Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Meski kita tahu bahwa dunia kini semakin berkembang dan digitalisasi di semua bidang semakin terasa, namun bukan berarti pemasaran cetak sudah tidak lagi dibutuhkan. Pemasaran online memang telah berkembang pesat selama dekade terakhir, banyak yang percaya bahwa memasarkan produk secara online jauh lebih menguntungkan. Selain karena modalnya lebih sedikit, pemasaran online bisa mengundang pembeli lebih banyak. Benarkah pemasaran cetak sudah tak lagi dibutuhkan di dunia yang serba digital seperti sekarang? Jangan dijawab dulu sebelum Anda membaca 7 alasan mengapa Anda tetap harus memanfaatkan pemasaran cetak untuk promosi produk Anda di bawah ini.

1. Pemasaran Cetak dan Jangka Waktu yang Lebih Lama

Banyak orang yang tertarik untuk menunjukkan kekurangan media cetak tradisional atas media pemasaran online, baik dari segi konten dan pengiriman. Sayangnya, orang-orang ini lupa bahwa sebenarnya dibandingkan media cetak tradisional, media pemasaran online juga memiliki kekurangan. Memang pemasaran online sangat efisien dalam mengukur hasil dan pengembalian investasi dengan cepat. Namun di satu sisi pemasaran cetak juga dapat mengukur pengembalian investasi dalam jangka waktu yang lebih lama. Hal tersebut merupakan perbedaan yang paling mendasar antara pemasaran online dan cetak.

Baca juga: Ingin Event Anda Booming? Lakukan 7 Tips Cetak Flyer Ini!

2. Pemasaran Cetak Menyasar Target yang Lebih Spesifik

Pemasaran cetak adalah media corong teratas yang sangat berharga dalam membangun kesadaran dan kelayakan merek, serta kredibilitas di pasar. Keuntungan utama pemasaran cetak yaitu target audiens yang dituju cukup spesifik, sesuai dengan minat dan preferensi tertentu. Pemasaran online di Facebook atau Google memang telah bisa menargetkan audiens berdasarkan perilaku pelanggan, misal menargetkan audiens berdasarkan situs yang mereka kunjungi, apa yang mereka cari di Google, dan sebagainya.

Namun bukan berarti prediksi Google dan Facebook sangat tepat, tidak semua penargetan online sesuai prediksi. Sedangkan pemasaran cetak justru bisa menyasar audiens dengan lebih cepat. Misal Anda memilki toko bibit bunga, cukup sisipkan selebaran pada majalah yang membahas tentang kebun dan perawatan rumah. Dijamin tidak akan salah sasaran, karena pembeli dan pembaca majalah bertema tersebut bisa dipastikan menyukai semua hal tentang bunga dan perawatan tanaman.

Jika Anda membuka kelas senam, memasang poster di beberapa pelayanan kesehatan bisa jadi membantu promosi kelas tersebut. Orang-orang yang berlalu lalang di pusat pelayanan kesehatan bisa jadi adalah orang-orang yang merasa membutuhkan kelas tersebut untuk mendukung kebugaran dan kesehatan mereka.

3. Pemasaran Cetak Memperkuat Branding

memanfaatkan pemasaran cetak brosur

 

 

 

 

 

 

Pemasaran cetak sangat penting dalam membangun dan memperkuat identitas merek Anda. Oleh karenanya memanfaatkan pemasaran cetak sama saja dengan sebuah investasi jangka panjang. Jika pemasaran online bertujuan untuk menarik pembeli dalam jangka waktu cepat, biasanya ditujukan pada orang-orang yang sudah mencari untuk membeli sesuatu yang spesifik, atau orang-orang yang telah mengunjungi situs web Anda atau situs web serupa sebelumnya.

Sedangkan pemasaran cetak menawarkan Anda kemungkinan untuk menargetkan profil orang yang lebih spesifik dan keterlibatan kecenderungan yang lebih tinggi. Pemasaran cetak juga mewakili lebih dari pengalaman indrawi, dengan dapat merasakan dan mencium kertas, tidak sekedar hanya melihat iklan online . Pemasaran cetak juga membuat orang cenderung lebih mengingat iklan Anda dan merek Anda. Selain itu, bagi sebagian besar orang masih menyenangkan untuk membaca sesuatu di atas kertas daripada di layar, termasuk sebuah promo produk.

Baca juga: Cetak Poster di Uprint.id, Ini 4 Alasannya!

