Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat suci bagi umat Muslim. Pada bulan ini umat Muslim dari berbagai belahan dunia menyucikan diri dan membenahi hati sembari menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Menahan godaan untuk tidak makan dan minum selama 12 jam tentunya menjadi tantangan tersendiri, apalagi ditambah dengan masalah-masalah yang mungkin timbul akibat berpuasa. Salah satunya adalah bau mulut. Napas yang berbau tidak sedap biasanya muncul karena keringnya mulut selama berpuasa akibat kurangnya saliva atau cairan ludah. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya bau mulut selama bulan puasa? Ada baiknya Anda mencoba ketujuh cara mudah di bawah ini:

cetak kartu lebaran

1. Jangan lupa sikat gigi

sikat gigi

Cara pertama yang tentunya dapat mencegah bau mulut adalah sikat gigi. Sikat gigi secara teratur pada pagi hari dan malam hari sebelum pergi tidur seharusnya sudah menjadi kebiasaan. Namun terkadang masih saja ada orang yang lupa untuk menggosok giginya. Menggosok gigi dapat membantu menghilangkan bakteri di mulut yang merupakan salah satu penyebab munculnya bau mulut. Jagalah kebersihan mulut Anda, jangan sampai Anda lupa untuk menggosok gigi

2. Minum air putih yang banyak

air putih

Selain menjaga kesegaran tubuh dan mencegah terjadinya dehidrasi saat bulan puasa, minum air putih yang banyak juga dapat membantu mencegah bau mulut yang timbul akibat mulut yang mengalami kekeringan. Minumlah kurang lebih delapan gelas air setiap harinya.

kartu lebaran

3. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

konsumsi buah

Setiap orang pasti memiliki pembunuh bakteri yang satu ini: air liur. Mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur pada saat sahur dan buka puasa sangatlah dianjurkan. Selain menyehatkan tubuh, buah dan sayur dapat membantu meningkatkan produksi air liur. Apel dan stroberi merupakan buah yang direkomendasikan untuk membantu mengurangi serta mencegah munculnya bau mulut.

4. Cobalah minum teh hijau

teh hijau

Salah satu cara alami menghilangkan bau mulut adalah dengan minum teh hijau. Teh hijau mengandung senyawa polifenol yang berkhasiat membunuh bakteri yang tinggal di dalam mulut. Cobalah untuk minum segelas teh hijau pada saat sahur dan segelas lagi pada saat berbuka pada sore hari.

kartu lebaran

5. Gunakan herbal alami

herbal alami

Herbal alami seperti adas dan cengkeh juga dapat Anda gunakan untuk menyegarkan napas. Kunyahlah sedikit adas atau cengkeh setelah Anda selesai makan.

6. Hindari makanan dengan bau menyengat

makanan menyengat

Jika Anda tidak ingin bau mulut selama bulan puasa, ada baiknya Anda menjauhi berbagai makanan yang memiliki bau menyengat. Misalnya saja jika Anda gemar makan durian, petai, jengkol serta menggunakan banyak bawang putih dan merah dalam masakan Anda, usahakan untuk tidak mengkonsumsi semuanya pada saat bulan puasa karena hanya akan membuat bau mulut semakin parah

7. Jangan merokok dan minum alkohol

alkohol

Alkohol dan rokok bukan hanya dapat merusak tubuh, namun juga merupakan salah satu penyebab bau mulut. Jika Anda ingin mencegah risiko mengalami bau mulut yang parah saat sedang berpuasa maka janganlah Anda merokok dan minum alkohol.

Selamat Menuaikan Ibadah Puasa 🙂

cetak kartu lebaran