Menyampaikan presentasi, dalam berbagai format yang berbeda, adalah bagian penting bagi Anda sebagai pemilik bisnis yang masih berkembang. Anda mungkin harus menyampaikan presentasi pada event networking yang Anda datangi, melakukan pitching mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan selama sales call, atau berbicara pada konferensi bisnis kecil yang Anda hadiri.

Meskipun berbeda, semua jenis presentasi sangat penting bagi perkembangan bisnis Anda sehingga Anda perlu mempersiapkannya dengan matang, khususnya soal materi presentasi. Apabila Anda memanfaatkan waktu berharga Anda untuk mempersiapkan diri dan menyusun materi presentasi, dijamin presentasi Anda dapat berlangsung sukses dan lancar. Berikut tips lengkapnya!

1. Siapkan waktu untuk persiapan

menyampaikan_presentasi

Tak peduli jenis presentasi yang akan Anda sampaikan, jangan menunda hingga pada menit-menit terakhir untuk mempersiapkan presentasi tersebut. Segera setelah Anda mengetahui bahwa Anda perlu menyampaikan presentasi atau menghadiri meeting yang mengharuskan Anda menyampaikan presentasi informal, pikirkanlah konten atau hal-hal apa saja yang ingin Anda sampaikan lalu buatlah materi presentasi secara detail dan sistematis.

2. Ketahui audience Anda

menyampaikan_presentasi

Para audience tidak hanya harus tertarik terhadap apa yang Anda sampaikan, namun juga terhadap cara Anda menyampaikan presentasi tersebut. Cari tahulah siapa yang akan menjadi audience Anda dan sampaikan presentasi Anda langsung kepada mereka. Dengan begitu, tentu Anda harus menyesuaikan konten hingga style presentasi Anda untuk menarik perhatian audience yang akan datang tersebut.

3. Identifikasi tujuan Anda

menyampaikan_presentasi

Coba pikirkan kembali, apa tujuan Anda melakukan presentasi? Apa yang ingin Anda sampaikan dalam presentasi tersebut? Mungkin Anda ingin agar lebih banyak orang mengetahui tentang perusahaan Anda, atau Anda ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman yang Anda punya. Untuk itu, luangkanlah waktu untuk mengidentifikasi tujuan Anda dan berpeganglah pada tujuan tersebut untuk mengembangkan presentasi Anda agar tersampaikan dengan baik dan sempurna.

4. Ketahui batas waktu yang Anda punya

menyampaikan_presentasi

Pastikan Anda mengetahui dengan pasti berapa lama Anda akan menyampaikan presentasi. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apakah Anda akan menyampaikan elevator-pitch selama 60 detik, atau tutorial selama satu jam. Dengan mengetahui batasan waktu yang Anda miliki, akan lebih mudah bagi Anda untuk menyusun materi dan membaginya sesuai dengan waktu yang Anda punya.

Baca Juga : Hal yang Harus di Perhatikan ketika Pitching dengan Investor

5. Tuliskan

menyampaikan_presentasi

Meskipun presentasi yang akan Anda sampaikan mungkin saja sangat pendek dan sederhana, namun hindari untuk menyimpan materi atau bahan presentasi hanya dalam kepala Anda. Boleh-boleh saja jika Anda begitu percaya diri dengan kemampuan ingatan Anda, namun melakukan persiapan selalu lebih baik. Untuk itu, tuliskanlah materi-materi yang akan Anda sampaikan sehingga Anda dapat membaca ulang dan melakukan latihan jika perlu.

6. Hafalkan

menyampaikan_presentasi

Anda tidak perlu mengingat seluruh kata yang sudah Anda tuliskan, namun poin-poin penting yang harus Anda sampaikan harus Anda hafalkan. Dengan menghafal poin-poin penting tersebut, akan lebih mudah bagi Anda untuk menyampaikan materi presentasi dengan lancar dan tanpa hambatan. Mengetahui dengan pasti mengenai konten yang akan Anda sampaikan akan membuat Anda lebih percaya diri dan nyaman.

Lakukanlah tips di atas untuk menjadikan presentasi Anda kali ini berlangsung sukses dan lancar. Jangan lupa siapkan materi presentasi Anda dengan baik dan sempurna, ya. Good luck!