Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Tujuan investasi selama ini hanya sebatas keuntungan saja. Ternyata, ada banyak tujuan investasi yang belum banyak diketahui. Mengetahui tujuan berinvestasi, sebaiknya ketahui sejak dini sebelum memutuskan untuk mulai investasi. Seperti tujuan investasi seperti berikut ini yang belum banyak diketahui oleh para pelaku investasi.

1. Mengamankan Kekayaan

tujuan-investasi-mengamankan-kekayaan

Tujuan investasi yang pertama adalah mengamankan kekayaan. Tujuan ini belum banyak orang ketahui sebelumnya. Secara harfiah yang orang ketahui tujuan investasi hanyalah mendapatkan keuntungan besar serta harus siap jika ada kerugian. Padahal tujuan investasi selain keuntungan adalah keamanan harta kekayaan. Terutama melindungi harta kekayaan dari inflasi. Adanya inflasi ini menandakan bahwa keuangan bergerak, dengan nilai yang bisa naik atau turun. Disaat nilai mata uang turun, Anda harus sudah mempersiapkan rencana selanjutnya.

Baca juga : Jenis Investasi Bagi Pemula yang Perlu Dicoba dan Dilakukan

2. Menyediakan Dana Pensiun

Siapa bilang pekerja swasta tidak memiliki dana pensiun? Sebagai karyawan swasta, Anda dapat mempersiapkan dana pensiun dengan menginvestasikan sebagian harta kekayaan. Tujuan investasi berikut ini memang tepat jika untuk mempersiapkan hari tua. Sehingga Anda dapat menikmati hasil selama ini, dan sudah tidak perlu bingung lagi saat masa tua menghampiri. Anda dapat memanfaatkan hasil investasi untuk keperluan di masa tua nanti.

3. Dapat Dijadikan Dana Pernikahan

tujuan-investasi-mempersiapkan-dana-pernikahan

Tidak hanya untuk mempersiapkan dana pensiun saja, ternyata tujuan investasi selanjutnya adalah mempersiapkan dana pernikahan. Hal ini akan berfungsi, saat Anda mulai berinvestasi di waktu muda dan sudah memiliki penghasilan sendiri. Tujuan seperti ini sangat jarang diketahui, terutama bagi para anak muda. Ketika Anda mempersiapkan dana pernikahan dengan investasi, maka tidak ada lagi berpikir bahwa menikah itu mahal. Sebab, Anda sudah mempersiapkan semuanya sejak awal.

4. Mempersiapkan Dana Pendidikan

tujuan-investasi-mempersiapkan-dana-pendidikan

Melihat dana pendidikan yang saat ini sudah mulai mahal, pasti bagi sebagian besar orang tua harus memikirkan dana tersebut. Untuk itu, sangat dianjurkan menyimpan dana investasi agar dapat dijadikan dana pendidikan. Tujuan investasi yang satu ini sudah pasti sangat dibutuhkan dan penting. Sebab, melihat dana pendidikan semakin lama nilainya terus meningkat. Agar masa depan buah hati terjamin, tidak ada salahnya Anda mempersiapkan semuanya sedari dulu. Bahkan, Anda dapat mempersiapkannya sewaktu belum menikah. Dengan begitu, ketika menikah, Anda sudah memiliki dana pendidikan yang cukup bagi buah hati.

Baca juga : 5 Manfaat Berinvestasi Sejak Dini yang Perlu Diketahui

Itulah beberapa tujuan investasi yang belum banyak diketahui oleh orang lain. Selain keuntungan yang didapat, ternyata investasi memiliki banyak manfaatnya bagi investor. Tentunya, Anda harus mengetahui jenis investasi seperti apa yang cocok dengan penghasilan. Jangan sampai, belum mencari tahu investasi yang tepat, Anda langsung memutuskan investasi itu akan berdampak kurang menyenangkan. 

Selain mengetahui jenis investasi, Anda juga harus belajar memahami bagaimana cara kerja investasi tersebut. Sehingga saat melakukan investasi Anda tidak akan ada lagi banyak pertanyaan atau buta sama sekali dengan investasi dan cara kerjanya. Ada banyak materi investasi yang dapat dipelajari.