Untuk membuat hidup lebih teratur, memang sangat penting bagi kita memiliki to do list harian. Sayangnya tidak jarang to do list yang kita buat tumpuk-menumpuk hingga kita kebingungan mana dulu yang harus dikerjakan. Sebelum mengeluh, tengok dulu 5 cara ini. Tim Uprint.id akan membeberkan rahasia untuk mengefektifkan to do list harianmu di sini.

Kami akan membagikan 5 rahasia penting untuk hidup yang lebih produktif, dari daftar skala prioritas hingga papan Kanban yang mewah. Teknik mengorganisasi aktivitas ini ideal untuk orang-orang kreatif yang suka menggunakan otak mereka dengan cara yang menarik. Apa kamu salah satunya?

1. Buat daftar prioritas dengan metode Ivy Lee

mengefektifkan to list ivy

Pakar manajemen waktu, James Clear, menyebut metode Ivy Lee sebagai alat untuk mencapai puncak produktivitas. Kami sendiri lebih senang menyebutnya sebagai teknik $ 400.000. Mengapa? Ivy Lee, orang yang menemukan metode ini, membagikan idenya ini kepada sekelompok eksekutif pada tahun 1918 dan memberi tahu mereka untuk membayar berapa pun yang mereka sanggup. Tiga bulan kemudian, dia mendapat cek sebesar $ 25.000 atau setara dengan $ 400.000 sekarang ini. Hmm, berapa itu ya kalau dikonversi ke rupiah?

Penasaran kan pasti ide apa yang dibagikan oleh Ivy Lee hingga bisa membuatnya mendulang banyak uang kala itu? Ini dia…

  • Tuliskan 6 hal terpenting yang harus kamu selesaikan besok.
  • Beri peringkat berdasarkan urutan kepentingannya.
  • Kerjakan item pertamamu sampai selesai. Kemudian, baru pindah ke yang berikutnya.
  • Ketika hari selesai, pindah item yang belum selesai dikerjakan ke daftar tugas baru untuk besok.
  • Ulangi terus hal yang sama setiap hari.

James Clear memiliki teori mengapa metode ini bekerja dengan luar biasa. Sebenarnya sangat sederhana, ide ini memaksamu untuk memprioritaskan tugas, dan memudahkanmu untuk melakukan tugas satu per satu.

Baca juga: Manfaat dan Fungsi Buku Agenda untuk Hidup Lebih Teratur

2. Percayalah pada kekuatan Bullet Journaling

mengefektifkan to do list bullet journaling

Metode Bullet Journaling telah menjadi sesuatu yang viral secara online saat pertama kali muncul di tahun 2015. Banyak yang meyakini bahwa Bullet Journaling adalah salah satu solusi produktivitas terbaik yang pernah ditemukan dan salah satu yang paling layak untuk mempercantik feed Instagram. Jutaan orang di seluruh dunia bersumpah bahwa ini adalah sistem yang paling fleksibel dan efisien untuk menyelesaikan sesuatu – dan mereka tidak salah, bukan?

Metode ini menggunakan tidak lebih dari pena, buku catatan, dan jika kamu seorang yang gila terhadap kerapian, maka kamu juga membutuhkan sebuah penggaris. Setiap halaman memiliki topik dan daftar bullet dengan rencana, acara, catatan dan ide. Kamu bisa membangun to do list kamu mulai dari segala hal yang menjadi prioritas bagi kamu, menandainya dengan berbagai jenis barang menggunakan simbol-simbol sederhana yang digambar tangan. Serta simbol standar yang disediakan oleh sistem, kamu dapat membuatnya sendiri, menjadikan bullet journaling kamu cantik dengan berbagai gambar atau polos. Sesuaikan dengan cita rasa dan karakter jiwa kamu.

Baca juga: Keajaiban Buku Agenda untuk Kesehatan Mental yang Belum Diketahui

Bullet Journal berfungsi baik sebagai perencana dan catatan aktivitas- misalnya, kamu dapat mencatat peristiwa masa depan seperti ulang tahun, atau mencatat sesuatu yang terjadi, misalnya, penjualan pertama kamu kepada pelanggan online.

mengefektifkan to list notebook

Sekarang, kami tahu apa yang kamu pikirkan – pasti kamu berpikir bahwa kamu harus mendapatkan buku catatan yang cantik dan kece untuk berlatih metode bullet journaling ini bukan? Jangan khawatir, kami telah menyediakan jawaban terbaik untukmu. Silakan berselancar pada pilihan buku catatan yang kami sediakan. Kami jamin ada satu yang cocok untukmu. Atau malah kamu akan kebingungan memilih desain yang paling bagus untukmu.

Buku catatan dari Uprint.id menawarkan banyak template untuk beberapa desain yang ready to buy. Dijual dari harga Rp. 28.000,-, kamu akan disuguhi buku catatan dengan cover menarik yang didesain khusus oleh tim kami. Ada banyak pilihan desain; shabby chic, klasik, feminin, maskulin, ceria, abstrak? Semua desain buku catatan yang kamu cari dijamin ada di kami. Kamu juga bisa memilih model kertas yang diinginkan, apakah polosan, bergaris atau titik-titik?

