Di zaman sekarang, banyak orang yang memutuskan untuk keluar dari pekerjaan hanya karena tidak cocok dengan bos mereka. Bahkan ketika gaji mencukupi sekali pun. Hal ini dibuktikan oleh beberapa studi para pegawai milenial (kelahiran 1980-1994) yang kerap mencari pekerjaan baru ketika merasa tak dihargai oleh atasannya. Karena itu, Anda yang tak ingin kehilangan pegawai andalan sebaiknya mulai menunjukkan apresiasi kepada karyawan dengan berbagai cara berikut ini. Tak harus dengan bonus atau tambahan gaji!

1. Jangan ragu untuk memuji

Beberapa orang mungkin merasa ragu untuk memuji pegawai, padahal dengan satu kalimat pujian seseorang bisa merasa jauh lebih bersemangat daripada sebelumnya. Tentu hal ini tidak harus Anda lakukan sesering mungkin, apalagi ketika pegawai tidak menyelesaikan pekerjaannya dengan baik. Anda bisa memuji mereka ketika mereka sudah berhasil membereskan apa yang ditugaskan di luar ekspektasi Anda.

2. Ucapkan ‘tolong’ dan ‘terima kasih’

Kata-kata ‘tolong’ dan ‘terima kasih’ memang terdengar biasa. Namun, bila Anda kerap menggunakannya ketika meminta tolong pada pegawai, hal ini bisa jadi luar biasa. Pasalnya, pegawai akan menganggap Anda sebagai orang yang beretika baik dan memiliki etos kerja yang bisa dibanggakan. Hal ini tak hanya membuat Anda tinggi di mata pegawai, tetapi juga membuat pegawai merasa dihargai dan apresiasi kepada karyawan.

3. Tidak masalah untuk dekat secara personal dengan mereka

Bisa jadi Anda merasa bahwa dekat secara personal dengan pegawai adalah hal tabu, padahal hal ini bisa membuat mereka merasa dihargai di beberapa kesempatan. Tak perlu tahu soal yang terlalu dalam, Anda bisa berbasa-basi dengan mereka. Seperti ketika mereka tampak senang, Anda bisa menanyakan apakah ada yang baik hari ini, bagaimana kabar mereka, memperhatikan ketika mereka mulai terlihat lesu, dan sebagainya.

Baca Juga : Bagaimana Menjadi Karyawan Idaman Perusahaan

4. Berikan jadwal fleksibel untuk bisa mengambil cuti

Tidak ada salahnya untuk memberikan jadwal cuti yang fleksibel pada pegawai, terlebih ketika mereka sudah menyelesaikan apa yang seharusnya dikerjakan. Jadwal cuti yang fleksibel juga terbukti menjadi salah satu kunci tingkat kebahagiaan pegawai di sebuah perusahaan. Memang terkadang harus ada kompromi, tetapi sebaiknya Anda jangan terlalu ketat soal hal tersebut. Terlebih ketika pegawai yang bersangkutan mau menerima beban pekerjaan lebih untuk mendapatkan cutinya.

5. Kirimkan kartu ucapan setiap ada momen berharga

Memang ucapan lewat chat bisa menjadi hal yang membahagiakan bagi pegawai ketika Anda yang mengirimkannya di saat momen berharga, seperti ketika ia ulang tahun atau merayakan hari besar. Namun, mengirimkan kartu ucapan terbukti membuat seorang pegawai merasa lebih dihargai daripada hanya sekadar mengirimkan chat. Di zaman modern seperti sekarang ini, Anda pun pastinya merasa senang dan spesial bila sesekali mendapatkan sesuatu yang tradisional seperti kartu ucapan, bukan?

Kartu ucapan saat ini masih sering digunakan di berbagai negara maju seperti Jepang dan Amerika sebagai salah satu bentuk apresiasi atasan akan pegawainya. Namun, yang perlu diperhatikan saat menggunakan cara ini, Anda harus memilih kartu yang benar-benar bagus. Bukan sekadar kartu dan amplop putih. Sekarang sudah banyak jasa desain atau percetakan kartu ucapan yang bagus dan terkesan eksklusif dengan harga terjangkau di sekitar Anda. Jasa-jasa tersebut bisa menjadi pilihan untuk mengirim kartu ucapan.

Ada banyak cara untuk menunjukkan bahwa Anda menghargai pegawai, namun tidak melulu Anda harus memberikan uang atau bonus. Cara-cara di atas bisa menjadi jalan yang lebih ekonomis namun tetap bermakna bagi mereka dalam menunjukkan apresiasi kepada karyawan.