Persaingan bisnis di Indonesia sangat ketat sehingga perusahaan harus cerdas agar produk mereka tetap diminati oleh konsumen. Biasanya perusahaan akan melakukan segala cara agar dapat meningkatkan loyalitas dari konsumen. Berikut ini 8 cara meningkatkan loyalitas konsumen yang dapat menginspirasi Anda.
1. Memberikan membercard kepada konsumen
Program membercard merupakan strategi untuk mengikat konsumen. Program ini merupakan sarana untuk memberikan layanan yang berbeda kepada konsumen yang memiliki membercard. Dengan membercard, konsumen mendapatkan layanan khusus, harga khusus, dan akan mendapatkan reward yang lebih dibandingkan dengan konsumen yang tidak memiliki membercard. Namun, banyak program loyalitas yang ditawarkan oleh perusahan menjadi semakin sulit untuk menarik perhatian konsumen suatu program. Maka, perusahaan harus jeli dalam menyusun program loyalitas konsumen agar dapat memberikan nilai tambah yang relevan bagi konsumen dan membangun ikatan terhadap produk secara jangka panjang.
2. Memberikan peningkatkan kualitas produk
Sebuah perusahaan harus memastikan semua produk yang dijual memiliki kualitas yang baik. Perusahaan harus melakukan pengecekan mengenai produk secara terus menerus agar kualitas produk tidak menurun. Apabila kualitas produk menurun konsumen akan beralih ke produk yang lain.
3. Memberikan voucher kepada konsumen
Biasanya digunakan perusahaan untuk menarik minat konsumen sekaligus untuk melakukan promosi produk atau sebuah merek. Perusahaan juga sering memberikan voucher secara gratis sehingga membuat konsumen antusias untuk membeli produk di perusahaan Anda lagi.
4. Memberikan Point Rewards
Point reward merupakan strategi yang ampuh untuk membuat konsumen membeli dan menggunakan produk kita. Konsumen senang dengan program pemberian hadiah atau program bonus. Point reward dapat diterapakan dengan cara memberikan point kepada pembeli yang membeli produk dengan jumlah tertentu. Kemudian poin dikumpulkan dapat ditukarkan dengan hadiah tertentu sesuai dengan jumlah poin konsumen.
6. Memberikan pelayanan yang memuaskan
Layanan merupakan salah satu hal yang mendukung penjualan kita. Memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen adalah langkah yang perlu dilakukan agar konsumen datang lagi untuk membeli produk kita. Jadi, konsumen harus merasa puas atas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan.
7. Memberikan inovasi produk
Sebuah produk yang melakukan inovasi akan dengan sendirinya membangun loyalitas konsumen. Kebutuhan konsumen akan selalu berubah dan ingin mendapatkan lebih sehingga perusahaan harus melakukan inovasi terhadap produk. Inovasi yang dapat dilakukan dengan mengganti kemasan produk yang baru, jasa layanan dan cara pengiriman barang. Sehingga seorang pebisnis harus melakukan inovasi produk dan jasa mereka di era internet saat ini.
8. Menciptakan varian baru
Perusahaan harus melakukan inovasi terhadap produknya karena konsumen cepat bosan. Sehingga, perusahaan harus melakukan strategi untuk mengembangkan produk-produknya dengan cara menambahkan varian-varian baru. Agar pelanggan tidak meninggalkan produk dan beralih ke pesaing produk Anda.