4 Strategi Marketing Konvensional yang Masih Efektif Sampai Sekarang

Kini kita memang tengah memasuki era digital, di mana banyak hal dilakukan dengan berbasis internet, bahkan untuk keperluan marketing sekali pun. Semakin banyak brand yang menggunakan media sosial atau memasang Google Ads sebagai strategi digital marketing mereka. Namun, bukan berarti strategi marketing konvensional lantas mati begitu saja. Beberapa dari mereka sampai sekarang masih bisa memberikan hasil yang cukup efektif. Apa saja?

1. Networking

strategi_marketing_konvensional_03

Tak peduli seberapa pesat perkembangan teknologi, pertemuan tatap muka masih akan berperan penting dalam kesuksesan marketing bisnis Anda. Salah satu cara paling efektif untuk melakukannya adalah melalui networking. Dengan networking, Anda bisa mendapat banyak kenalan baru yang dapat menjadi calon klien potensial. Tak hanya itu, anda juga akan mendapatkan peluang referral. Ingat, orang lebih cenderung bersedia melakukan bisnis dengan profesional yang sudah pernah mereka temui atau direferensikan kepada mereka.

Networking bisa Anda lakukan di berbagai acara meeting profesional. Namun, Anda juga bisa melakukannya di tempat di mana target audiens Anda berada, misalnya seperti event lokal. Agar bisa sukses networking, kuncinya adalah selalu fokus pada lawan bicara Anda. Jangan langsung mempromosikan bisnis Anda, tetapi tanyakan apa kebutuhan atau masalah yang mereka hadapi, lalu tawarkan produk bisnis Anda sebagai solusinya.

2. Kartu Nama

strategi_marketing_konvensional_02

Nah, saat networking, jangan datang dengan tangan kosong. Anda harus menyiapkan kartu nama sebanyak mungkin. Namun, berikan nilai tambah pada kartu nama Anda agar orang lain tertarik menyimpannya. Katakanlah Anda adalah seorang fashion blogger. Pada kartu nama, cantumkanlah daftar free stuff atau freebies yang bisa didapatkan oleh penerima. Atau jika Anda memiliki bisnis toko online, Anda bisa mencantumkan kupon diskon di belakang kartu nama.

3. Flyers

strategi_marketing_konvensional_04

Metode marketing satu ini memang terkesan sangat old school, tetapi hingga kini masih cukup efektif untuk menjaring pelanggan. Anda bisa memasang flyer di berbagai tempat strategis atau memberikannya ke orang-orang secara langsung. Jadi, selagi orang-orang berjalan di tempat-tempat tertentu, mereka akan melihat flyer Anda sehingga brand Anda melekat dalam pikiran mereka. Sama seperti pada kartu nama, Anda juga bisa memberikan nilai tambah pada flyer, misalnya seperti kupon diskon, penawaran konsultasi gratis, atau yang lain.

4. Artikel Cetak

strategi_marketing_konvensional_05

Lebih dari sekadar strategi marketing, menulis artikel untuk media cetak juga dapat meningkatkan kredibilitas Anda. Di ranah online, biasanya strategi ini disebut dengan guest blogging. Dengan menulis artikel yang berhubungan dengan bidang bisnis Anda, Anda akan dipandang sebagai sosok yang expert dalam bidang tersebut. Nah, saat menulis artikel, usahakan untuk fokus memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh target pembaca Anda.

Selain itu, pastikan pula Anda memilih media cetak yang masih sejalan dengan bidang bisnis Anda. Misalnya, jika Anda bekerja di bidang properti, maka Anda bisa menerbitkan tulisan di majalah yang memang membahas topik tersebut. Berbeda lagi jika Anda adalah seorang fashion blogger, Anda bisa mengisi rubrik di media cetak tentang fashion.

Meningkatnya popularitas digital marketing bukan berarti Anda harus mengabaikan strategi marketing konvensional begitu saja. Dengan memadukan keempat strategi marketing konvensional dan strategi digital marketing, Anda pun bisa menjangkau lebih banyak audiens dan mendapatkan hasil yang optimal.

Share post:

Popular

Artikel Lainnya
Serupa

Desain Thank You Card Agar Ucapan Terima Kasih Berbeda

Thank you card, merupakan jenis kartu yang digunakan untuk...

Inilah Fakta Sambal yang Belum Pernah Diketahui Sebelumnya

Fakta sambal memang belum banyak diketahui oleh orang yang...

Singgah ke Semarang? Jangan Lupa Bawa Pulang 10 Oleh-oleh Khas Semarang Ini Bersamamu!

Siapa yang sudah pernah ke Semarang angkat tangannya! Tapi...

6 Cara Cerdas Berhemat di Bulan Puasa Di Saat Banyak Acara Buka Bersama

Bulan puasa, merupakan bulan yang banyak sekali jadwal untuk...