Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Air kelapa ternyata sangat disarankan untuk dikonsumsi selama berpuasa. Kesegaran air kelapa, mampu menghilangkan rasa dahaga setelah seharian berpuasa. Maka tidak heran, jika banyak orang yang lebih memilih mengkonsumsi air kelapa saat berbuka puasa bahkan saat sahur tiba. Berikut ini manfaat minum air kelapa saat dikonsumsi selama berpuasa.

1. Memiliki Ragam Nutrisi yang Baik untuk Tubuh

manfaat-air-kelapa-memiliki-ragam-nutrisi

Banyaknya nutrisi yang terdapat dalam air kelapa yang bermanfaat buat tubuh. Air kelapa mengandung karbohidrat yang meliputi glukosa, sorbitol, sukrosa, fruktosa serta mengandung unsur-unsur mineral seperti kalsium, potasium, magnesium, sulfur, fosfor, cuprum, natrium dan masih banyak lagi. Ada pula vitamin B kompleks, vitamin C, asam folat, riboflavin, thiamin dan niasin yang juga ditemukan dalam komposisi air kelapa yang sifatnya antivirus dan antibakteri.

Baca juga : Makanan dan Minuman Khas Ramadhan yang Selalu Tersedia Saat Bulan Puasa Tiba

2. Menurunkan Berat Badan

Air kelapa murni memiliki kadar gula serta kandungan lemak dan kalori yang relatif rendah. Selain itu, manfaat air kelapa juga mengandung serat dan dapat mengontrol rasa lapar. Oleh sebab itu, air kelapa bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Cocok juga bagi Anda yang ingin menjalankan program diet. Cobalah untuk mengkonsumsi air kelapa murni selama menjalani program diet. Jangan lupa juga untuk mengimbangi pola makan dan menu makanan yang sehat dan bervitamin.

3. Menyembuhkan Sakit Kepala

manfaat-air-kelapa-menyembuhkan-sakit-kepala

Pusing atau sakit kepala, biasanya sering terjadi saat berpuasa. Hal ini disebabkan karena asupan cairan dan oksigen di otak sedikit berkurang. Selain itu, ada juga penyebab lainnya seperti anemia, terlalu lapar, dan dehidrasi. Agar sakit kepala reda, Anda dapat mengkonsumsi dan merasakan manfaat air kelapa untuk menyembuhkannya dan mengisi cairan kepala kembali. Ketika kepala sudah memenuhi kadar cairan dan oksigen yang dibutuhkan, maka rasa nyeri di kepala akan berangsur-angsur berkurang dan menghilang.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

manfaat-air-kelapa-meningkatkan-sistem-kekebalan-tubuh

Saat berpuasa dituntut untuk membatasi berbagai makanan dan minuman. Dengan begitu, ada beberapa asupan untuk tubuh yang kurang dan akan membuat badan lemas. Maka tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi air kelapa untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga, saat seharian berpuasa, tubuh tidak akan terasa lemas dan kemungkinan sakit agak sedikit kecil. Hal tersebut disebabkan karena air kelapa banyak mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin B, tiamin, vitamin C, riboflavin, asam folat dan niasin yang sangat baik untuk proses metabolisme dan berperan penting melawan bakteri serta virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh.

Baca juga : 6 Cara Cerdas Berhemat di Bulan Puasa Di Saat Banyak Acara Buka Bersama

5. Dapat Mencegah Dehidrasi

manfaat-air-kelapa-mengurangi-dehidrasi

Karena seharian berpuasa tidak minum seharian akan membuat tubuh lemas akibat dehidrasi. Dengan mengkonsumsi air kelapa, maka akan dapat menghilangkan dehidrasi. Sebab, air kelapa mengandung elektrolit dalam air kelapa yang dipercaya dapat menghidrasi tubuh secara alami. Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan potasium yang dapat menekan air dalam sel dan darah sehingga ampuh untuk mengatasi dehidrasi dan memulihkan energi tubuh selama berpuasa.

Itulah beberapa manfaat air kelapa yang dapat dikonsumsi selama berpuasa. Selain menyehatkan, kandungan vitamin yang terdapat dalam buah kelapa juga bisa menjadi amunisi selama Anda berpuasa.