4 Cara Memilih Warna Terbaik untuk Brand Anda

Ide untuk membuat brand tidak berhenti ketika brand sudah dibuat. Langkah selanjutnya adalah membuat logo. Dalam membuat logo, selain mempertimbangkan visi dan misi brand untuk konsepnya, pemilihan warna juga penting. Tahapan yang satu ini juga bisa membuat Anda bingung. Anda tentunya ingin brand tersebut mudah diingat orang, bukan? Oleh sebab itu, jangan sembarangan memilih warna. Jangan sampai Anda memakai warna yang salah untuk brand Anda. Ikuti tips-tips ini untuk memilih warna yang tepat.

1. Lihat Referensi di Pinterest

Ada kalanya kita tidak bisa menemukan pilihan warna yang tepat di color palette. Meskipun banyak warna di sana, tapi hal ini kurang bisa memberikan inspirasi bagi Anda. Oleh sebab itu, Anda memerlukan referensi gambar dari internet. Dari banyaknya gambar tersebut, Anda bisa menemukan warna idaman yang tepat untuk brand Anda karena pasti ada satu warna yang sesuai. Anda bisa mencoba mencarinya di Pinterest. Pinterest menawarkan banyak sekali gambar dengan berbagai nuansa warna. Semakin Anda scroll ke bawah, maka akan semakin banyak pilihan gambar yang bisa Anda lihat.

2. Manfaatkan Software Color Picker

Setelah menemukan gambar yang memiliki unsur warna seperti yang Anda inginkan, langkah selanjutnya adalah mengadopsi warna tersebut. Di sinilah Anda memerlukan color picker. Software ini memungkinkan Anda berkreasi dan memilih warna yang tepat untuk brand Anda. Salah satu software yang bisa Anda digunakan adalah Adobe Color CC. Anda tinggal mengambil sampel warna dari gambar yang sudah Anda dapatkan tersebut dan mengkreasikannya dengan color palette.

3. Warna Adalah Bagian dari Marketing

Warna bisa mempengaruhi perasaan seseorang. Inilah fakta yang harus Anda ketahui. Anda berkomunikasi dengan calon pembeli melalui warna. Setiap warna yang Anda gunakan akan merepresentasikan makna yang berbeda-beda. Misalnya, jika brand Anda ditujukan untuk remaja putri, maka warna pink  mampu menarik perhatian mereka. Warna pink ini tidak akan digunakan pada brand untuk produk pria. Untuk pria, warna hitam dan biru adalah pilihan yang lebih tepat. Warna biru adalah warna netral, baik untuk audience pria dan wanita. Warna ini melambangkan kepercayaan. Jika brand Anda ingin menampakkan kesan kehangatan dan suka cita, warna oranye dan kuning bisa Anda pilih. Sedangkan, warna hijau akan memberikan rasa tenang dan sejuk. Itulah mengapa warna hijau banyak digunakan oleh brand produk herbal.

4. Warna Apa yang Anda Suka?

Mempertimbangkan referensi boleh saja dilakukan, tetapi Anda juga harus tetap menjadi diri sendiri. Ingat, brand Anda mencerminkan diri Anda. Jadi, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan warna favorit. Tidak perlu terpengaruh dengan para pesaing yang menggunakan warna tertentu untuk kategori serupa. Percayalah pada diri sendiri dan berani untuk tampil beda. Ini akan membuat brand Anda terlihat unik dan mudah dikenal. Tapi tentu saja, Anda juga harus memilih perpaduan warna yang sesuai.

Warna yang Anda pakai akan dikenal dan diingat oleh setiap orang yang melihat brand tersebut. Warna ini akan menjadi bagian dari identitas brand Anda. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda memilih warna yang salah.

Share post:

Popular

Artikel Lainnya
Serupa

Membangun Personal Branding dengan Proses Pasti dan Paten

Cetak Kartu Nama - Membangun personal branding tidaklah mudah....

Manfaat Minum Air Kelapa Saat Menjalankan Puasa

Air kelapa ternyata sangat disarankan untuk dikonsumsi selama berpuasa....

Dus Hampers Lebaran: Ide Kreatif dan Solusi Cetak Terbaik dari Uprint

Dus hampers Lebaran adalah wadah yang tidak hanya menjaga...

Daftar Kode Bank Indonesia yang Berguna

Kode bank - Kode Bank adalah kode unik yang digunakan...