Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Pada hari raya Valentine kasih sayang bertebaran di segala penjuru, kita semua dapat mengendus aromanya yang begitu hangat dan penuh kebahagiaan. Namun ternyata, tak semua negara merayakan Valentine begitu, tetap ada yang menjadikan hari Valentine sebagai hari penuh kebahagiaan dengan cara yang berbeda, namun ada juga yang tidak. Inilah tujuh tradisi perayaan Valentine terunik di berbagai negara di dunia:

1. Di Inggris, para wanita lajang menyimpan daun di balik bantal karena mereka berharap pangeran akan datang

perayaan valentine di inggris

Jika di kebanyakan negara hari Valentine lebih banyak dirayakan oleh mereka yang sudah punya pasangan, lain halnya dengan di Inggris. Justru para wanita lajang lah yang lebih antusias menyambut hari Valentine. Tepat pada malam sebelum Valentine datang, para wanita lajang menyimpan beberapa helai daun di balik bantal mereka. Mereka percaya bahwa dengan melakukan hal seperti itu, pangeran impian mereka akan segera datang dan menikahi mereka.

2. Di Italia, semakin pagi penduduknya bangun, semakin terbuka lebar kesempatan mereka untuk mendapatkan jodoh

Perayaan Valentine unik lainnya, yang juga masih ada sangkut-pautnya dengan wanita lajang, terjadi di Italia. Mereka yang masih belum memiliki pasangan akan bangun jauh lebih pagi pada hari Valentine karena mereka percaya bahwa kesempatan mendapatkan jodoh dan segera menikah akan terbuka semakin lebar jika mereka meninggalkan ranjang semakin pagi.

3. Di Denmark, kaum wanita menebak siapa pria yang memberikan mereka surat cinta tanpa nama

perayaan valentine di denmark

Bagaimana cara warga Denmark merayakan Valentine? Pria lah yang mengambil inisiatif dengan menuliskan surat cinta kepada wanita yang membuatnya jatuh cinta hingga dimabuk kepayang, hanya saja identitas sang penulis surat disamarkan dengan hanya menulis anonim saja di bagian akhir surat. Jika si wanita yang menerima surat tersebut dapat menebak dengan benar siapa yang menulis surat cinta untuknya, maka sangat besar kemungkinan mereka akan berkencan setelahnya.

4. Di Afrika Selatan, pengagum rahasia akan terbongkar pada perayaan Valentine

Pernah merasa penasaran kah kamu apakah kamu memiliki pengagum rahasia? Pria Afrika Selatan pun merasa penasaran. Tepat pada hari Valentine mereka akan mengetahui jika ada yang diam-diam mengagumi mereka selama ini. Bagaimana para pria ini bisa tahu? Karena para wanitanya mengenakan pin berbentuk hati pada baju mereka. Nama pria yang mereka kagumi tertulis dengan jelas di pin.

Baca juga: Kenapa Penting Memiliki Sebuah Agenda?

5. Di Filipina, perayaan Valentine dilakukan dengan mengadakan pernikahan massal

perayaan valentine di filipina

Pernikahan massal dilangsungkan di Filipina sebagai tanda perayaan Valentine. Ribuan pasangan ikut bergabung dalam acara pernikahan massal ini. Acara ini bukan hanya dihadiri oleh pasangan yang baru akan menikah, namun juga oleh pasangan yang ingin memperbarui sumpah pernikahan.

6. Di Korea Selatan, perayaan Valentine berlangsung selama tiga bulan

Betapa antusiasnya warga Korea Selatan hingga merayakan Valentine selama tiga bulan berturut-turut! Ya, pada hari Valentine, yakni tanggal 14 Februari, sang wanita lah yang terlebih dahulu mengungkapkan perasaan cintanya kepada sang pria. Si pria ini lalu membalasnya pada tanggal 14 Maret, sebulan kemudian. 14 Maret dikenal sebagai Hari Putih (White Day). Lalu sebulan kemudian, tepatnya tanggal 14 April, adalah hari perayaan bagi mereka yang belum memiliki pasangan. Pada hari ini mereka akan mengenakan baju serba hitam lalu makan makanan yang serba hitam juga berupa mi dengan saus kental hitam dan minum kopi hitam. Itulah mengapa tanggal 14 April dikenal sebagai Hari Hitam.

7. Di Perancis, foto mantan kekasih yang berkhianat akan dibakar pada hari Valentine

perayaan valentine di perancis

Perancis katanya adalah negara paling romantis yang ada di muka bumi ini. Bagaimana cara penduduknya merayakan Valentine? Kaum hawa dan adam biasanya berkumpul bersama dalam sebuah rumah. Sang pria akan mencari wanita mana yang pantas dan cocok menjadi pendamping hidupnya. Namun, jika si pria tidak menemukan adanya kecocokan antara dirinya dengan sang wanita yang dipilihnya, si pria boleh menggandeng wanita lain dan meninggalkan wanita pilihannya sebelumnya. Para wanita yang merasa ditinggalkan pasti akan merasa kecewa. Saat acara berkumpul usai, mereka akan berkumpul di sekitar api unggun lalu membakar foto pria yang telah menyakiti hati mereka. Tradisi ini tadinya masih ada di Perancis, namun sekarang tradisi tinggal tradisi karena telah dilarang oleh pemerintah Perancis.

Artikel lain: Cetak Agenda yang Bisa Kamu Personalisasi di Uprint.id