Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Tips travelling hemat sudah pasti menjadi patokan para traveller. Sebab, tidak sedikit orang yang liburan namun terhalang oleh keuangan hingga akhirnya gagal berlibur. Hal ini sudah pasti sangat mengecewakan. Jika tidak ingin merasa kecewa, dan tetap terus bisa liburan. Simak tips travelling hemat ke Labuan Bajo berikut ini. Anda dapat menggunakan metode ini untuk liburan di tempat lain.

1. Pilih Liburan Low Season

tips-travelling-hemat-pilih-jadwal-low-season

Tips travelling hemat yang pertama adalah memilih jadwal liburan di luar liburan Nasional. Jangan pernah sekali-sekali pergi pada saat liburan sekolah, hingga ketika liburan Nasional yang dikeluarkan oleh pemerintah. Anda dapat memilih liburan di bulan-bulan tertentu yang paling jarang orang ambil. Hal ini akan membuat Anda lebih hemat, sebab harga tiket transportasi terkadang menawarkan harga murah. Namun jika Anda liburan pada saat high season, sudah pasti tidak akan menemukan harga sesuatu yang murah.

Baca juga : Tips Solo Travelling ke Jepang yang Harus Diketahui

2. Menggunakan Strategi Rute Penerbangan

tips-travelling-hemat-gunakan-strategi-penerbangan

Tips travelling hemat selanjutnya adalah, menggunakan strategi penerbangan. Jika Anda ingin liburan ke Labuan Bajo dengan hemat, cobalah menggunakan strategi penerbangan. Penerbangan langsung ke tempat tujuan memang menjadi pilihan utama ketika ingin berlibur. Namun hal ini akan membuat akomodasi menjadi lebih mahal. Anda dapat memanfaatkan strategi rute seperti memilih penerbangan Jakarta – Bali atau Jakarta – Lombok dan menyambung dengan transportasi lainnya. Dengan harga tiket yang lumayan lebih murah ketimbang penerbangan langsung. Strategi ini, dapat Anda gunakan untuk berlibur ke tempat lain selain Labuan Bajo.

3. Liburan Bersama

Selain akan menghemat biaya liburan, bepergian bersama teman-teman juga bisa membuat suasana seru dan ceria. Ajaklah beberapa teman untuk join dengan liburan tersebut. Misalnya berlibur dengan lima orang atau lebih, ini akan membuat biaya lebih hemat. Sebab Anda dapat menyewa penginapan secara sharing atau patungan, dan menghemat biaya transportasi jika dibagi dengan beberapa orang. Untuk itu, tidak sedikit juga orang yang liburan dengan teman-temannya.

4. Memilih Penginapan Murah

Meski murah, namun jangan juga mengabaikan kenyamanan. Anda tidak perlu bermalam di hotel berbintang, tidak ada salahnya untuk mencoba menginap di hotel kapsul yang sedikit murah. Jika ingin menginap di hotel, coba memilih penginapan dengan harga yang tidak terlalu mahal permalamnya. Agar lebih murah lagi, Anda dapat memanfaatkan promo-promo yang sedang berlaku untuk lebih meringankan.

Baca juga : Lokasi Liburan Eksotis yang Perlu Dikunjungi Saat Travelling

5. Wisata Kuliner Pinggir Jalan

Selama berlibur, jangan lupa mencoba sensasi jajan di pinggir jalan. Sebab, banyak jenis kuliner tradisional di tempat-tempat tidak terduga. Tips travelling hemat yang satu ini ternyata dapat memangkas budget liburan lebih efektif. Tidak ada salahnya untuk mencoba kulineran dengan situasi dan kondisi yang berbeda. Jangan pernah merasa gengsi untuk mencicipi jajanan tradisional di lokasi berlibur tersebut.

Itulah beberapa tips travelling hemat ke Labuan Bajo yang perlu Anda pertimbangkan. Tidak hanya untuk liburan ke satu tempat saja, melainkan dapat diterapkan di lokasi liburan lainnya. Dengan begitu, budget liburan akan semakin lebih murah.