Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Di dunia yang segala sesuatunya kini bergerak dengan cepat, produktivitas tentu amat dibutuhkan agar Anda bisa menyelesaikan sebanyak mungkin pekerjaan dalam waktu sesingkat-singkatnya. Nah, jika Anda merasa sudah mengerjakan tugas sebaik mungkin, tetapi tidak kunjung selesai, bisa jadi kebiasaan sehari-hari ini tanpa sadar telah mengganggu produktivitas Anda.

1. Memencet Tombol Snooze pada Alarm

Sepertinya hampir semua orang yang memasang alarm pada ponsel pernah melakukan hal ini. Sulit memang rasanya untuk langsung bangun dari tempat tidur begitu alarm berbunyi. Namun, jika memang ingin memulai hari dengan produktif, paksakan diri Anda untuk segera bangun ketika alarm berbunyi. Masalahnya, jika memencet tombol snooze dan kembali tidur, Anda justru akan kehilangan kewaspadaan dan hal tersebut membuat kepala jadi pening dan tubuh terasa lebih lelah saat bangun kembali.

 2.Melakukan Multitasking

Multitasking membuat Anda terlihat sibuk, tetapi bukan berarti pekerjaan Anda pasti akan selesai dengan baik. Aktivitas satu ini hanya akan membuat fokus Anda berkurang terhadap tugas yang ada di depan mata karena perhatian Anda terbagi. Jadi, meskipun Anda berhasil menyelesaikan dua tugas dalam satu waktu, tugas-tugas tersebut tidak akan memiliki kualitas sebaik jika Anda mengerjakannya sendiri-sendiri.

Terlebih, sebetulnya multitasking juga dapat memakan waktu. Misalnya, Anda sedang berkutat dengan laporan keuangan, lalu tiba-tiba ada email masuk dan Anda memutuskan untuk membalasnya. Ketika kembali mengerjakan laporan keuangan, Anda pasti akan bingung harus melanjutkan pekerjaan dari bagian mana. Anda pun terpaksa harus memeriksa dari awal, membuat Anda membuang waktu yang sebenarnya bisa digunakan untuk pekerjaan lain.

3. Sengaja Melewatkan Sarapan

Produktivitas sehari-hari sangat ditentukan oleh mood Anda pada pagi hari. Itulah mengapa, seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda tidak disarankan untuk memencet tombol snooze pada alarm. Bangun pagi memungkinkan Anda untuk menikmati udara yang masih sejuk sambil menyantap sarapan. Ibaratnya, sarapan inilah yang menjadi bahan bakar tubuh Anda agar bisa beroperasi secara maksimal seharian nanti. Namun, usahakan menu sarapan Anda mengandung serat dan karbohidrat agar Anda bisa fokus dan produktif sepanjang hari.

4. Duduk Sepanjang Hari

Umumnya, kebiasaan satu ini kerap dilakukan oleh para pekerja kantoran, terlebih jika deadline datang bertubi-tubi. Bahkan saat makan siang pun Anda akan lebih memilih untuk titip beli pada teman atau office boy agar bisa memakannya di meja kerja sambil menyelesaikan tugas hari itu.

Padahal, tubuh kita tidak didesain untuk duduk seharian. Situs DesignTaxi mengatakan bahwa duduk seharian dapat mengurangi tingkat produktivitas Anda hingga 46%. Oleh sebab itu, sesekali berdirilah dari kursi kerja Anda. Jika memungkinkan, berjalan-jalanlah di sekeliling kantor. Belilah makan siang Anda agar tubuh Anda bergerak dan tidak terasa kaku akibat duduk berjam-jam.

Karena merupakan suatu kebiasaan, maka dibutuhkan usaha lebih untuk tidak kembali melakukan keempat hal di atas. Meskipun terkesan sepele, tetapi siapa sangka empat kebiasaan tersebut bisa mengganggu produktivitas harian Anda?