Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Teras rumah menjadi lokasi yang selalu nyaman untuk disinggahi. Terutama jika teras rumah memiliki nuansa asri dan sejuk, pasti akan lebih betah untuk disinggahi. Selain sebagai ruang alternatif untuk menyambut tamu, teras juga bisa jadi ruang pelarian menikmati udara luar sejenak, atau hanya duduk santai sambil minum teh atau kopi di sore hari. Sebelum Anda mulai mendekor teras rumah, ada baiknya ketahui jenis-jenis teras terlebih dahulu seperti ini.

  • Teras Terbuka. Desain yang digunakan untuk teras jenis terbuka ini biasanya menggunakan kombinasi pijakan rendah atau tangga kecil sebagai penyambung dari garasi ke teras rumah tersebut.
  • Teras Mengelilingi. Desain teras rumah seperti ini sudah jarang digunakan, kecuali rumah-rumah tua yang memiliki lahan lebih luas. Biasanya teras seperti ini mengelilingi dua sisi rumah.
  • Teras Screened. Desain ini sangat berguna di Indonesia, yang sebenarnya dilanda dengan banyak serangga (seperti nyamuk). Fungsi screen tersebut adalah untuk menyaring serangga tersebut dan membuat sensasi dingin di area teras.
  • Teras Tertutup. Desain ini menggunakan banyak kaca dan jendela agar sinar matahari tetap bisa masuk dan atmosfer outdoor masih bisa dirasakan meskipun ruangan tertutup. Beberapa apartemen punya teras semacam ini.

Jika Anda sudah mengetahui jenis teras rumah yang seperti apa pilihannya, dapat langsung memulai untuk mendekor teras rumah. Berikut ini beberapa tips mendekor teras rumah yang perlu diketahui sebeleumnya.

Baca juga : 5 Kesalahan Terburuk yang Harus Dihindari Saat Mendekorasi Rumah Minimalis

1. Menggunakan Furnitur Tahan Air

Tips-mendekor-teras-rumah-furnitur-anti-air

jika jenis teras yang Anda miliki atau dipilih berupa teras terbuka, sudah pasti harus memiliki jenis furnitur tahan air. Sebab di daerah yang selalu disiram air hujan cenderung akan lebih cepat merusak furnitur. Untuk itu, Anda harus menyiapkan ragam furnitur yang anti terhadap air. Mencari furnitur yang waterproof ini juga dapat menjadi investasi jangka panjang. Biasanya furnitur berbahan rotan sintetis atau besi yang sudah dilapisi cat anti air. Kain pelapis bantalan duduk atau sandaran pun sebaiknya menggunakan kain pelapis tahan air.

2. Memanfaatkan Tanaman Hias untuk Memperindah Sekaligus Menangkal Nyamuk

tips-mendekor-teras-rumah-manfaatkan-tanaman-hias

Anda dapat mendekor teras rumah dengan menambahkan properti seperti tanaman hias. Hal ini untuk memperindah ruangan tersebut, sekaligus dapat menangkal nyamuk dan serangga lainnya. Dalam memilih tanaman hias, yang perlu dilakukan adalah mencari tahu terlebih dahulu manfaat dari tanaman hias tersebut. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan manfaat dari tanaman hias tersebut.

3. Gunakan Kanopi atau Kerai untuk Membuat Suasana Teduh

Menggunakan kanopi atau kerai pada teras rumah akan membuat suasana teras menjadi lebih teduh dan meminimalisir cipratan air atau cahaya matahari secara langsung yang dapat merusak furnitur. Kanopi kain cocok untuk area teras ukuran kecil dengan furnitur minimalis, cocok untuk membuat suasana seperti sebuah mini cafe outdoor. Kanopi payung cocok untuk peletakan kanopi yang tidak disandarkan ke tembok. Kanopi payung sangat fleksibel karena dapat dipindahkan dan di tutup dengan mudah. Jika teras rumah Anda sudah memiliki kanopi, cobalah untuk menambahkan shades atau kerai yang dapat dibuka dan ditutup. Anda dapat menggunakan ragam jenis kerai yang disesuaikan. Misalnya kerai bambu, kerai roller blinds, dan lain sebagainya.

4. Aplikasikan Cairan Pelindung Tahan Air

Tips berikut ini untuk Anda yang menggunakan furnitur berbahan dasar kayu. Misalnya lantai kayu, hingga bagian properti lainya yang menggunakan kayu. Agar lebih awet dan tahan lama, Anda dapat menggunakan atau mengaplikasikan cairan pelindung tahan air maupun rayap. Dengan begitu furnitur Anda akan semakin awet dan tahan lama. Anda dapat menggunakan cat pelapis dengan bahan alami, tanpa adanya bau menyengat dan mudah digunakan.

Baca juga : 5 Aplikasi untuk Mendekor Rumah yang Dapat Dijadikan Inspirasi

5. Tambahkan Pop of Color Menggunakan Bantal atau Wallpaper

Agar penampilan teras rumah semakin cantik, Anda dapat menambahkan bantal-bantal lucu atau wallpaper keren. Anda dapat mencetak bantal dengan desain sendiri dan membuatnya lebih lucu, sehingga menonjolkan kesan tersendiri dalam teras rumah. Selain itu, Anda dapat juga mencetak wallpaper untuk di bagian tembok teras rumah. Cetak dengan desain sendiri dan pemilihan warna yang tepat. Setelah itu, Anda dapat mencetaknya di Uprint.id. Tersedia ragam ukuran wallpaper yang dapat Anda pilih.

Itulah beberapa tips mendekor teras rumah yang dapat menginspirasi. Anda dapat memilih dan menentukan pilihan jenis teras rumah yang cocok. Jangan lupa untuk mencari tahu cara perawatan dan furnitur yang tepat.