Belitung merupakan daerah yang berada di Timur Indonesia. Sedangkan Indonesia merupakan negara yang memiliki iklim tropis dan dikelilingi oleh banyak pantai di sekitarnya. Seperti halnya Belitung tempat wisata yang menjadi daya tarik adalah keindahan beberapa pantai dan pulau di  sekitarnya. Jika Anda berencana untuk berlibur ke Belitung pastikan membaca atau searching ada apa saja di sana dan keperluan yang perlu dibawa. Seperti berikut ini panduan travelling ke Belitung yang wajib diketahui sebelum berangkat.

1. Transportasi

panduan-travelling-ke-belitung-transportasi

Pastikan yang pertama kali adalah transportasi. Panduan travelling ke Belitung yang pertama adalah menentukan transportasi yang akan digunakan selama berada di Belitung. Untuk hal ini Anda harus mempersiapkannya sebelum berangkat ke tempat tujuan. Dengan begitu, Anda akan lebih mempersiapkan semuanya agar perjalanan menjadi lebih nyaman dan tenang. Bahkan Anda dapat menyewa kendaraan selama di sana. Jika Anda pergi sendiri, dapat juga menyewa kendaraan roda dua atau motor. Sedangkan jika pergi bersama keluarga, sebaiknya Anda menyewa kendaraan roda empat atau mobil. Pilihlah paket yang sekiranya murah, misalnya paket perjam penyewaan mobil dengan driver, atau bahkan jika ingin lebih murah lagi Anda dapat mengendarainya sendiri. Sehingga hanya menyewa mobilnya saja.

Baca juga : 10 Tips Traveling Paling Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Berangkat

2. Destinasi yang Akan Dikunjungi

panduan-travelling-ke-belitung-destinasi-wisata

Sebelum Anda berangkat, ada baiknya mengikuti panduan travelling ke Belitung yang satu ini. Pastikan terlebih dahulu destinasi wisata yang akan dikunjungi sebelum memutuskan berangkat ke sana. Banyak destinasi wisata pantai yang dapat dikunjungi. Bahkan ada satu wisata yang ikonik banget di Belitung yaitu Museum Kata Andrea Hirata. Anda dapat mengunjungi museum tersebut jika ingin melihat suasana lokasi syuting dan beberapa peninggalan sastra dari pemilik museum tersebut.

3. Pakaian yang Akan Dibawa

panduan-travelling-ke-belitung-pakaian

Setelah Anda mengikuti panduan travelling ke belitung sebelumnya, dan sudah menentukan destinasi wisata ada baiknya untuk mengetahui pakaian yang akan dibawa. Jika Anda ingin pergi ke destinasi wisata pantai, jangan lupa untuk membawa kain pantai agar saat duduk, pasir tidak masuk ke bagian pakaian. Bawalah beberapa potong pakaian yang cukup selama Anda di sana. Tidak perlu membawa pakaian berlebih, sebab Anda dapat memanfaatkan jasa laundry yang ada di sekitar sana.

4. Persiapkan Penginapan

panduan-travelling-ke-belitung-penginapan

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan tempat tinggal di tempat tujuan travelling Anda. cobalah mencari penginapan dari jauh-jauh hari, sehingga saat Anda tiba di sana tidak perlu lagi ribet mengenai penginapan. Carilah penginapan yang dekat dengan destinasi wisata. Dengan tujuan, agar tempat wisata dapat dijangkau berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Dengan begitu liburan akan semakin asyik dan terasa berpetualang.

Baca juga : Tips Traveling Saat Matahari Terik Tanpa Takut Kulit Tebakar

5. Persiapkan Peralatan Mandi dan Sunblock

panduan-travelling-ke-belitung-peralatan-mandi

Panduan travelling ke Belitung selanjutnya adalah, mempersiapkan peralatan mandi dan sunblock. Kedua benda ini harus dibawa saat berlibur kemana saja, terutama saat Anda berlibur ke Belitung. Cuaca yang panas dengan suhu matahari lebih tinggi akan membuat kulit mudah terbakar. Untuk itu, yang harus dilakukan adalah menggunakan sunblock agar menghindari diri dari terbakar karena sinar matahari. Sedangkan perlengkapan mandi untuk mengantisipasi ketika Anda berada di tempat wisata pantai dan harus membasuhnya. Sehingga diperlukan peralatan mandi untuk membantu proses pembilasan dari air garam.

Itulah beberapa panduan travelling ke Belitung yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan perjalanan ke sana. Pastikan juga semuanya sudah terencana dari jauh-jauh hari, dengan tujuan untuk mengantisipasi segala sesuatu yang terjadi ketika melakukan traveling secara dadakan.