Sebagai pelaku bisnis lokal, tentunya Anda pernah berpikiran bahwa membayar promosi iklan di televisi, radio, atau bahkan platform media sosial membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Padahal, Anda ingin mengembangkan dan memperkenalkan bisnis lokal tersebut agar lebih banyak dikenal dan menjangkau masyarakat secara lebih meluas. Memanfaatkan stiker custom pada saat event-event seperti pentas seni, konser musik, pameran produk, hingga berbagai acara komunitas memang terbukti efektif. Apakah Anda sudah pernah mencoba cara-cara ini?

1. Maksimalkan tampilan logo

memanfaatkan_stiker

Untuk menarik perhatian orang-orang dengan mudah, maksimalkan tampilan logo bisnis Anda pada stiker custom yang dicetak. Apabila desainnya menarik dan disukai, kemungkinan besar orang-orang akan menempelkan stiker tersebut di belakang laptop atau notebook. Jadi, jangan pernah ragu untuk berkreasi dalam mendesain stiker custom tersebut. Semakin sering logo tersebut muncul, maka orang-orang akan dengan mudah mengingat brand Anda.

2. Manfaatkan ruang jendela

memanfaatkan_stiker

Toko Anda terlihat terlalu polos? Kenapa tidak mencoba untuk memanfaatkan ruang jendela yang ada untuk ditempeli stiker custom yang terkait dengan bisnis lokal yang Anda jalankan? Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan ruang kaca etalase sebagai tempat strategis untuk menempelkan stiker custom sehingga customer yang datang atau sekadar lewat tertarik untuk mencari tahu lebih banyak tentang produk-produk yang Anda jual.

3. Beriklan di jalan

media_promosi_01

Memanfaatkan stiker mobil dan stiker bumper menjadi cara yang patut Anda coba untuk memasarkan bisnis selama bepergian. Hal tersebut efektif untuk meningkatkan kesadaran merek dan memasarkan bisnis lokal Anda ke jangkauan pasar yang lebih luas. Meskipun terjebak kemacetan, Anda akan bersyukur karena lebih banyak pengguna jalan berhenti di dekat kendaraan Anda dan secara otomatis akan memperhatikan stiker custom yang dijadikan sebagai media promosi tersebut.

4. Gunakan kekuatan “word of mouth”

Siapa bilang pemasaran offline sudah out of date? Penelitian yang dilakukan oleh Harvard Business School justru menunjukkan hasil yang berbeda. Sebanyak 90% audiens saat ini lebih mempercayai apa yang dikatakan oleh kerabat dekatnya. Pemasaran yang satu ini jelas tidak membutuhkan biaya apa pun selain rasa percaya dan kepuasan atas pelayanan bisnis lokal Anda. Artinya, promosi offline seperti menggunakan stiker masih efektif untuk meningkatkan penjualan.

5. Hadiah untuk meningkatkan engagement

Penggunaan stiker sebagai media promosi secara tidak disadari dapat mempengaruhi orang lain. Misalnya, saat Anda membagikan stiker pada penyelenggaraan event tertentu sebagai hadiah atas partisipasi customer, maka mereka akan menganggap ini adalah sebuah hadiah dan bukan media promosi.

Stiker hadiah ini biasanya tidak akan langsung dibuang, tapi justru disimpan oleh customer Anda. Dengan demikian, muncullah kesempatan untuk meningkatkan engagement antara customer dengan brand dan produk bisnis lokal Anda.

Baca Juga : Stiker – Media Promosi yang Murah & Handal

6. Dijual sebagai produk

Pernahkah Anda berpikir mengapa banyak orang berminat dan dengan senang hati membeli stiker-stiker bertuliskan sebuah nama tempat wisata, misalnya seperti Taman Safari Indonesia II? Padahal, stiker custom tersebut adalah media promosi atas tempat wisata tersebut. Nah, Anda pun dapat meniru trik penjualan stiker custom yang satu ini.

Selain sebagai sarana promosi, stiker custom juga bisa dijual dengan bebas karena memiliki nilai jual. Cobalah untuk mulai berpikir kreatif dalam menciptakan desain stiker sesuai dengan karakter bisnis lokal Anda dan juga permintaan pasar. Dengan produk stiker yang berkualitas dan sesuai dengan demografi target pasar, maka Anda akan memperoleh keuntungan dari penjualan stiker custom.

Tunggu apa lagi? Semoga cara-cara bisnis lokal memanfaatkan stiker sebagai media promosi tadi dapat menginspirasi Anda. Good luck!