Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Profesi sebagai content writer, memang tidak semudah seperti yang dibayangkan. Banyak kendala yang membuat sebuah konten menjadi terhenti. Seperti kehilangan ide untuk sebuah tulisan hingga beberapa topik pembahasan. Ini bukanlah hal yang jarang terjadi, melainkan sering terjadi dikalangan para content writer. Ketika rasa bosan timbul, yang harus diperhatikan adalah beberapa tips berikut ini.

1. Membaca

content-writer-membaca

Ketika Anda merasa bosan untuk menulis, jangan pernah membiarkannya berlarut-larut. Anda harus mengatasinya dengan cara membaca tulisan orang lain. Biasakan diri untuk menghargai karya orang lain pelan-pelan, tidak harus membaca 50 artikel dalam sehari, cukup 2-3 artikel dalam sehari saja sudah cukup yang penting dilakukan secara terus menerus. Bagi seorang content writer, membaca menjadi salah satu gudang ide yang sangat baik dan tepat.

Baca juga : Ternyata Menulis Sebagai Hobi yang Menghasilkan dan Melegakan

2. Berdiskusi dengan Orang Lain

Disaat pikiran terhenti dan mulai berada dalam titik bosan, tidak ada salahnya untuk berdiskusi sejenak dengan teman di sekitar Anda. Buatlah satu perbincangan yang dapat menyegarkan pikiran dan menjadi pembuka ide tulisan. Dengan berdiskusi, Anda dapat mengetahui tentang sudut pandang orang lain dan mungkin juga bisa dijadikan inspirasi atau pun referensi untuk tulisan. Itulah cara merefresh dan menghilangkan kebosanan bagi seorang content writer.

3. Percaya Diri dengan Kemampuan

content-writer-percaya-diri

Sebagai seorang content writer, sudah pasti akan dituntut untuk membuat tulisan sebanyak-banyaknya. Jika Anda sudah memutuskan untuk menggeluti profesi tersebut, maka percayalah pada kemampuan diri sendiri. Tuangkan semua ide pikiran Anda ke dalam tulisan. Buatlah tulisan yang dapat membuka jalan pikiran orang lain setelah membacanya. Pastikan setiap tulisan memiliki khasiat bagi pembaca atau sebuah masalah yang dapat diambil.

4. Mulai Menulis Sesuatu

Ketika rasa bosan timbul, yang harus Anda lakukan adalah cobalah membuat tulisan atau mulai menulis apa pun. Dalam hal ini, Anda diberikan kebebasan untuk menulis sesuatu hal. Mulai dari hal penting hingga tidak penting. Ini bertujuan untuk membuka ide sebelum memulai untuk menulis.

5. Santai dan Menikmati Waktu Menulis

Sebagai seorang content writer Anda juga harus menikmati waktu ketika menulis. Dengan begitu, ide akan ikut mengalir selama Anda menikmati waktu dan santai dalam menyalurkan ide. Kalau perlu minum segelas air putih atau buat secangkir teh untuk menemani waktu menulis. Mendengarkan musik santai atau yang Anda suka juga dapat membantu dalam proses penulisan. Cari saja cara yang paling sesuai dengan Anda, kemudian nikmati prosesnya.

Baca juga : 5 Penulis Inspiratif yang Karyanya Mendunia

6. Mencari Suasana Baru

content-writer-mencari-suasana-baru

Ini juga dapat mengatasi kebosanan. Misalnya Anda sering kali bekerja di meja kantor yang itu-itu saja. Maka tidak ada salahnya untuk mencoba bekerja di coworking space atau di sisi lain dari ruangan Anda. misalnya di ruang meeting. Setidaknya Anda membuat suasana nyaman dan rileks. Ketika suasana seperti iu sudah di dapat, maka akan lebih mudah mengatasi kebosanan ketika ingin menulis.

Itulah tips menarik untuk para content writer yang perlu diketahui. Hal ini berlaku juga untuk Anda yang hobi dalam menulis, sekali pun sebagai seorang penulis lepas. Jika tidak ingin deadline Anda habis sia-sia hingga akhirnya hasil yang diinginkan tidak sesuai dengan keinginan klien atau Anda.