Bahkan jika kamu mau, kamu bisa mencetak desain buatanmu sendiri menjadi sebuah buku catatan yang menarik dengan sistem custom printing. Kami akan mewujudkan impianmu untuk memiliki buku catatan hasil olah pikirmu sendiri. Menarik bukan?

Baca juga: Butuh Alasan untuk Tetap Rajin Menulis Agenda Harian? Anda Perlu Tahu 8 Hal Ini!

3. Program To Do List dengan Metode Checklist

mengefektifkan to do list dengan checklist

Kehidupan modern penuh dengan tugas-tugas rumit yang seringkali membuat kita melakukan kesalahan yang tidak kita inginkan, mulai dari menyiapkan printer hingga memasak makanan yang berbeda untuk keluarga. Cukup memusingkan pastinya jika kita melakukan kesalahan di tengah padatnya aktivitas. Jika kamu termasuk orang yang mudah grogi dengan banyaknya to do list harian, kamu harus belajar dari seorang Dokter Bedah bernama Atal Guwande.

Beliau ini adalah seorang pria yang pekerjaannya tidak memungkinkan kesalahan sekecil apapun. Untuk bisa sukses dalam menjalani kehidupan yang rumit seperti dokter Atal, cobalah melakukan apa yang dia rekomendasikan, yaitu dengan menggunakan metode checklist untuk mengefektifkan to do list harian dengan usaha minimum. Kamu hanya perlu menuliskan aktivitas demi aktivitas yang harus dilakukan dalam hari itu. Setelah kamu selesai mengerjakannya, pastikan untuk memberikan centang di belakang daftar aktivitas tersebut. Dengan tanda centang itu, kamu dapat memastikan tidak ada kegiatan yang terlewatkan atau kegiatan yang dilakukan dengan salah, tanpa harus melibatkan otak yang lelah atau terbebani dengan mengingat apa saja yang perlu Anda lakukan.

Baca juga: Memanfaatkan Notebook untuk Hidup Lebih Teratur

4. Melacak kemajuan dengan metode Kanban

mengefektifkan to do list kanban

Papan Kanban yang mengesankan sebenarnya adalah ide yang sangat sederhana. Sebenarnya metode ini adalah sekumpulan kategori: aktivitas yang harus dilakukan, sedang dilakukan, dan sudah selesai dilakukan. Kamu bisa memulai dengan segala sesuatu di ‘to-do’, dan memindahkan tugas dari kiri ke kanan di seluruh papan saat kamu selesai mengerjakannya.

Kini dengan semakin majunya pengembangan perangkat lunak, metode Kanban mudah kita temukan dalam berbagai aplikasi, Trello misalnya. Jika kamu termasuk orang yang klasik, kamu juga tetap bisa menerapkan metode ini sesederhana menempelkan kartu atau catatan kegiatan di papan tulis milikmu. Jangan lupa agar terlihat catchy, gunakan warna-warna yang berbeda untuk setiap kuadran aktivitas. Kamu tidak hanya akan membuat to do list harianmu semakin efektif, tapi juga bisa mendapatkan dekorasi kamar dengan cara murah meriah.

Seperti yang dicatat Andrew Kunesh di situs web Zapier, “Kanban sangat bagus untuk tim dan mereka yang suka melihat gambaran besar dalam sekejap mata. Saat menggunakan metode ini, kamu akan memiliki semua tugas, tanggal jatuh tempo, dan kemajuan tugas di depan kamu, sehingga tidak ada yang menghalangi kamu untuk terjun langsung ke pekerjaan kamu. “

Baca juga: 6 Tips Motivasi Freelancer yang Harus Dicoba

5. Kurangi upaya sia-sia dengan Prinsip Pareto

mengefektifkan to list pareto

Prinsip Pareto, juga dikenal sebagai aturan 80-20, menyatakan bahwa sekitar delapan puluh persen hasil hanya berasal dari dua puluh persen upaya tersebut. Atau, dengan kata lain, sebagian besar kemajuan menuju tujuan kamu berasal dari beberapa pencapaian. Kamu mungkin duduk di meja kamu selama 8 jam, tetapi sesungguhnya kamu memanfaatkan sebagian besar kemajuan hari kamu dalam waktu kurang dari 2 tahun.

Berdasarkan prinsip itu, Harvard Business Review merekomendasikan agar kamu menuliskan 6 prioritas utama kamu pada hari itu, dan kemudian mencoret 5 hal terbawah. Kemudian cobalah fokus pada prioritas utama selama 90 menit penuh. Jika kamu tertarik pada video baru di sebuah channel langgananmu di Youtube, segera tulis kembali tugasmu untuk memfokuskan kembali perhatian kamu yang barus saja teralih. Setelah kamu selesai dengan tugas terpentingmu, hadiahkan keberhasilanmu hari itu dengan sedikit bermalas-malasan, misal melihat video baru yang tadi tertunda.

Dari lima rahasia yang kami bisikkan kepadamu, metode mana yang paling cocok untukmu mengefektifkan to do list harianmu yang menumpuk? Apapun pilihanmu, jangan lupa untuk urusan cetak-mencetak, hanya Uprint.id yang akan memberikan kualitas terbaik.