Mendesain sebuah logo itu sederhana dan mudah, itulah yang kebanyakan orang pikirkan. Jika Anda berpikir demikian, sebaiknya Anda pikirkan lagi. Terdapat banyak hal yang terlibat dalam proses mendesain sebuah logo. Mendesain logo bukan hanya mengenai meletakkan nama dalam lingkaran, segitiga, persegi atau bentuk lainnya dan selesailah sudah.

Logo perusahaan Anda harus benar-benar bagus agar menjadi berkesan. Logo Anda akan memainkan peranan yang sangat penting dalam bisnis yang Anda jalankan. Persepsi merk, keputusan membeli dan tingkah laku keseluruhan dari pelanggan dapat dipengaruhi oleh satu hal, yaitu logo Anda.

Terdapat beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan saat mendesain sebuah logo sehingga logonya tak akan payah:

  • Logo Anda harus terlihat berbeda dan cerdas

Jika Anda ingin pelanggan Anda mengingat dan dapat membedakan merk Anda dengan cepat dari para kompetitor, maka sudah menjadi keharusan untuk memiliki logo yang berbeda namun cerdas. Anda mungkin tak bisa menciptakan sesuatu yang sungguh-sungguh orisinil, tapi jangan menjadi sama dengan yang lain di luar sana. Jadilah kreatif, jadilah unik.

  • Warna itu penting

colour importance

Setiap warna menyampaikan makna berbeda, mengkomunikasikan ide-ide dan dapat memengaruhi suasana hati orang dalam sekejap. Oleh karenanya, palet warna menjadi salah satu faktor penting untuk dipertimbangkan saat mendesain sebuah logo. Tergantung pada tujuannya, beragam kasus mungkin membutuhkan beragam versi logo. Satu hal yang patut diingat, jangan pernah lupa untuk mempertimbangkan logo Anda akan digunakan untuk apa.

  • Apa yang merk Anda sampaikan?

question

Sebuah logo harus memiliki sebuah cerita, setiap logo yang bagus pasti begitu. Makna dibalik sebuah logo tidak harus terlihat jelas, tetapi sebuah logo harus penuh makna. Ambil contoh tanda panah dari logo FedEx yang mengindikasikan pergerakan maju dan pengiriman. Jadi, pikirkanlah mengenai apa yang merk Anda sampaikan dan jadikanlah sebuah cerita dalam bentuk logo.

  • Jaga logo Anda tetap sederhana

Logo Anda tidak harus rumit. Jagalah agar tetap sederhana tapi berpengaruh. Sebagai contoh adalah logo Nike yang sangat sederhana tetapi orang akan mengingat logo tersebut selamanya. Ingatlah bahwa ada perbedaan antara sederhana dan membosankan. Logo Anda sebaiknya sederhana, bukan membosankan. Pergunakan waktu untuk bekerja lebih keras berpikir mengenai yang satu ini.

  • Aktif atau pasif?

Pada umumnya jauh lebih menarik untuk melihat sebuah logo yang aktif dibandingkan yang pasif, baik secara visual maupun konsep. Jadi buatlah logo Anda seaktif mungkin, selama tidak terlihat berlebihan.