Menjalani kehidupan sebagai manusia, kita tentunya tidak akan selalu mengalami hal-hal yang menyenangkan saja. Ada kalanya kita mengalami kejadian yang tidak menyenangkan dalam hidup, entah kejadian tersebut kecil atau besar. Saat mengalami hal yang tak enak, apa yang biasanya kamu lakukan? Mengeluh atau marah-marah kah? Merasa bahwa hidup ini tidak adil? Sebenarnya ada banyak sekali alasan untuk bersyukur, 10 yang paling penting di antaranya yaitu:

1. Kamu masih diberi kehidupan

grateful-woman

Hal pertama dan terpenting yang wajib menjadi alasan untuk bersyukur adalah bahwa kamu masih diberi kesempatan untuk menikmati kehidupan ini hari demi hari. Pergunakanlah kesempatan sebaik-baiknya.

2. Kesehatan

Bersyukur

Banyak orang di luar sana yang mengalami penderitaan teramat sangat karena kesehatannya ‘dirampas’ dari mereka. Pada saat kamu menderita sakit, ada baiknya kamu memikirkan ada orang lain yang lebih menderita daripada dirimu. Jika kamu tidak sakit, kesehatan juga merupakan alasan untuk bersyukur. Ada yang mengatakan bahwa kesehatan adalah harta paling berharga.

3. Keluarga dan teman-teman

grateful-people-friends

Jika kamu dikelilingi oleh anggota keluarga dan teman-teman yang begitu menyayangimu, maka ini juga wajib kamu masukkan ke dalam daftar alasanmu untuk bersyukur. Andai kamu tidak mengetahuinya, banyak orang yang sangat kesepian dan sendirian dalam menjalani kehidupan, banyak yang putus asa.

4. Udara dan air bersih

bersyukur

Betapa beruntungnya kamu hidup di negara yang memiliki udara yang cukup bersih serta air bersih untuk menunjang kehidupanmu sehari-hari. Negara-negara miskin banyak yang tidak memiliki cadangan air bersih.

5. Memiliki tempat untuk tinggal dan berteduh

http-%2f%2fmashable-com%2fwp-content%2fgallery%2ftiny-homes%2fmillertinyhouse-048-edit1

Setidaknya saat panas matahari menyengat dan hujan datang melanda, kamu memiliki rumah sebagai tempat berteduh dan berlindung. Tidak setiap orang seberuntung dirimu. Alasan untuk bersyukur yang lainnya.

Baca juga: 6 Cara Sederhana Menunjukkan Apresiasi, Karena Apresiasi Penting

6. Bakat dan kemampuan untuk meraih pencapaian

tts

Setiap orang diberi talenta masing-masing oleh Sang Pencipta. Bersyukurlah atas bakat serta kemampuan yang kamu miliki, pergunakan dengan sebaik-baiknya untuk menorehkan prestasi.

7. Waktu bebas

tumblr_inline_mlu0ngz5hk1qz4rgp

Waktu bebas, tidak semua orang memiliki waktu bebas, seperti yang kamu miliki untuk mengerjakan yang kamu suka. Banyak orang yang hanya dapat memimpikan waktu untuk bersantai dan bersenang-senang. Kehidupan di luar sana keras, mereka harus bekerja siang malam untuk dapat bertahan hidup.

8. Alam yang indah

centre-dinterpretation-de-la-nature-du-lac-boivin-cinlb-mesange

Alam yang indah patut disyukuri. Segala kehidupan yang ada di alam adalah ciptaan Tuhan yang sangat mengagumkan. Burung-burung yang bersuara merdu, pelangi, pohon-pohon teduh yang melindungimu dari teriknya sengatan matahari, dan masih banyak lagi.

9. Orang-orang yang membenci dirimu

i-hate-you-300x169

Apakah ada orang-orang yang tidak menyukaimu? Jangan merasa sedih atau kecewa. Malah kamu sebaiknya bersyukur karena ada orang-orang seperti itu. Hal tersebut membuktikan bahwa kamu memiliki prinsip kuat yang kamu yakini dengan teguh. Banyak orang yang tidak teguh pendiriannya dan mudah terbawa arus.

10. Kesalahan-kesalahan yang pernah kamu buat

oops

Satu lagi yang patut kamu jadikan alasan untuk bersyukur adalah kesalahan-kesalahan yang pernah kamu buat. Walaupun pada awalnya kamu merasa sedih atau kecewa karena telah melakukan kesalahan, namun ada pelajaran berharga yang bisa kamu dapatkan dari kesalahan tersebut. Jika kamu mau mengakui bahwa kamu salah dan mau belajar dari kesalahan, kamu akan menjadi seseorang yang semakin baik lagi ke depannya.

Artikel lain: Wajah Rupawan Bukan yang Terpenting Bagi Wanita, Ini 7 Hal yang Membuat Wanita Jatuh Cinta kepada Pria

cetak flyer