Buku biografi adalah sebuah kumpulan kisah dari orang yang semasa hidupnya memiliki prestasi dan perlu dikenang. Penulisan buku biografi juga harus dikisahkan dari kisah nyata tokoh tersebut. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk menulis buku biografi, sebaiknya simak penjelasan berikut ini.

Biografi merupakan suatu bentuk yang kompleks. Lebih dari sekedar menuliskan tentang data seseorang seperti tanggal lahir maupun kematiannya. Sebab, hal tersebut untuk memberikan gambaran pada kita tentang apa saja yang pernah tokoh lewati hingga meraih suatu prestasi, sampai akhirnya kembali pada pemilik kehidupan. Berbeda ketika yang menuliskan riwayat hidup atau kisah hidup tersebut adalah diri sendiri. Menuliskan riwayat hidup secara sendiri, dinamakan dengan autobiografi.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika sedang menuliskan biografi. Seperti hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut.

1. Biografi Mengandung Keaslian

tips-menulis-buku-biografi
sumber gambar : pobela.com

Dalam hal ini, yang perlu diperhatikan adalah keaslian sebuah data. Keaslian yang dimaksudkan adalah harus yang sesuai dengan kisah hidup aslinya tokoh tersebut. Selain itu, penulis juga harus melengkapi cerita dengan bukti yang kuat dan benar. Sehingga biografi tersebut memiliki keasliannya.

Baca juga : 3 Contoh Biografi yang Dapat Anda Tiru, Seperti Cerita dan Berkesan Unik!

2. Menjelaskan Secara Jujur

tips-menulis-buku-biografi-01
Sumber gambar : termurah.gotaday.club

Biografi harus memberikan gambaran yang utuh dari kepribadian seorang tokoh yang dituliskan. Hal tersebut dapat tercapai dengan cara menguraikan secara seimbang tentang kelebihan dan kelemahan atau kekurangan. Kelebihan atau kekurangan tersebut ditinjau dari prestasi yang pernah diraih semasa menempuh pendidikan atau bekerja, pengorbanan yang pernah dilakukan untuk diri sendiri maupun orang lain, bahkan lebih luas untuk negara, kemudian jasa yang pernah disumbangkan untuk bangsa dan negara, dan kebiasaan-kebiasaan kurang baik yang dimiliki oleh tokoh.

3. Disajikan Dalam Bentuk Wacana

tips-menulis-buku-biografi-02
Sumber gambar : bukukamus.com

Wacana dalam biografi menggabungkan antara deskripsi dengan narasi. Sebagai penulis, Anda harus menuliskannya dengan menggunakan kata dan kalimat yang baik serta benar. Meski dituliskan secara jujur, sebagai penulis Anda tentunya diminta untuk merangkai kalimat hingga menjadi sebuah bacaan yang bisa dinikmati pembaca.

Baca juga : Belajar dari Kisah Merry Riana Si Pemilik Mimpi Sejuta Dolar

4. Menggunakan Pola Penulisan yang Benar dan Tepat

tips-menulis-buku-biografi-03
Sumber gambar : IDN Times

Biografi menggunakan pola penulisan yang utuh. Bukan hanya itu, pola penulisannya juga berkesinambungan, walaupun di dalamnya terdiri dari beberapa bagian cerita yang terpisahkan. Tugas penulis adalah mengkombinasikan seluruh cerita, menjadi sebuah kisah yang mudah dipahami pembaca.

Itulah tips menulis buku biografi yang perlu diketahui. Menulis buku biografi, bukanlah hal yang sulit. Terutama jika Anda mengambil atau menuliskan biografi seorang tokoh besar yang berpengaruh di dunia pendidikan atau lain sebagainya. Anda harus memiliki bukti nyata dan menuliskannya dengan benar. Tulislah ragam prestasi yang ia miliki dengan benar dan bukti-bukti lainnya. Jika Anda ingin membuat buku biografi yang bagus dan berkualitas, saatnya mencetaknya secara online di Uprint.id