memberikan-informasi-kepada-orang-tua

Dengan Anda berada sejajar maka akan mendapat beberapa informasi terkait yang dilihat oleh anak. Misalnya, sesuatu yang membuat anak itu takut dan merasa terancam, cobalah berdiri sejajar dengan dirinya, dan Anda akan mendapatkan masalahnya. Jika Anda dan anak terbiasa menggunakan komunikasi efektif, maka akan dengan mudah memahami apa yang dialami dan dirasakan si kecil.

4. Fokus Pada Anak

manfaat-komunikasi-efektif-anak-fokus-pada-anak

Manfaat komunikasi efektif ini juga dapat menjadi titik fokus antara Anda terhadap anak. Gunakan komunikasi secara langsung, detail, serta mudah dipahami. Sebab anak-anak belum begitu paham dengan beberapa hal. Tugas tambahan lainnya adalah memberitahukan kepada anak-anak mengenai informasinya. Dengan menggunakan komunikasi efektif, Anda jadi lebih fokus kepada anak. Apakah anak mengerti atau tidak dengan pesan yang disampaikan.

Baca juga : 6 Tips Mudah Menjalin Hubungan Baik dengan Orang Tua

5. Pesan Tersampaikan

manfaat-komunikasi-efektif-pesan-tersampaikan

Manfaat komunikasi lainnya adalah pesan tersampaikan. Agar pesan dapat tersampaikan dengan baik, yang harus dilakukan adalah menggunakan metode komunikasi efektif. Buatlah  susunan kalimat yang mudah dipahami secara langsung. Terutama dapat dipahami oleh anak-anak. Hal ini akan memudahkan orang tua berbicara dengan anak-anak secara langsung.

Itulah beberapa manfaat komunikasi efektif yang perlu diketahui agar anak dapat menerima pesan dengan baik. Pastikan Anda selalu menghargai dan merespon apapun yang dikatakan si kecil terhadap sesuatu hal.