4. Pemasaran Cetak Menguji Kreativitas Anda

Meskipun iklan online, terutama iklan bergambar online dianggap oleh banyak orang sebagai iklan teks yang sangat spam dan mengganggu. Namun iklan online terbukti telah mampu membuat orang-orang membaca dan mempelajarinya jika dirancang dengan tepat. Sedangkan iklan dalam versi cetak sering dianggap membosankan. Padahal sebenarnya iklan cetak bisa sangat menyenangkan jika Anda mampu mengolah kreativitas sebaik mungkin. Karena alasan membosankan itulah, iklan cetak jarang digunakan belakangan ini. Jika Anda mampu membuat sebuah iklan cetak yang orisinal dan kreatif, produk Anda akan menonjol dan lebih diingat.

5. Pemasaran Cetak Mendukung Pemasaran Online

memanfaatkan pemasaran cetak di uprint

Banyak kritik yang diarahkan ketika memanfaatkan pemasaran cetak terutama tentang kesulitan mengukur pengembalian investasi dengan media promosi ceta dibandingkan media online. Meskipun memang benar bahwa mungkin rumit untuk mengukur secara akurat dampak iklan cetak pada elemen jangka panjang seperti citra merek, ingatan merek, dan loyalitas merek, beberapa alat sederhana dapat digunakan untuk mengukur secara langsung efisiensi cetak iklan dalam hal akuisisi pelanggan dan nilai umur pelanggan.

Untuk mencapainya, Anda bisa mengintegrasikan kode QR dalam cetakan Anda yang mengarahkan orang-orang ke URL spesifik tertentu. Proses ini disebut UTM-tagging atau situs khusus yang disiapkan khusus untuk melacak kinerja saluran ini. Selain itu, Anda dapat menyertakan hashtag, akun media sosial Anda pada hasil cetak Anda untuk menciptakan sinergi dengan kehadiran media sosial Anda.

Jika iklan tradisional Anda cukup menarik, orang sangat mungkin mengunjungi halaman media sosial Anda dan terlibat dengannya. Dikatakan bahwa menggabungkan pemasaran cetak dan pemasaran online menghasilkan tingkat investasi tertinggi untuk bisnis. Itulah mengapa sebagian besar perusahaan masih bergantung pada pemasaran cetak di samping pemasaran online.

6. Pemasaran Cetak Ramah di Mata

memanfaatkan pemasaran cetak katalog

Bagi Anda yang mengelola toko online atau e-commerce, memanfaatkan pemasaran cetak sangat penting dan masih membawa banyak manfaat. Kita bisa lihat di beberapa toko online, mereka masih mebuat brosur / katalog dalam bentuk cetak. Katalog mewakili media yang nyaman dan menarik bagi orang-orang untuk menelusuri penawaran perusahaan, dan menandai apa yang mereka minati, sebelum memesannya secara online.

Membaca katalog dalam versi cetak jauh lebih menyenangkan dan lebih baik di mata dibandingkan katalog online. Bandingkan rasanya menghabiskan 30 menit menelusuri katalog cetak terbaru sebuah kosmetik dengan menelusuri katalog online di situs official-nya. Anda pasti sudah tidak betah berlama-lama sampai 30 menit, kalaupun betah, dijamin mata Anda akan memerah dan mulai mengeluarkan air mata. Tentu saja tidak setiap perusahaan perlu membuat katalog 100 halaman untuk memamerkan semua produk yang dijualnya, Anda bisa saja mencetak katalog yang memuat gambaran tentang penjualan terbaik Anda. Bahkan Anda dapat menarik lebih banyak orang berkunjung ke situs web Anda setelah mereka berhasil ditaklukkan oleh katalog cetak Anda yang menarik.

Baca juga: Ada 3 Strategi Pemasaran Tradisional yang Tak Boleh Anda Lewatkan, Apa Saja?

7. Pemasaran Cetak dengan Hasil Terbaik

memanfaatkan pemasaran cetak newsletter

Pada akhirnya, terserah Anda masing-masing bagaimanakah strategi pemasaran yang Anda suka. Poin utama dari artikel ini adalah; jangan langsung menggelengkan kepala pada iklan versi cetak. Jika Anda memahami betapa masih ada banyak alasan mengapa kita harus memanfaatkan pemasaran cetak, Anda tidak akan langsung percaya kalau iklan cetak itu membosankan, tidak berguna, atau sulit untuk mengukur pengembalian investasi. Bahkan sebuah iklan cetak bisa jadi karya seni bernilai tinggi jika dicetak di tempat yang tepat.

Jangan lupa jika Anda memutuskan untuk tetap memanfaatkan pemasaran cetak secara maksimal dan memiliki rencana untuk mencetak beberapa selebaran, poster, atau apa pun jenisnya, pastikan Anda melakukannya hanya dengan Uprint.id!