Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Surat resign – Di kalangan para pekerja, surat resign sudah menjadi hal yang familiar. Saat para karyawan memutuskan untuk keluar dari pekerjaan lamanya, maka dia harus membuat surat resign atau surat pengunduran diri. Sehingga surat itu menjadi bukti tertulis untuk diberikan kepada HRD. Jika Anda berniat untuk mengundurkan diri, ada baiknya cobalah menulis surat resign yang baik dan benar. Namun sebelum menulis, Anda dapat mengetahui dahulu manfaat dari surat resign ini.

surat-resign-01

Ketika Anda menulis surat pengunduran diri dan memberikannya kepada pihak perusahaan, sangat mempengaruhi karir kedepannya. Bahkan perusahaan baru dapat menilai seberapa profesionalnya Anda saat meninggalkan perusahaan. Pada saat interview, hal yang paling utama ditanyakan adalah alasan mengapa Anda resign dari perusahaan sebelumnya dan memilih posisi di perusahaan baru. Jika calon perusahaan baru tersebut mengetahui tentang riwayat Anda yang kurang baik, maka siap-siap menerima jawaban dari perusahaan itu. Sebab, setiap kali orang bekerja yang harus dilakukan adalah bersikap baik dan tidak macam-macam. Meskipun Anda memiliki skill yang mumpuni, tapi perilaku atau attitude kurang baik maka perusahaan akan berpikir berulang kali untuk menerima Anda.

Baca juga : Ingin Mencetak Amplop Secara Custom? Klik Disini!

Itulah mengapa menuliskan surat resign itu sangat penting untuk jenjang karir Anda sebagai karyawan baru. Namun yang perlu Anda ingat saat menulis surat pengunduran diri, hal yang paling penting adalah membuatnya sesederhana mungkin, singkat, dan fokus kepada tujuan utama. Selain itu, surat yang dibuat harus berisikan hal-hal yang positif dan menghindari memberikan kritik atau saran. Baik itu kepada atasan atau mengenai pekerjaan yang diberikan. Jika Anda ingin membuat surat resign, dapat melihat kumpulan contoh surat pengunduran diri berikut ini.


Contoh Surat Resign Umum

Malang, 10 Januari 2016

Kepada

Yth. Manager HRD

CV Sejahtera Makmur

Jl. Merbabu 8 Malang

Dengan hormat,

Melalui surat ini Saya, Dzulfah Afnan, bermaksud untuk mengundurkan diri dari CV Sejahtera Makmur terhitung sejak tanggal 10 Februari 2016.

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan dan pengalaman berharga yang pernah Saya dapatkan selama bekerja di sini. Tidak lupa Saya menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya kepada seluruh jajaran serta rekan CV Sejahtera Makmur apabila terdapat kesalahan dan kekeliruan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja.

Harapan saya semoga CV Sejahtera Makmur senantiasa dapat terus berkembang kearah positif dan selalu menjadi yang terbaik.

Hormat saya,

[Tanda tangan]

Dzulfah Afnan


Contoh Surat Resign Jabatan

Bandung, 2 Maret 2015

Kepada

Yth. Manager HRD

PT Kencana Mandiri

Jl. Dago Pakar, Bandung

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya selaku Project Manager PT Kencana Mandiri, berdasarkan Hasil Keputusan Direksi maka dari itu, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Aditya Ilham Putra

Departemen : Research and Development

Jabatan : Project Manager

ID Karyawan : TI120031

Bemaksud menyampaikan maksud saya untuk mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai Project Manager, terhitung sejak tanggal 2 April 2015.

Saya ucapkan terima kasih atas dukungan dan kesempatan yang telah diberikan selama dua tahun terakhir ini. Semua itu membantu Saya untuk terus menjadi seseorang yang profesional. Tidak lupa Saya sampaikan permohonan maaf kepada seluruh jajaran direksi PT Kencana Mandiri beserta rekan-rekan di departemen IT jika ada banyak kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Demi kelancaran tugas dan tanggungjawab pengganti jabatan project manager, Saya bersedia untuk membantu selama masa transisi semoga ini menjadi hal terakhir yang bisa Saya berikan. Harapan Saya kedepannya semoga PT Kencana Mandiri terus berkembang kearah yang lebih baik.

Hormat saya,

[Tanda tangan]

Aditya Ilham Putra

Baca juga : Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Baik


Contoh Surat Resign dari Perusahaan

Jakarta, 4 Juni 2015

Kepada

Yth. Manager HRD

PT Sakura Indah

Jl. Merdeka 45 Jakarta

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Juwita Maharani, hendak menyampaikan maksud untuk mengundurkan diri dari jabatan sebagai Customer Service PT Sakura Indah terhitung mulai tanggal 11 Juni 2015.

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan, bimbingan, serta dukungan profesional kepada Saya yang telah diberikan selama menjadi bagian dari PT Sakura Indah.

Tidak lupa Saya sampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya jika ada kesalahan yang pernah diperbuat selama bekerja. Semoga PT Sakura Indah terus berkembang menjadi yang lebih baik.

Hormat saya,

[Tanda tangan]

Juwita Maharani


Contoh Surat Resign Karyawan

Kalimantan, 2 Juni 2015

Kepada

Yth. Manager HRD

PT Tirta Jaya Utama

Jl. Veteran Utama 23 Kalimantan

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Putra Afnan Harahap, hendak menyampaikan maksud untuk mengundurkan diri sebagai Karyawan PT Tirta Jaya Utama terhitung mulai tanggal 11 Juni 2015.

Saya ucapkan banyak terima kasih atas kesempatan, bimbingan, serta dukungan pengalaman yang saya terima selama menjadi bagian dari PT Tirta Jaya Utama.

Tidak lupa saya sampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya jika ada kesalahan yang pernah diperbuat selama bekerja. Semoga PT Tirta Jaya Utama terus berkembang menjadi yang lebih baik.

Hormat saya,

[Tanda tangan]

Putra Afnan Harahap

Itulah beberapa contoh surat pengunduran diri yang dapat Anda jadikan panduan ketika hendak membuat surat resign. Pastikan Anda membuat surat resign dengan memberikan kesan-kesan yang positif untuk membangun perusahaan menjadi lebih baik lagi. Selamat mencoba!