Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Sebagai seorang customer service atau CS hal yang paling utama adalah melayani pembeli atau konsumen dengan sebaik mungkin. Penilaian seorang customer service dimulai dari pelanggan. Untuk itu, sebelum Anda memutuskan ingin menjadi seorang customer service ada baiknya ikuti tips berikut ini dengan tujuan dapat memberikan pelayanan dengan baik.

1. Dapat Berkomunikasi dengan Baik

customer-service-03

Ini adalah pelajaran yang paling utama sebelum terjun ke dalam lingkungan customer service. Bagaimana dapat menjadi customer service jika tidak dapat berkomunikasi dengan baik. Setidaknya Anda dapat menyapa konsumen dengan baik dan benar, kemudian mendengarkan keluhan atau pertanyaan yang diajukan mereka. Jika dari awal sikap Anda terhadap konsumen baik, maka mereka akan merasa nyaman dan memang terbantu dengan adanya tim CS.

Baca juga : Strategi Pemasaran Produk yang Harus Dilakukan Jika Ingin Sukses

2. Respon Cepat

customer-service-04

Satu hal yang paling dibutuhkan oleh konsumen adalah, respon cepat dari CS. Maka dari itu memiliki respon yang cepat sangatlah penting bagi perusahaan, karena jika CS  memberikan respon dan pelayanan yang terbilang lambat maka hal itu akan menjadi nilai minus atau negatif bagi perusahaan dari pelanggan. Untuk itu, respon cepat harus sangat diperhatikan dengan baik.

3. Menguasai Produk yang Ditawarkan atau Dijual

customer-service-05

Sebagai seorang CS hal ini juga tidak boleh disepelekan. CS harus sudah hafal dan paham mengenai produk yang akan ditawarkan atau dijual kepada konsumen. Sebab ini akan memudahkan Anda jika ada konsumen yang melakukan komplain atau menanyakan tentang produk yang dijual, kemudian dapat menjelaskannya dengan mudah dan tidak berbelit-belit. Tidak sedikit konsumen akan bertanya mengenai pertanyaan sekitar produk yang ditawarkan.

4. Berikan Janji yang Dapat Ditepati

customer-service-01

Jika selama ini ada banyak orang yang kecewa dengan pelayanan sebuah perusahaan. Bisa jadi itu karena tim CS perusahaan tersebut tidak menepati janjinya. Misalnya ketika ada konsumen yang meminta pricelist sebuah produk, dan Anda sebagai CS akan memberikannya nanti. Ada baiknya untuk menepati janji tersebut. Jangan sampai konsumen merasa diberikan hal yang tidak pasti. Sedangkan konsumen, mungkin sudah menunggu-nunggu pricelist tersebut.

5. Mampu Meyakinkan Pelanggan

customer-service-02

Tugas berikutnya sebagai customer service adalah, mampu meyakinkan pelanggan. Ini juga merupakan hal penting yang harus dikuasai oleh seorang customer service. Tentu saja cara meyakinkan pelanggan juga harus dipenuhi dengan argumentasi yang kuat dan masuk akal. Sehingga mampu meyakinkan dengan cara yang baik sehingga membuat pelanggan merasa senang dengan keputusan yang kita buat.

6. Menjaga Ruangan Tetap Bersih

Sebagai seorang CS yang memiliki ruangan di depan dan bertemu langsung dengan tamu, ada baiknya untuk tetap menjaga kebersihan ruangan tersebut. Jika perlu, jangan sampai konsumen melihat ada sampah di sekitar Anda. Hal ini juga mempengaruhi penilaian konsumen terhadap perusahaan. Sebab dinilai melalui aspek kebersihan.

Baca juga : Tips Menarik Konsumen dalam Bisnis Online dengan Menyisipkan Kata Sakti Ini!

7. Sikap yang Baik

customer-service-06

Jangan lupa juga untuk tips berikut ini. Memiliki sikap yang baik ini sangatlah dianjurkan. Terutama jika Anda berhadapan langsung dengan konsumen. Sikap yang baik akan membuat konsumen menilai diri Anda dengan baik. Misalnya, jangan makan di depan konsumen. Sikap seperti ini juga dapat mempengaruhi penilaian konsumen terhadap pelayanan customer service.

Itulah beberapa tips menjadi customer service yang perlu diketahui. Sebelum Anda memutuskan untuk menjadi CS. Pelajari lebih lengkap teknik serta cara CS berhadapan dengan konsumen. Sehingga Anda dapat sedikit mengetahui apa saja yang akan dilakukan.