Setiap orang memiliki kemampuan dan daya ingat yang berbeda-beda. Ada yang memang memiliki daya ingat kuat, ada juga yang kurang. Tentunya bagi kamu yang memiliki daya ingat kurang, akan memengaruhi produktivitas dan aktivitas kamu. Tapi, kamu tidak perlu khawatir, otak sama seperti dengan organ tubuh lainnya yang bisa dilatih dan dijaga kemampuannya. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempertahankan dan meningkatkan daya ingat kamu.  

  1. Konsumsi makanan yang baik untuk otak

daya ingat 2

Makanan memiliki peranan penting dalam kesehatan otak kamu. Dengan memilih makanan yang tepat, tentunya kebutuhan asupan otak kamu dapat terpenuhi. Kamu dapat mengonsumsi makanan yang mengandung procyanidins yang dapat membantu daya ingat kamu dengan cara melancarkan sirkulasi otak ketika melawan inflamasi dan oksidasi. Makanan yang mengandung procyanidins adalah dark chocolate. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang bermanfaat untuk sistem syaraf pusat yaitu sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan dan minyak nabati.

  1. Olahraga dan tidur yang cukup

daya ingat 1

Siapa bilang olahraga hanya dibutuhkan untuk kebugaran otot saja? Ternyata, olahraga juga berpengaruh terhadap kesehatan dan daya ingat otak kamu. Dengan berolahraga cukup, akan mengurangi pengeluaran hormon stres yang dapat membunuh sel-sel otak. Olahraga juga meningkatkan suplai darah yang membawa suplai oksigen dan nutrisi ke otak. Olahraga berdampak pada kualitas tidur yang baik. Jika kualitas tidurmu baik dan cukup, maka akan mengoptimalkan fungsi otak sehingga kamu lebih mudah berkonsentrasi dan kemampuan daya ingatmu makin tinggi.

  1. Hindari multitasking

daya ingat 5

Siapa bilang multitasking itu baik? Nyatanya, multitasking malah berdampak negatif pada daya ingat kamu. Menurut hasil penelitian, manusia membutuhkan waktu sekitar 8 detik untuk menyimpan memori ke dalam otak. Jadi, ketika kamu melakukan beberapa hal sekaligus, otak tidak mampu menyimpan memori kegiatan mana yang sedang kamu kerjakan. Maka dari itu, hindarilah multitasking dan selesaikan pekerjaanmu satu persatu.

  1. Latihan mental dan neurobics

daya ingat 4

Dengan tetap melatih mental, daya ingatmu juga akan selalu terjaga. Kamu bisa melatih mental dengan mengerjakan teka-teki silang, sudoku atau permainan yang membutuhkan pikiran lainnya. Selain itu, kamu juga bisa melatih neurobics, yaitu melakukan tugas-tugas yang berbeda untuk membentuk jalur saraf baru. Contohnya seperti menyikat gigi menggunakan tangan kiri. Cukup unik kan?

  1. Melatih konsep mnemonic

daya ingat 6

Konsep mnemonic adalah cara untuk mengingat dengan menghubungkan citra visual dengan kata-kata. Melatih konsep mnemonic dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti membuat akronim atau singkatan, memvisualisasi benda untuk mengingat hal yang harus dilakukan, memotong-motong informasi sehingga lebih mudah untuk diingat.

  1. Menulis

daya ingat 3

Aktivitas ini terbukti efektif untuk meningkatkan daya ingat otak kamu. Jika kamu khawatir lupa akan suatu hal, kamu bisa menuliskannya pada kertas. Aktivitas menulis akan menciptakan aliran oksigen ke otak sehingga hal yang kamu tulis akan mudah diingat oleh otak.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan daya ingat otak kamu. Dengan rajin melakukan hal-hal diatas, dijamin semua aktivitas dan produktivitas kamu akan berjalan lancar.

uprint percetakan online indonesia