Berbeda dengan bekerja di perusahaan, bekerja secara freelance memerlukan lebih dari sekadar skill untuk bekerja. Menjadi seorang freelancer artinya kitalah yang melakukan semuanya, mulai dari promosi, negosiasi dengan klien, hingga mengeksekusi pekerjaan itu sendiri. Oleh sebab itu, penting bagi seorang freleancer untuk bisa bernegosiasi. Pasalnya, berhasil tidaknya Anda dalam bernegosiasi akan mempengaruhi kelangsungan hidup Anda. Maksudnya, apabila negosiasi berhasil, maka Anda bisa mendapatkan proyek tersebut. Jika tidak, maka melayanglah pundi-pundi rupiah. Berikut ini trik negosiasi dengan klien yang bisa Anda coba.

1. Tentukan Harga Terendah 

Sebelum melakukan negosiasi dengan klien, Anda harus menentukan berapa harga terendah untuk jasa yang Anda tawarkan. Tapi tentu saja, jangan sampai klien mengetahui hal ini. Ini akan menjadi pedoman Anda. Jadi ketika Anda nego dengan klien, jangan sampai harga yang disepakati bersama lebih rendah dari harga terendah Anda. Ingat, harga terendah tersebut adalah untuk kemungkinan terburuk. Usahakan negosiasi yang Anda lakukan bisa mendapatkan yang lebih tinggi dari harga terendah tersebut.

2. Perbanyak Informasi

Untuk bisa bernegosiasi dengan klien, sebaiknya Anda memiliki kemampuan persuasif. Untuk mendukung hal ini, Anda harus membekali diri dengan info terkini. Misalkan jika berbicara mengenai desain, tunjukkan pada klien mengenai tren desain terkini. Tunjukkan contoh website dan berikan info terkait desain dari riset-riset yang pernah dilakukan. Selain itu, info mengenai perbandingan harga yang ditawarkan oleh pesaing Anda, perjanjian kerja, serta metode pembayaran adalah hal wajib yang harus Anda ketahui.

3. Win-Win Solution 

Tujuan negosiasi adalah untuk mencapai kesepakatan bersama antara kedua belah pihak. Kesepakatan ini sebaiknya tidak merugikan atau hanya menguntungkan salah satu pihak, tapi keduanya juga harus sama-sama merasa diuntungkan. Oleh sebab itu, ketika bernegosiasi dengan klien, jangan hanya memikirkan keuntungan sendiri sedangkan klien merasa berat hati. Sebaliknya, jangan sampai klien mencari keuntungan sedangkan Anda merasa dirugikan dengan harga yang kurang pantas untuk proyek yang dibicarakan. Win-win solutions membuat kedua belah pihak merasa puas, dan klien yang puas bekerja dengan Anda tidak menutup kemungkinan akan kembali lagi pada Anda jika mereka punya proyek yang akan dikerjakan, jadi gunakan trik negosiasi ini dengan seksama.

4. Jangan Menawarkan Harga Duluan

Hal ini untuk menghindari situasi ketika harga yang Anda tawarkan ternyata jauh di bawah budget klien. Pastinya akan sangat merugikan, bukan? Untuk itu, tahan diri sebisa mungkin untuk tidak memasang tarif duluan. Arahkan klien Anda agar ia menawarkan harga. Dari sini, Anda akan mengetahui rentang budget klien sehingga Anda bisa memberikan penawaran yang sesuai.

Bernegosiasi dengan klien bukanlah hal yang mudah, terlebih bagi freelancer pemula. Pastinya, trial and error pasti ada. Pada awalnya, mungkin Anda akan banyak melakukan kesalahan. Namun, seiring berjalannya waktu, Anda pasti dapat belajar memperbaiki kesalahan dan memahami perilaku klien. Dengan begitu, Anda pun bisa memiliki berbagai cara untuk menghadapi klien yang bermacam-macam, selamat mencoba trik negosiasi ini.
Artikel Highlight : 50 Contoh Surat Lamaran Kerja

Mau Cetak Brosur, cepat murah dan bagus di uprint.id aja Percetakan Online Indonesia