Setiap memasuki awal tahun rutinitas yang selalu dilakukan adalah mencari tanggal untuk liburan selanjutnya. Biasa yang dilakukan adalah mengecek kalendar dan melihat beberapa hari yang masuk kategori libur. Biasanya, tanggal merah menjadi acuan mereka yang ingin berlibur dan mencari waktu yang tepat untuk melakukan traveling. Tapi bagaimana caranya liburan dengan menghemat budget? Berikut ini beberapa trik liburan dengan budget hemat bagi Anda yang sudah mempersiapkan waktu untuk berlibur.

1. Persiapkan Tiket Pesawat

liburan_hemat_01

Saat pembelian tiket sangat dianjurkan untuk Anda membeli tiket dari jauh-jauh hari dan sering-seringlah memantau perbandingan harga tiket pesawat atau kereta ke destinasi tujuan. Sarannya saat Anda ingin melakukan perbandingan disetiap situs travel sebaiknya Anda mengaktifkan sistem private, sebab beberapa website travel mengetahui berapa kali kunjungan Anda dalam sehari itu. Sebab itu, sebaiknya Anda menggunakan sistem seperti sebelum meluncur ke beberapa website travel agar aman terkendali.

2. Persiapkan Akomodasi

liburan_hemat_02

Selama Anda melakukan traveling, pasti akan menemukan banyak tempat menginap. Seperti, hotel, hostel, bahkan sampai apartemen yang disewakan melalu layanan booking rumah atau kamar. Anda dapat memilih tempat menginap sesuai dengan budget yang Anda miliki dan sesuai dengan keinginan Anda. Satu hal yang terpenting jangan selalu terpaku dengan satu website, coba lakukan perbandingan lagi seperti saat Anda mencari tiket pesawat karena siapa tahu Anda mendapatkan penginapan dengan harga di bawah ekspetasi. Kemudian, jangan lupa membaca review tempat yang akan kita tinggali selama berlibur dari pengunjung sebelumnya.

Baca Juga : Beda Negara, Beda Budaya: Ingatlah 16 Hal Ini Kecuali Kamu Mau Mendapat Masalah!

3. Layanan Internet

liburan_hemat_03

Jika Anda sedang berlibur ke luar negeri ada info nih, tidak semua negara memperbolehkan turis asing menggunakan layanan seluler lokal. Solusinya adalah dengan mencari dan memanfaatkan Wi-Fi dengan menyewa bareng teman atau keluarga atau Anda dapat juga menggunakan aplikasi Wi-Fi Map yang berisikan peta di mana saja lokasi yang menggunakan Wi-Fi, dan aplikasi ini juga menampilkan password pada setiap Wi-Fi yang terkunci.

4. Menggunakan Transportasi Lokal

liburan_hemat_04

Menggunakan transportasi lokal juga sangat disarankan bagi Anda yang ingin berlibur dengan budget hemat. Selain itu Anda dapat dengan tenang tanpa harus takut tersesat, sebab biasanya transportasi lokal sudah mengikuti rute-rute yang ada. Seperti di Singapore, Anda dapat menikmati beberapa layanan yang diberikan destinasi tujuan, salah satunya tourist city pass. Selain itu, jika di Jepang ada layanan seperti Japan Rail Pass, di Eropa Anda dapat menikmati layanan kereta dengan Eurail Pass hanya dengan itu Anda dapat berkeliling ke negara-negara Uni Eropa. Bagaimana cara Anda mendapatkannya? Semua ini bisa didapat dari agen perjalanan saat di Indonesia dengan paket harga yang lebih murah.

5. Souvenir

liburan_hemat_05

Dalam hal ini Anda harus pandai-pandai memilih ingin souvenir yang seperti apa dan bagaimana. Tapi juga harus sesuai dengan budget, jangan sampai Anda membeli souvenir di luar budget sebab akan membuat pengeluaran boros alias tidak hemat. Memberikan souvenir juga sebaiknya hanya orang-orang terdekat, karena untuk meminimalisasikan pengeluaran.

Selamat hunting tiket murah!