Berpelukan membawa banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh serta diri sendiri. Berikut adalah enam keajaiban yang akan kamu dapatkan dari berpelukan:

1. Membuat tubuh menjadi lebih santai

children-hugging

Saat tubuhmu berpelukan dengan tubuh orang lain, ketegangan yang dirasakan oleh tubuh dalam sekejap menghilang. Otot-ototmu menjadi lebih santai. Jadi, sering-seringlah berpelukan agar tubuh menjadi santai.

2. Mengurangi stres, rasa takut dan rasa sakit

big-hug-jpg-662x0_q70_crop-scale

Hal-hal yang buruk bagi tubuh seperti stres, rasa takut dan rasa sakit dapat berkurang jika kamu sering berpelukan. Berpelukan dapat mengurangi stres karena hormon stres (kortisol) di dalam darah akan turun, yang membuat pikiran menjadi tenang.

Sementara itu, penelitian juga membuktikan bahwa pelukan dan sentuhan secara signifikan memberikan rasa tenang kepada seseorang, yang membuat rasa takut secara otomatis menjauh.

Begitu pula dengan rasa sakit. Berpelukan mengeluarkan endorfin, mengurangi rasa sakit dengan menghalangi rasa sakit tersebut karena terjadi sirkulasi yang meningkat ke jaringan lunak.

3. Memberikan rasa aman dan kepercayaan

screen-shot-2015-05-29-at-1-57-05-pm

Saat kamu memeluk orang lain, orang tersebut merasa mendapatkan rasa aman sehingga kepercayaan tumbuh di dalam pikirannya. Begitu pula yang terjadi kepadamu saat orang lain memelukmu.

Baca juga: Wajah Rupawan Bukan yang Terpenting Bagi Wanita, Ini 7 Hal yang Membuat Wanita Jatuh Cinta kepada Pria

4. Mencerahkan suasana hati

hugging-day-1-e1451320591157-808x382

Suasana hatimu juga dapat menjadi jauh lebih baik setelah kamu berpelukan. Mengapa? Karena pada saat berpelukan, produksi serotonin meningkat. Inilah yang menyebabkan suasana hatimu jadi lebih baik. Selain suasana hati, harga dirimu juga meningkat setelah kamu memeluk seseorang.

5. Meningkatkan rasa empati dan pengertian

hug-photo-black-and-white-london-girls-hugging-the-round-peg

Sebuah pelukan yang tulus dan penuh kasih menyebabkan terjadinya pertukaran perasaan-perasaan yang dihasilkan oleh jantung, sehingga pelukan memampukan orang untuk berempati terhadap orang yang dipeluknya serta memahami orang tersebut lebih dalam. Jadi jika kamu sedang ingin membuka hatimu kepada seseorang, memeluk mereka terlebih dahulu adalah sebuah ide bagus.

6. Mengurangi tekanan darah tinggi

o-women-hugging-facebook

Pada saat seseorang memelukmu, sensasi yang kamu rasakan di kulitmu mengaktifkan reseptor tekanan yang disebut sel darah pacinian. Sinyal akan dikirimkan ke suatu area di otak yang berfungsi untuk mengurangi tekanan darah. Apabila tekanan darahmu tinggi, ada baiknya kamu sering berpelukan.

Artikel lain: Bukan Hanya Faktor Fisik yang Membuat Pria Tertarik Dengan Wanita, Ada 5 Faktor Lainnya