Tenggat waktu cukup menakutkan bagi para desainer grafis. Mereka bertemu tenggat waktu hampir setiap waktu. Bagaimana menghadapi tenggat waktu? Cukup lakukan kelima hal berikut!

1. Catat segalanya lalu tempelkan di dinding

write everything down

Jadi, apa hal pertama yang perlu kamu pertimbangkan sehubungan dengan bagaimana menghadapi tenggat waktu? Semuanya adalah tentang daya ingat. Kamu tidak bisa memaksakan otakmu untuk mengingat segalanya, setiap detil. Bantu otakmu dengan mencatat segalanya lalu tempelkan di dinding. Melihat versi visual lebih baik dan mudah daripada hanya memikirkannya.

Tapi jika kamu memutuskan untuk mengikuti cara ini, kamu harus terorganisir. Satu cara kamu dapat melakukannya adalah dengan memisahkan setiap klien dengan warna berbeda. Kamu akan mendapatkan kepuasan dengan membuang catatan-catatan tersebut saat selesai dengan proyek-proyekmu.

2. Selalu rencanakan segalanya di awal

always plan ahead - how to cope with deadlines

Hidupmu tidak bisa berjalan sesuai rencana jika kamu tidak punya rencana, seseorang pernah berkata begitu. Perencanaan awal merupakan sebuah ide bagus. Rencanakan semua kegiatanmu untuk seminggu dari jauh-jauh hari. Dengan merencanakan segala yang ingin kamu lakukan, kamu selangkah lebih dekat dalam mencapai tujuan-tujuanmu.

Baca juga: 5 Rahasia Desainer Grafis yang Tak Akan Pernah Mereka Beritahu Siapapun

3. Berhenti berkata ya untuk setiap tawaran pekerjaan

stop saying yes

Ketahuilah kapasitas dirimu sendiri, jika kamu sudah mendapatkan banyak proyek, sepertinya bukanlah ide bagus untuk menerima tawaran pekerjaan lain. Jangan ambil setiap proyek yang ditawarkan kepadamu. Terkadang berkata tidak adalah hal yang bijak.

4. Tahap paling penting harus menjadi prioritas

what is your priority

Dalam setiap proses desain, memberikan prioritas adalah kunci. Kebanyakan desainer grafis biasanya menghabiskan paling banyak waktu pada tahap sketsa. Jadi, buatlah tahap sketsa sebagai prioritas.

Selanjutnya, jika klienmu ada beberapa orang pada saat bersamaan, prioritaskan proyek berdasarkan yang paling penting.

5. Jaga dirimu sendiri

take care of yourself

Klien terkadang mungkin kamu utamakan, tapi tidak harus selalu menjadi yang utama. Jika kamu ingin memproduksi hasil-hasil terbaik, kamu harus berada dalam kondisi terbaik pula, dan cara terbaik melakukannya adalah dengan menjaga diri sendiri.

Kamu perlu merasa segar. Jadi istirahatlah secara teratur. Selain itu, kamu harus makan dan tidur dengan baik. Tidak ada yang akan mati jika kamu tak menyelesaikan proyeknya pada penghujung hari.

uprint percetakan online indonesia